twitter

Pages

Minggu, 13 Mei 2018

Mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Ujian Praktik 'Table Manner' di Graha Tristar


Aplikasikan Tata Cara Table Manner ala Industri Perhotelan

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Diuji Praktikkan Tata Cara ”Table Manner” di Graha Tristar 
USAI belajar pengetahuan seputar sisik melik tentang Tata Cara Jamuan Makan Resmi (Table Manner) dan praktik langsung di MaxOne Hotels Tidar Surabaya,  sekarang giliran 20 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan  Akpar Majapahit  diuji oleh Dosen Food Service 2 Akpar Majapahit Peter ST untuk mempraktikkan dan menjelaskan Tata Cara Jamuan Makan Resmi di hadapan dosen penguji di Lantai IV Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (03/05/2018).


20 mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit tersebut dibagi dalam dua kelompok. Ujian praktik Table Manner pada sesi pertama pukul 08-10.00 diikuti 10 mahasiswa, dan pada ujian sesi kedua pukul 10.00-12.00 menampilkan 10 mahasiswa yang lainnya.

Dalam ujian praktik tersebut, Albert Putra Sepang, misalnya, diminta dosen penguji untuk menata sajian American Breakfast dan Indonesia Breakfast yang benar dengan menitik beratkan menu berkarbohidrat dan penempatan gelas berisi air mineral.

Sedangkan Samuel Hadi Saputra dan Addinul Fiqri Sasikirono selain diminta mempraktikkan teknik membuat tiga macam kreasi lipatan serbet (Making Napkin), juga menyusun Dinner Plate (Dinner Set) yang betul sesuai aturan yang biasa diaplikasikan pada Table Manner.
Selanjutnya giliran Alicia Angga dan Silvia Jin yang dipanggil dosen penguji untuk membuat tiga kreasi lipatan sebet (Making Napkin). Alicia, misalnya,  sukses membuat  The Bird of Paradise, Three Pokets dan Lily Flower

Sedangkan Silvia berhasil membuat Bishop’s Hat, The Pyramid dan The Standing Fan.setelah bersusah payah melakoninya selama lebih dari 10 menit. Urut-urutan pekerjaan melipat serbet (Making Napkin) tu dimulai dari tingkat kesulitan rendah, medium hingga tingkat kesulitannya tinggi.

”Bagi mereka sudah terbiasa untuk menyebut profesional, maka untuk membuat satu jenis kreasi lipatan serbet waktunya tidak lebih dari 1-2 menit saja,” kata Peter ST, mantan Food & Beverage Service Manager Hotel Satelit tersebut.

Setelah berhasil membuat tiga lipatan serbet, Alicia dan Silvia selanjutnya diminta menata sajian minum kopi (Coffee Set) di atas nampan sesuai standar Table Manner di industri perhotelan seperti yang telah diajarkan kepada mahasiswa saat di ruang kuliah.

Dosen penguji juga menanyakan bagaimana tata cara menyajikan makanan dan minuman yang benar pada acara Table Manner di hotel berbintang, bagaimana etika dan cara seorang waiters menaruh napkin yang benar pada seorang tamu perempuan  kepada mahasiswa yang mengikuti ujian praktik Food Service 2 di Lantai IV Graha Tristar, Rabu (03/05/2018) siang.

Tidak hanya itu, sikap duduk yang benar pada acara jamuan makan resmi juga ditanyakan kepada mahasiswa yang mengikuti ujian praktik Table Manner di Graha Tristar. Apakah meletakkan kedua tangan di meja, belum dipersilakan host minum air putih di gelas tetapi Anda sudah me-nyeruput-nya lebih dulu juga dibenarkan saat Anda menghadiri acara jamuan makan resmi dan sebagainya. 

Demikian gambaran singkat suasana ujian praktik Table Manner tersebut yang diikuti 20 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, baru-baru ini. Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar