twitter

Pages

Selasa, 15 Mei 2018

Tuna Education Persembahan PT Aneka Tuna Indonesia di Tristar Institute Kaliwaron


Keseruan Tuna Education Persembahan PT Aneka Tuna Indonesia

Chef Handa Demo Masak Nasgor Tuna dan Pasta Tuna Macaroni di Hadapan Mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron

SEKITAR 60-an orang mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron Konsentrasi Culinary dan Pastry yang diasuh oleh Chef Novi Kumalasari STP, Chef Mario Alvin dan Chef Afi Yasak, antusias menghadiri acara Demo Masak Nasi Goreng Tuna dan Pasta Tuna Macaroni oleh Chef Handa dari PT Aneka Tuna Indonesia (ATI) di Lobi Kampus Tristar Institute Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, Rabu (09/05/2018) pagi.


Demo masak tersebut merupakan rangkaian acara dari Tuna Education di sekolah-sekolah yang digalakkan PT Aneka Tuna Indonesia. Perusahaan pengalengan tuna itu terpanggil untuk mengajak pelajar maupun mahasiswa gemar makan ikan, seperti yang diserukan oleh Menteri Perikanan dan Kelautan RI Susi Pudjiastuti.

Sebelum demo masak Nasi Goreng Tuna dan Pasta Tuna Macaroni, mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron lebih dulu dikenalkan oleh Manager Sales & Marketing PT Aneka Tuna Indonesia (ATI) Didit A. Setiawan tentang keberadaan perusahaan pengalengan tuna yang berstatus Penanaman Modal Asing (PMA) tersebut.

Di Indonesia, PT ATI memiliki dua pabrik pengalengan tuna yang beroperasi di Gempol Jl Raya Surabaya-Malang KM 38 dan Pandaan Jl. Gunung Gangsir, Kabupaten Pasuruan. Perusahaan pengalengan tuna dengan merek dagang Sun Bell (The Real Taste of Tuna) ini kali pertama beroperasi pada 1992 silam.

Ikan-ikan tuna yang diproses modern di pabrik pengalengan tuna milik PT ATI sebagian bear disuplai oleh nelayan dan pedagang ikan dari pesisir Banyuwangi, Jember, Malang Selatan (Jatim), Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Menurut Didit, Sun Bell diproses dengan teknologi Jepang, sehingga menghasilkan cita rasa ikan tuna yang sebenarnya, sehat dan bergizi tinggi. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan tuna terdiri dari protein (25 gram protein per 100 gram tuna) yang setara dengan seekor ayam.

”Selain kandungan proteinnya cukup tinggi, ikan tuna juga mengandung energi (106-184 Kkal energi per 100 gram tuna), mineral dan omega 3 yang baik untuk kesehatan. Pasalnya, ikan tuna merupakan makanan rendah kolesterol yang banyak mengandung asam lemak omega 3,” kata Didit di dampingi Faris Darmawan, Marketing PT ATI Area Surabaya dan Malang.

Produk PT Aneka Tuna Indonesia, selain diekspor ke mancanegara khususnya untuk memenuhi kebutuhan pasar Jepang, juga dipasarkan di kota-kota besar di seluruh wilayah Indonesia.

Faris Darmawan menambahkan, pengenalan PT Aneka Tuna Indonesia (ATI)  lewat demo masak ke sekolah-sekolah seperti ini merupakan bagian dari Tuna Education yang digalakkan oleh pihak manajemen. ”Melalui acara demo masak semacam ini kami ingin bekerja sama dengan institusi pendidikan yang buka program Culinary & Pastry termasuk dengan Sekolah Pencetak Chef dan Foodpreneur ini,” tandasnya.

Sementara itu, dalam demo masak membuat Nasi Goreng Tuna di hadapan mahasiswa Tristar Institute, Chef Handa dibantu Christine dan Bagus (keduanya adalah mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron) mengenalkan produk unggulannya, yakni Sun Bell yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kreasi masakan Nasi Goreng Tuna dan Pasta Tuna Macaroni.

Setelah Christine dan Bagus, giliran yang tampil mendampingi Chef Handa adalah mahasiswa Tristar Institute yang lain, yakni Maulida, untuk merasakan keseruan demo masak Nasi Goreng Tuna sesi kedua di hadapan rekan-rekan dan dosennya.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Kampus Tristar Institute Kaliwaron Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, Telp. (031) 5999593, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar