twitter

Pages

Jumat, 29 Juni 2018

Tiga Dosen Jadi Juri pada Ujian Praktik Masak Mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron


Dari Ujian Praktik Masak Mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron

Tiga Dosen Jadi Juri ”Indonesian Eid Mubarak 2018” dan ”Croissant & Puff Creations” Persembahan Mahasiswa 


TIGA Dosen Tristar Group yakni Chef Afi Yasak, Chef Jonatan Mario Alvin dan Chef Fitri Synthiadewi SE ditunjuk menjadi juri pada ujian praktik masak mahasiswa Culinary dan Pastry Class Tristar Institute Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, hari pertama, Kamis (28/06/2018). Ujian praktik masak tersebut mengangkat tema utama Indonesian Eid Mubarak 2018 (Culinary Class) dan Croissant & Puff Creations (Pastry Class). 


Ketiga anggota Dewan Juri itu dengan cermat melihat satu persatu produk Croissant & Puff Creations hasil kreasi mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron, yang sehari-hari praktik di Dapur Pastry dengan dibimbing Chef Novi Kumalasari STP.
 
Selain melihat produk hasil kreasi mahasiswa Pastry Class, ketiga juri itu juga diminta untuk menilai hasil kreasi mahasiswa Culinary Class yang saat itu diuji membuat aneka kreasi makanan Indonesian Eid Mubarak 2018.

Tidak hanya melihat tampilannya saja, ketiga orang juri itu juga dipersilakan mencicipi satu persatu produk hasil kreasi mahasiswa Culinary dan Pastry Tristar Institute Kaliwaron yang maju ujian hari pertama, sesi pagi dengan disaksikan oleh sejumlah peserta ujian, staff Akademik dan tim dari Multimedia Tristar Group.

Dalam ujian kali ini, ada empat kriteria penilaian oleh Dewan Juri yang mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan, yakni plating (penampilan), creativity (kreativitas), texture (tekstur) dan taste (citarasa). 

Pada ujian praktik membuat kreasi roti (rasa manis dan asin) dengan teknik adonan berlapis hari pertama sesi pagi, yang tampil kali pertama empat mahasiswa Pastry Class, yakni Livia Margarita Widjiono, Tiara Putri Faralovrisya, Rizki Ainun Fatimah dan Rizky Indra S.

Livia tampil percaya diri saat menyiapkan roti kesukaannya yang diberi nama Strawberry Cheese Danish (rasa asin) dan Apple Danish Pie (rasa manis), sedangkan Tiara membuat kreasi roti yang bertajuk Pineapple Croissant dan Rendang Croissant.

Tidak mau kalah dengan aksi individu peserta ujian lainnya, Fatimah pun berupaya tampil all out ketika membuat Apple Cinnamon Croissant dan Chicken Curry Croissant, sedangkan Rizky antusias membuat roti andalannya yang diberi titel Nut Puff Pastry dan Beef Puff Pastry.

Sementara itu pada ujian praktik membuat kreasi makanan Indonesian Eid Mubarak 2018 hari pertama (Kamis, 28/06/2018), sesi pagi, yang tampil kali pertama delapan mahasiswa Culinary Class, yakni Muhammad Bagus Widhy W., Rika Elviana, Stefanus Januar Wijaya, Omega Angelecius Indera Sanubari Saputra, Rifqi Azis, Anisa Fitriya Dewi, Diska Atmira Rachma Maulid Putri Bestari dan Dwi Rachmawati Mubarak.

Bagus tampil penuh percaya diri saat menyiapkan makanan kesukaannya yang diberi nama Tengklek Kambing + Nasi Kuning & Perkedel Isi Telur, sedangkan Rica membuat kreasi makanan yang bertajuk Gutami Rica Manado + Nasi Putih.dan Stefenus kerja keras menyiapkan menu Sambal Udang Tahu Tempe.

Tidak mau kalah dengan aksi individu peserta ujian lainnya, Angel pun berupaya tampil all out ketika membuat Kari Rogan Josh, sedangkan Rifqi antusias membuat sajian masakan untuk Hari Raya Idul Fitri andalannya yang diberi titel Ayam Bumbu Rujak.

Selain itu, yang prepare di Dapur Culinary Tristar Institute Kaliwaron adalah Anisa, Gadis berhijab itu menyiapkan menu Lamb Briyani, (dari Medan), sedangkan Diska serius membuat masakan bernama Soto Uwuh + Sate Tempe Mendoan (dari Jogjakarta) dan Rachmawati all out memasak Ayam Goreng Sambal Lucung + Sayur Asam (makanan khas Kalteng). 

Hasil kreasi mahasiswa Pastry maupun Culinary Class Tristar Institute yang mengikuti ujian praktik masak ada sesi pagi tersebut tak luput dari perhatian dan dikritisi oleh tiga orang juri berdasarkan empat aspek yakni penampilan, kreativitas, tekstur dan citarasanya. 

”Hal ini demi mendapatkan obyektivitas selama penilaian dan yang nilainya tertinggi memang produk pastry atau produk culinary persembahan mahasiswa tersebut betul-betul cantik, menarik dan enak ditinjau dari aspek penampilan, kreativitas, tekstur dan citarasanya,” kata Chef Afi Yasak, Dosen Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron, usai penjurian pada ujian pada hari pertama, Kamis (28/06/2018) siang.

Sehari-hari, Chef Afi Yasak dan Chef Jo sapaan akrab Jonatan Mario Alvin adalah Dosen Culinary Tristar Group di Tristar Institute Jl. Kaliwaron No. 58-50 Surabaya, sedangkan Chef Fitri adalah Dosen Pastry Tristar Group yang berkantor pusat di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Culinary dan Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron, silakan menghubungi Tim Marketing Tristar Institute Jl Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, Telp. (031) 5999593, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar