twitter

Pages

Sabtu, 23 Juni 2018

Chef Ari Purwantoro Bekali Anak Didiknya 75 Resep Menu Catering di Dapur Culinary 1 Graha Tristar


Usai Chef Ari Purwantoro Bekali Mahasiswa 75 Menu Catering

Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi dan Kelas Siang yang Punya ”Passion” Silakan Rintis Usaha Catering

MAHASISWA Culinary Akpar Majapahit, baik Kelas Pagi maupun Kelas Siang yang memiliki passion di bidang kuliner dan bertekad mengembangkan ketrampilannya seputar masak memasak, silakan merintis usaha Catering (Jasa Boga) sendiri meskipun baru sebatas skala rumahan.


Dosen Culinary Akpar Majapahit Chef Ari Purwantoro SSt.Par., MM mengatakan itu kepada kru www.culinarynews.info, di sela-sela membekali anak didiknya praktik membuat tiga macam sate –Sate Kambing, Sate Komoh dan Sate Usus-- di Dapur Culinary 1, Lantai 3, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (07/06/2018) pagi.

Untuk merintis usaha Catering bagi pemula, selain harus latihan membuat 70-75 resep menu Catering berulang-ulang (demi meningkatkan skill memasak) sampai passion-nya tumbuh dan berkembang. Selain itu, mahasiswa juga wajib membekali dirinya dengan pengetahuan lain seperti Hygiene & Sanitation, Costing, Marketing & Promotion dan Management Foodpreneur yang memadai.

”Sedangkan aspek permodalan, bisa dipikirkan sambil usaha rintisan  itu berjalan karena pihak perbankan biasanya tertarik membiayai usaha catering, setelah usaha rintisan (skala usaha kecil menengah) tersebut mulai kelihatan progress-nya,” kata Chef Ari Purwantoro menjawab kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya.

Dengan demikian, praktik masak aneka menu Catering yang dilakoni anak didiknya ini bisa menjadi bekal mahasiswa untuk membuka usaha jasa Catering sendiri di rumah. Resep masakan Catering tersebut juga bisa dikreasi lebih lanjut mengikuti tren kekinian yang tentunya sangat disuka konsumen.

Praktik masak aneka menu Catering ini diajarkan kepada mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit mengingat bisnis Catering (Jasa Boga) di Surabaya belakangan ini tumbuh pesat, bak jamur di musim penghujan.

”Peluang menjanjikan ini diharapkan bisa ditangkap oleh mahasiswa untuk belajar membuka usaha kuliner sendiri termasuk buka bisnis Catering sendiri meskipun baru skala rumahan,” terangnya.

Sementara itu pada praktik masak hari terakhir itu, Chef Ari mengajarkan mahasiswa cara membuat tiga macam sate yakni Sate Kambing, Sate Komoh dan Sate Usus di Dapur Culinary 1. Ketika itu, Chef Ari di dampingi asistennya, Chef Masario W. Saputra SKG.

Untuk memudahkan pekerjaan di Dapur, 12 mahasiswa Culinary Class itu dibagi tiga kelompok. Masing-masing beranggotakan tiga orang per kelompoknya. Kelompok 1 kebagian tugas membuat Sate Kambing (daging kambing + bumbu kacang + kecap), Kelompok 2 menyiapkan Sate Komoh (daging dapi dengan bumbunya mirip rendang tanpa santan dan warnanya oranye) dan Kelompok 3 praktik membuat Sate Usus (usus ayam + bumbu jangkep warna kuning)

Sehari sebelumnya, tepatnya Rabu (06/06/2018) lalu, anak didik Chef Ari Purwantoro diajarkan membuat tiga resep masakan Catering yakni Iga Penyet, Ayam Goreng Pemuda dan Bebek Goreng + Sambal Terasi. Mereka masak menu Catering di Dapur Culinary 3 bersama asistennya, Chef  Ario, sapaan akrab Masario W. Saputra SKG.

Selama 30 kali tatap muka, mahasiswa Culinary Class itu praktik masak membuat 75-an resep menu Catering di Dapur Culinary 1. Praktik masak aneka menu Catering itu baru akan berakhir pada 07 Juni 2018 mendatang. Setiap harinya, mahasiswa diminta oleh dosen pembimbingnya membuat 3-4 resep masakan Catering.

”75-an resep menu masakan Catering itu tersaji dalam Silabus (Buku Ajar) Culinary yang telah dibagikan pihak Akademik kepada mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi maupun Kelas Siang,” tambah Chef  Ario, sapaan karib Masario W. Saputra.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar