twitter

Pages

Rabu, 27 Juni 2018

Mahasiswa Culinary Class Buat Aneka Olahan Keripik dengan Sentuhan Food Technology


Praktik FoodTech di Lab Praktik Culinary Tristar Institute

Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Siang Diajarkan Buat Aneka Olahan Keripik untuk Usaha Komersial

USAI belajar dan praktik membuat aneka kreasi menu Catering selama sebulan penuh bersama Chef Yanuar Kadaryanto dan Chef Ari Purwantoro, 13 mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Siang, diajarkan Chef Rachma Nur Devianti STP., membuat aneka olahan keripik dengan sentuhan Food Technology untuk pembelajaran merintis usaha di Lab Praktik Culinary Tristar Institute Jl. Raya Jemursari No. 234 Surabaya.


13 mahasiswa Culinary Kelas Siang yang mengikuti praktik Food Technology tersebut adalah Silvia Jin, Hatmadi, Wahyu Trisna Adi, Emanuela Beatrice, Yohanes, Anastassya Chiquita Aldrich, Aurelia Meddy Dewanti, Bernadeta Vega Amorita, Diyanatun Mufidah, Vebie Rahmadhani, Tifanny Angelina Sofaner, Michael Setiawan dan Edric Wilbert Tjoa.

Pada tatap muka hari pertama dilaksanakan sepekan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H atau tepatnya pada Jumat (08/06/2018) siang. Pada pertemuan hari pertama itu, Chef Rachma, mengajarkan anak didiknya teknik membuat Chesse Stick, Banana Chips Sweet (Keripik Pisang Manis) dan Banana Chips Salted (Keripik Pisang Gurih) di Dapur Culinary Tristar Institute.

Sedangkan pada pertemuan hari kedua, baru dihelat sepekan sesudah libur Hari Raya Idul Fitri atau tepatnya pada Kamis (21/06/2018) siang. Oleh Chef Rachma, sapaan akrab Rachma Nur Devianti, mahasiswa Culinary Class diajarkan cara  membuat Carrot Stick (Stik Wortel) dan Spinach Chips (Keripik Bayam).

Selanjutnya pada tatap muka hari ketiga, Jumat (22/06/2018) siang, Chef Rachma kembali berbagi ilmu teknik membuat Purple Yam Sweet dari Jamur Tiram Chips (Keripik Jamur Tiram) yang gurih dan renyah di Lab Praktik Culinary Tristar Instiute

Sementara itu pada tata muka hari keempat, Senin (25/06/2018) siang, 13 anak didik Chef Rachma masih dibekali pengetahuan cara membuat olahan Cassava Chips Salted dan Cassava Chips Sweet – Season (Keripik Singkong) yang gurih dan renyah.

Saat praktik masak membuat aneka olahan keripik di Lab Praktik Culinary Tristar Institute, mahasiswa juga dikenalkan mesin penapis minyak dan hand mini sealer. Dengan memanfaatkan mesin penapis minyak, maka keripik yang dihasilkannya jauh lebih kering hingga 80-90 persen.karena kandungan minyaknya telah berkurang banyak.

”Sedangkan penggunaan hand mini sealer memungkinkan produk olahan makanan tersebut bisa dikemas dan disimpan dalam wadah plastik kedap udara. Dengan teknik pengemasan sederhana seperti itu maka kualitas keripik tetap terjaga, renyah dan bisa disimpan lebih lama,” terang Chef Rachma kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Senin (25/06/2018) sore.

Untuk pertemuan hari terakhir, Selasa (26/06/2018) siang, 13 mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Siang –dibagi menjadi tiga kelompok, masing-masing beranggotakan 4-5 orang—presentasi proposal Business Plan di hadapan dosen pembimbing.

Proposal Business Plan yang disusun mahasiswa itu isinya antara lain mengupas seputar sejauh mana kekuatan, kelemahan dari peluang usaha aneka olahan keripik dan tantangan ke depannya agar rintisan usaha (skala rumahan atau home industry) itu bisa eksis dan berkembang melalui pendekatan Strenght, Weakness, Opportunity & Threat (SWOT)

Setiap kelompok, selain diminta untuk menghitung costing, harga pokok produksi (HPP) berikut harga jualnya (secara retail maupun grosir), biaya operasional termasuk ongkos produksi, tenaga kerja, pemasaran dan promosi (bagaimana sasaran market-nya), juga membuat kemasan produk yang menarik sehingga produk itu disuka konsumen dan laris manis di pasaran.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar