twitter

Pages

Senin, 25 Juni 2018

Mahasiswa Culinary Class Belajar Basic Banquet di G Suites Hotel Gubeng


Aplikasikan Banquet dan Praktiknya di Industri Perhotelan

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Kelas Siang Praktik Cara Kerja ”Banquet” di G Suites Hotel Gubeng (Naskah Ke-1, dari Dua Tulisan)

SETELAH memperoleh pembelajaran di kelas dari Dosen Mata Kuliah Basic Banquet Knowledge, Maftucha Dipl. Hot., SE, M.Par., sekarang giliran 12 mahasiswa Culinary Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Siang, praktik langsung cara kerja Banquet di G Suites Hotel Jl. Raya Gubeng No. 43 Surabaya, Kamis (07/06/2018) sore.


Kedatangan rombongan mahasiswa Akpar Majapahit sore itu langsung diajak pihak Panitia ke Meeting Room di Lantai 3, untuk mengikuti acara inti praktik cara kerja Banquet, yang diperesentasikan Assistant Director of Sales G Suites Hotel Surabaya Hj. Sujarwati bersama Product & Service Manager G Suites Hotel Tafif Wijanarko.

Kedatangan 12 mahasiswa ke hotel bintang tiga di bawah manajemen Amithya Group itu, di dampingi Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Dosen Mata Kuliah Umum (MKU) Tristar Group Trully Nugroho S.Pd dan Dosen Bartending Tristar Group Yoseph Agung Priyo Widodo, yang berkampus di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Sebelum mengikuti presentasi seputar sisik melik tentang Banquet, mahasiswa diajak tour hotel oleh dua staff G Suites Hotel Ellen dan Chrystina, untuk melihat langsung fasilitas hotel seperti Kamar (Room Hotel), Virrtual Office di lantai 11 untuk working space yang telah dilengkapi dengan Kooffee Roofbar. Bar tersebut berkapasitas 15-25 orang tamu.

Selanjutnya Ellen dan Chrystina mengajak rombongan mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit untuk melihat dari dekat fasilitas Kitchen di hotel tersebut yang saat itu sibuk mempersiapkan menu takjil dan pramanan lengkap untuk berbuka puasa di restoran hotel yang buka layanan di dekat lobi hotel yang menyatu dengan area Front Office (FO) G Suites Hotel.

Setelah tour hotel selama 30 menitan, 12 mahasiswa Akpar Majapahit itu kembali ke ruang pertemuan untuk mendengarkan presentrasi Basic Banquet Knowledge yang disampaikan Hj. Sujarwati dan Tafif Wijanarko dari G Suites Hotel Gubeng Surabaya.

Assistant Director of Sales G Suites Hotel Hj. Sujarwati menjelaskan gambaran umum tentang bisnis perhotelan dan sisik melik seputar Basic Banquet Knowledge di industri perhotelan.

Di G Suites Hotel Gubeng Surabaya, menurut Sujarwati, Banquet Section menjadi satu dengan Product  & Service Department, Accounting (Finance Department) dan Sales & Marketing Department. Hal ini tentu saja lebih memudahkan koordinasi antara ketiga bagian tersebut ketika menjalankan aktivitas kerja dalam kesehariannya. 

Mengingat bisnis perhotelan itu fokus utamanya menjual kamar (room revenue) dan produk makanan minuman (FB product revenue) sebagai sumber pendapatan, maka pelayanan terbaik sejak tamu datang untuk check in hingga check out untuk pulang meninggalkan hotel menjadi komitmen pengelola hotel dan jajaran karyawannya. 

”Tujuannya agar mereka terkesan dengan keramahtamahan pelayanan segenap kru hotel –dari level General Manager (GM) hingga staf Cleaning Service. Jika tamu hotel itu puas oleh layanan kami, maka saya yakin mereka akan datang kembali untuk menginap di sini, Itu artinya ada pemasukan untuk pihak hotel,” terang Sujarwati. 

Aplikasi teknologi informasi dan komunikasi (TI) juga punya andil yang tidak sedikit dalam memberikan layanan kepada tamu hotel. Fasilitas kamar hotel yang dilengkapi layanan free Wi-Fi (untuk internetan) misalnya, juga punya andil dalam mendongkrak tingkat kepuasan pelanggan, di samping aspek keramahtamahan karyawan hotel itu sendiri saat melayani tamunya.

Selain menjual kamar hotel (Room) dan FB product sebagai sumber pendapatan (revenue) utama dari sebuah bisnis hotel, ada sumber pendapatan penunjang seperti jasa laundry, telephone, business centre, gym, reflexion & relaxations, transportation dan revenue lain di luar kamar dan F&B.

Sedangkan Banquet sendiri merupakan salah satu Food & Beverage (F&B) Department yang bertugas menangani acara  di hotel baik acara  pesta, meeting, gathering, dll yang bekerja berdasarkan BEO (Banquet Event Order) yang telah di sepakati antara Banquet Sales Manager dengan tamu mengenai details event.

Dengan demikian cara kerja Banquet Section itu terkait dengan kerja chef di dapur. Awalnya Banquet Section menerima Banquet Event Order (BEO) dari Sales & Marketing Department. Oleh kru Banquet, BEO itu kemudian diteruskan ke Kitchen dan Finance Department. Selanjutnya, chef bersama krunya belanja dan bekerja di dapur sesuai order dari pelanggan.

Untuk meramaikan acara di hotel terutama menjual layanan F&B, Banquet Sales Manager bersama Sales & Marketing Department bahu-membahu menjual acara gathering, meeting, seminar, launching product baru atau pesta di ballroom yang bisa mendatangkan banyak tamu kepada kastemer. 

Dari penjualan layanan itu, maka pelanggan diminta untuk menandatangani Banquet Event Order (BEO). Oleh Banquet Sales, formulir BEO itu kemudian diteruskan ke Accounting (Finance Department) dan Kitchen

Banquet Sales Manager selain wajib berkoordinasi dengan staff Banquet sendiri juga hendaknya berkoordinasi dengan departemen lainnya termasuk Housekeeping dan Engineering Section, demi memastikan bahwa event itu sudah berjalan baik dan pelanggan yang order betul-betul puas atas layanan dari kru Banquet Section.

Selain dikenalkan cara kerja Banquet Section, mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit juga dikenalkan beberapa tipe Event Banquet dan cara men-set up meja untuk meeting atau pesta (party) di hotel berbintang oleh Tafif Wijanarko, Product & Service Manager G Suites Hotel sekaligus praktik langsung cara men-set up meja untuk acara seminar agar tampilannya cantik dan menarik.

Untuk set up mejanya bisa memadukan class room style dan theater style. Selain itu, kru Banquet Section juga menyiapkan giant screen, standing board, head table stage (untuk meja nara sumber atau penyaji seminar), sound system  (engineering section) dan vas bunga segar (gardener section).

Usai mengikuti pembelajaran dan praktik langsung seputar sisik melik tentang cara kerja Banquet Section di industri perhotelan, acara dipungkasi dengan buka puasa bersama yang disajikan ala prasmanan (dinner buffet) di restoran G Suites Hotel Gubeng Surabaya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar