twitter

Pages

Sabtu, 11 Agustus 2018

Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Sukseskan 'Banyuwangi Tour'


Implementasikan Mata Kuliah Studi Observasi

Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Semester IV Sukseskan Acara ”Banyuwangi Tour” 

SEBANYAK 10 mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Semester IV mengikuti acara Banyuwangi Tour selama empat hari tiga malam (4D3N), yang dihelat pada Senin (23/07/2018) hingga Kamis (26/07/2018) lalu. Tujuan mereka meng-explore objek wisata di wilayah Situbondo dan Banyuwangi itu demi mengaplikasikan mata kuliah Studi Observasi yang diasuh oleh Hedy Wahidin Saleh SH, MBA, MSi.Par.


Rombongan mahasiswa Akpar Majapahit yang terdiri dari Sofyan Effendi dan Dicky Tri Darma (Koordinator), Tasya Novita Iskandar (Bendahara), Nurul Hamidah dan Sheila Dionita (Hotel), Astri Dwi Octavia (Objek Wisata), Nabila Salsabila dan Alvin Dwi Ardani (Konsumsi) serta Zackaria Latuputty dan Joniarto Ngadu Banda (Transportasi).

Mereka berkumpul di meeting point Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Semursari No. 244 Surabaya, Senin (23/07/2018) pagi. Rombongan bertolak ke Situbondo dengan di dampingi Hedy W. Saleh, Dosen Studi Observasi Prodi D3 Usaha Pejalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit dan satu orang driver bus mini (Isuzu Elf) berkapasitas 18 tempat duduk.

Sesampai di Situbondo, rombongan tidak langsung meng-explore objek wisatanya m melainkan silaturrahim dulu dengan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo dan jajarannya. Mahasiswa mendapat gambaran riil tentang cara pengembangan destinasi wisata di Situbondo dari tahun ke tahun.

Usai mendengar presentasi Kepala Disparta Situbondo, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit pun pamit dan agenda selanjutnya adalah menikmati sajian makan siang (lunch) bersama di salah satu local resto. Setelah ishoma, rombongan meneruskan perjalanan darat selama 1,5 jam untuk bisa mencapai Taman Nasional Baluran.

Di Taman Nasional Baluran, mahasiswa melihat keindahan Pantai Bama yang berada di kawasan padang rumput (savana). Pantai Bama merupakan pesisir Pantai Selatan (Samudra Indonesia) yang berada di wilayah Kabupaten Situbondo.

Puas meng-explore Pantai Bama, rombongan kembali ke Baluran untuk salat Maghrib sekaligus makan malam bersama (dinner) di sana. Usai makan malam dan salat Isya’ rombongan bertolak ke Paltuding untuk beristirahat. Paltuding yang merupakan rest area berada di kompleks kawasan wisata Kawah Ijen.

Dari rest area Paltuding, sekitar pukul 23.00 rombongan mahasiswa Akpar Majapahit siap-siap menuju Kawah Ijen bersama puluhan wisatawan yang lain. Perjalanan menuju Kawah Gunung Ijen bisa ditempuh sekitar 2-3 jam. 

Mengingat saat itu suhu udaranya dingin banget, maka pimpinan rombongan memutuskan bertahan di sekitar Kawah Ijen dan tidak meneruskan perjalanan menuju objek blue fire (api biru) yang lokasinya menurun sekitar 800-1.000 meter dari puncak Kawah Ijen. Tampak sejumlah turis asing di dampingi guide-nya dari Bali yang nekad melihat blue fire dari dekat.

Usai salat Subuh (Selasa, 24/07/2018), mandi dan breakfast di Paltuding, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit kemudian meluncur ke Alas Purwo, masuk wilayah Kabupaten Banyuwangi (Bumi Blambangan), dengan tujuan pusat penangkaran anak penyu (tukik) di Pantai Ngagelan sekalian mengadakan ritual melepas sejumlah anak penyu ke laut lepas.

Setelah itu, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit bergerak menuju Pantai Trianggulasi yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Ngagelan. Di sana rombongan hanya 15 menitan dan mampir di Pura Kaswida (banyak dikunjungi oleh penganut Hindu Bali), sebelum melanjutkan perjalanannya menuju Pantai Pancur, masih di seputar kawasan Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi. 

”Di kawasan Alas Purwo sendiri ada sembilan pantai yang saling berdekatan dan punya kelebihan masing-masing,” kata Sofyan Effendi, Koordinator Banyuwangi Tour kepada kru www.culinarynews.info, Jumat (03/08/2018), akhir pekan lalu.

Sampai di Pantai Pancur (Pancur Beach) sekitar pukul 13.00-an, rombongan istirahat sekitar satu jam untuk shalat Dhuhur dan makan siang bersama. Setelah itu rombongan meneruskan perjalanan ke padang savana Sadengan melihat aktivitas satwa liar selama satu jam.

Sore itu juga rombongan dari Sadengan bertolak menuju ke New Surya Hotel Banyuwangi untuk beristirahat. Check in hotel sekitar pukul 18.00-an. Setelah mandi, peserta Banyuwangi Tour keluar hotel untuk menikmati agenda wisata kuliner dengan berburu Nasi Tempong di sebuah warung pinggir jalan yang lokasinya tidak jauh dari penginapan. 

Sepiring Nasi Tempong yang merupakan makanan khas Banyuwangi ini terdiri dari nasi jagung, ayam goreng dan sambelan. Rasanya memang maknyuss! Jadi cocok banget untuk mengisi perut yang sedang keroncongan.

Keesokan harinya, tepatnya Rabu (24/08/2018), rombongan melanjutkan perjalanan meng-explore destinasi wisata Banyuwangi yakni menuju Pantai Wedi Ireng (bisa bermakna takut hitam atau memang pasirnya benar-benar hitam), untuk tracking.

Setelah tracking di Pantai Wedi Ireng, rombongan lanjut ke Pantai Merah, Banyuwangi dari pukul 13.00 hingga pukul 15.00. Di sela meng-explore Pantai Merah ada acara makan siang bareng dengan menikmati sajian rice box (nasi kotak) yang dipesan melalui jasa katering.

Usai menikmati keseksotikan Pantai Merah, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit on the way (OTW) Surabaya dengan lebih dulu mampir di Pusat Oleh-oleh Jember sekitar pukul 21.00 WIB. Perjalanan darat dengan bus mini Isuzu Elf dari Jember tujuan Surabaya selama 4-5 jam dan rombongan tiba dengan selamat di Surabaya pada Kamis (26/07/2018) dini hari. 

Usai menyukseskan gelaran Banyuwangi Tour 4D3N, mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Semester IV masih dibebani tugas oleh dosen pembimbing untuk menyusun laporan Studi Observasi, dengan empat pokok bahasan yakni Amenity (fasilitas pendukung), Accessibility (akses jalan), Attraction (daya tarik wisata) dan Anchielary (kelembagaan) seperti dukungan Tour & Travel Agency dan Pokdarwis. See you tomorrow …!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar