twitter

Pages

Minggu, 24 Juni 2018

Dari Ujian Praktik Buat Entremet Creation & Chiffon Decoration di Dapur Pastry 2 Graha Tristar


Dari Ujian Praktik Buat Entremet Creation & Chiffon Decoration

17 Mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute Diuji Buat Aneka Kreasi ”Entremet & Chiffon” di Dapur Pastry 2 (Naskah Ke-1, dari Dua Tulisan)

SETELAH belajar membuat aneka kreasi Hybrid Cake & Chocolate Modeling,  selama lima hari pertemuan bersama Chef Arwati SE pada pekan terakhir Mei dan awal Juni 2018, sekarang giliran 17 mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute diuji selama dua hari membuat aneka kreasi Entremet & Chiffon Decoration versi mereka sendiri di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


17 mahasiswa S1 Tekpan itu dibagi dalam dua sesi ujian (pagi dan siang hari). Masing-masing sesi ujian diikuti 8-9 orang karena pada ujian tersebut mereka tampil secara individual tidak lagi secara berkelompok seperti pada saat mereka praktik masak di hari-hari biasa.

Dalam ujian praktik kali ini, peserta diberi kelonggaran untuk menyiapkan segala sesuatunya sejak H-1 sampai hari H (dua hari) masing-masing durasinya tiga jam. Pada hari Rabu (06/06/2018) pagi, sembilan mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute tampil pada sesi pertama untuk prepare lebih dulu di Dapur Pastry 2.

”Mereka prepare untuk mengolah bahan sampai proses membuat kreasi Entremet dan Chiffon hingga setengah jadi.Durasinya dibatasi hanya tiga jam saja,” kata Chef Arwati di dampingi Chef Felicia, asistennya, Kamis (07/06/2018) pagi.

Sembilan mahasiswa tersebut adalah Juan Valensia (Fruitty Santa’s Hat Mirror Entremet), Nugie Wibowo (Alizarm Crimson Strawberry Entremet Tart Shell), Arinil Haq (Coffee Hazelnut Caramel), Rana Ulfa Rahmadani (Orange Entremet), Delvira (Mango Jelly Mousse Cake), Risman Sumantri (Tropical Summer Entremet), Yola Yulia (Cendol Entremet), Wirawan Tamtomo (Chocolate Royal Cake) dan Tri Safira (Avocado Red Bean Entremet).

Begitu juga pada ujian praktik sesi kedua yang dihelat Rabu (06/06/2018) siang yang diikuti delapan peserta di Dapur Pastry 3. Peserta ujian ini pun mendapat kesempatan sama untuk melakoni pekerjaan mulai prepare sampai proses membuat kreasi Entremet dan Chiffon setengah jadi dengan durasi tiga jam.

Mereka yang tampil pada ujian praktik sesi siang itu adalah Ryan Surya Wijaya (Tiramisu Chocolate Mousse with Mascaspone Chocolate Cake), Maria Monica Wijaya (Green Tea Raspberry Lychee Entremet), Theresia Prostalia Wirani W. (Little Bernard Chiffon Cake), Jennifer Lisa Marcal (Orange Carrot Entremet), Ira Nur Khumairah (Red Bold Entremet), Johanes Baptista Wianda W. (Tropical Kiss Entremet), Atfi (Entremet Creation) dan Andre Prakoso (Entremet a la Fruise et a la Cerise).

Sedangkan  ujian praktik membuat aneka kreasi Entremet & Chiffon pada hari kedua, Kamis (07/06/2018), baik peserta ujian sesi pagi maupun sesi siang, tinggal meng-oven cake setengah jadi itu hingga matang atau mendinginkannya di dalam freezer (sejak H-1) kemudian hasil kreasinya tersebut di-garnish atau di-platting, sebelum ditampilkan di hadapan dewan juri.

Kepada kru www.culinarynews.info, Chef Arwati SE mengatakan, ujian praktik membuat aneka kreasi Entremet & Chiffon Decoration ini dirancang selama dua hari dengan durasi masing-masing tiga jam. Hal ini untuk memberi kesempatan anak didiknya tampil all out sehingga hasil kreasinya betul-betul memenuhi standar industri perhotelan.

Ujian praktik kali ini dilakoni mahasiswa setelah mereka dibekali dengan materi Hybrid Cake & Chocolate Modeling di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar,  selama lima kali tatap muka, tepatnya mulai tanggal 28, 30, 31 Mei 2018 serta 04 dan 05 Juni 2018 lalu. Dalam pembelajaran tersebut, Chef Arwati di dampingi asistennya, Chef Felicia.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Institute, silakan datang langsung ke Kampus S1 Tekpan Tristar Institute cq Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar