twitter

Pages

Minggu, 24 Juni 2018

Mahasiswa Advanced Pastry Class Persembahkan Aneka Kreasi Sweet & Savoury Eid Mubarak 2018


Dari Ujian Praktik Buat Kreasi Sweet & Savoury Cakes di Dapur Pastry 2

Angkat Tema ”Eid Mubarak”, Mahasiswa Advanced Pastry Class Persembahkan 12 Item Kreasi ”Sweet & Savory Cakes”

PERTEMUAN terakhir sebelum libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, tepatnya mulai 10-24 Juni 2018, tujuh mahasiswa Advanced Pastry Class ditugaskan membuat aneka kreasi Sweet & Savoury Eid Mubarak 2018 oleh Chef Laurentia Vivi S.Pd., MM.Par bersama asistennya Chef Felicia, di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (06/06/2018) siang.


Tugas kelompok itu dilakoni mahasiswa selama tiga hari sejak Senin (04/06/2018) siang sampai Rabu (06/06/2018) sore, sebelum hasil kreasi mereka itu di-display di Lobi Graha Tristar Surabaya, untuk dinilai oleh Dosen Pembimbing, Chef Vivi, sapaan akrab Laurentia Vivi S.Pd., MM.Par.

Sesuai arahan Chef Vivi, tujuh mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit dibagi dua kelompok. Kelompok 1 yang terdiri dari Kenneth Tulangow, Steven Irfan Wibisono dan Ivony Wijaya Limantara.

Tiga personel Kelompok 1 ini kebagian tugas membuat enam item Sweet Cakes  yakni Lapis Philippine, Pudding Klappetart, Pudding Lumut Mentya, Pear Strudel, Nastar Green Tea dan Bakpia Kukus di Dapur Pastry 2.

Sedangkan Kelompok 2 yang beranggotakan Abigail Gabriela, Delvina Sascia Putri, Ratu Isnaeny Surya dan Nouva Swisstania Fasma, mendapat tugas dari dosen pembimbing untuk membuat enam item Savoury Cakes.

Enam item kreasi Savoury Cakes bernuasa Idul Fitri (Eid Mubarak 2018) itu yang dibuat mahasiswa Advanced Pastry Class anggota Kelompok 2 meliputi Burger Mie, Cheese Thumbprint Cookies, Lemper Goreng, Spiral Pastel, Shrimp Eclaire dan Rendang Puff.

Dalam penugasan membuat aneka kreasi Sweet & Savoury Cakes itu, Chef Vivi memberi kelonggaran waktu untuk membuat 12 item kue Eid Mubarak selama tiga hari kerja di Dapur Pastry 2 (@ 3-4 jam per tatap muka), mulai pukul 13.00-17.00 WIB. Dengan demikian mereka mulai prepare sejak Senin (04/06/2018) siang hingga hasil kreasi mahasiswa itu di-display di Lobi Graha Tristar, Rabu (06/06/2018) siang.

Setelah pekerjaan meng-garnish dan mem-plating hasil kreasinya itu rampung, setiap kelompok kemudian membawa produk tersebut ke Lobi Graha Tristar. Di lobi itu, mereka sudah menyiapkan meja yang telah dihias sedemikian rupa sehingga penampilan produk tersebut semakin menarik saat dipajang semuanya.

Sebelum hasil kreasi mahasiswa itu di-display di meja yang telah didekorasi dengan warna mencolok, perwakilan mahasiswa dari masing-masing kelompok bahu membahu menyiapkan pernak pernik berupa hiasan (dekorasi) yang kental dengan nuansa Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

”Untuk pengadaan pernak pernik Eid Mubarak itu sendiri, kami urunan @ Rp 50.000,- per orang. Uang yang terkumpul sebanyak Rp 350.000,- antara lain kami belanjakan untuk beli ketupak hias, print tulisan yang bertema Eid Mubarak dan Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon Maaf Lahir & Batin, kertas hias, bingkai foto, tusuk gigi, lem, isolasi (silotip), kertas origami, kertas HVS dan pita warna warni,” terang Steven kepada kru www.culinarynews.info, Rabu (06/06/2018) siang.

Sementara itu, Chef Laurentia Vivi menginformasikan bahwa penugasan membuat Sweet & Savoury Cakes bertema Eid Mubarak 2018 ini merupakan tugas akhir bagi mahasiswa Advanced Pastry Class. Untuk memudahkan pelaksanaan di lapangan, mereka dibagi dua kelompok, masing-masing beranggotakan 3-4 orang.

Kelompok 1 diberi tugas membuat enam item Sweet Cakes, sedangkan Kelompok 2 juga diminta membuat enam item Savoury Cakes. Semua produk Sweet & Savoury Cakes yang dibuat mahasiswa bertemakan kemeriahan Eid Mubarak 2018.

Mengingat tugas akhir itu bobotnya setara dengan ujian praktik yang dihelat setiap akhir pekan, maka ada tiga kriteria penilaian yang jadi tolak ukurnya, yakni aspek citarasa, tekstur, penampilan dan kebersihan. Tiga kriteria penilaian tersebut mengacu pada standar industri perhotelan.

”Dengan mengacu Standard Operation Procedure (SOP), maka mahasiswa Advanced Pastry Class semakin terbiasa bekerja di dapur sesuai standar industri perhotelan,” kata chef Vivi di dampingi asistennya, Chef Felicia di ruang kerjanya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar