twitter

Pages

Kamis, 17 Mei 2018

Mahasiswa Akpar Majapahit Belajar Bartending di Grand Darmo Suite Surabaya


Praktik Meracik Minuman di Rama Longue Grand Darmo Suite  

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Belajar Meracik Minuman di Rama Longue Grand Darmo Suite 


PADA hari Kamis (19/04/2018) sore, pertengahan April 2018 lalu, 19 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi di dampingi Dosen Mata Kuliah Bar 2 Akpar Majapahit, Yoseph Agung Priyo Widodo, mengikuti kunjungan industri untuk belajar meracik minuman di Rama Longue, Grand Darmo Suite Hotel Jl. Progo 1-3 Surabaya.


Kedatangan rombongan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit sore itu disambut oleh Food & Beverage Manager (FBM) Grand Darmo Suite Hotel, Prasta dan Sinu Ika Putra, Sales Executive Grand Darmo Suite Hotel di Rama Longue.

Sebelum praktik meracik minuman beralkohol (Cocktail), non-alkohol (Mocktail) dan Barista, mahasiswa dibagi dua kelompok (masing-masing beranggotakan 9-10 orang) diajak tour hotel lebih dulu oleh tim dari Sales & Marketing Grand Darmo Suite Surabaya.

Mereka dikenalkan fasilitas kamar hotel mulai Deluxe Room dengan luasan 32 m2 di lantai 11 dan Executive Room dan Penthouse di lantai 15. Secara keseluruhan hotel bintang empat tersebut mengoperasikan 73 kamar termasuk Penthouse yang luasnya 64 m2. Tarifnya mulai Rp 1,2 jutaan hingga Rp 3 jutaan ++ per malam.

Selain showing ke kamar hotel, mahasiswa juga diajak melihat fasilitas hotel yang lain seperti Meeting Room (Airlangga, Jenggala dan Brawijaya), Rest Room, Angling Darmo Restaurant, Main Kitchen dan Swimming Pool & Gym di lantai 2 Grand Darmo Suite Surabaya.

Usai tour hotel selama 30 menitan, rombongan kembali ke Rama Longue untuk mengikuti acara inti yakni Basic Beverage Knowledge & Beverage Practice yang dipandu langsung oleh Food & Beverage Manager (FBM) Prasta dan di dampingi Captain Leader Rama Longue Angga.

Dalam kesempatan itu, FBM Grand Darmo Suite Surabaya Prasta me-refresh kembali ingatan mahasiswa tentang Basic Beverage Knowledge yang sudah diajarkan kepada mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit di bangku kuliah, mulai Alcoholic Beverage, Non-Alcoholic Beverage hingga Barista.

Prasta juga menyinggung tentang cara pembuatan dan aneka jenis minuman beralkohol (Alcoholic Beverage) yang beredar di pasaran sampai saat ini, mulai Beer, Layer Beer, Stout, Pilsener, Wine, Aromatized Wine hingga macam-macam Spirit.

Usai dijelaskan seputar Basic Beverage Knowledge, giliran selanjutnya Captain Leader Rama Longue, Angga dan Andika (Dika), asistennya, tampil untuk mempraktikkan cara meracik minuman baik cocktail maupun mocktail di hadapan mahasiswa Akpar Majapahit.

Resep minuman pertama yang diajarkan kepada mahasiswa adalah Long Island (Cocktail), selanjutnya meracik minuman dengan judul Mojito (Cocktail), resep minuman yang ketiga adalah Virgin Strawberry (Mocktail) dan terakhir membuat Coffee Cappuccino (Barista).

Usai melihat aksi Angga meracik minuman di Rama Longue, giliran mahasiswa diminta tampil sendiri-sendiri meracik minuman sesuai passion-nya baik Cocktail, Mocktail atau Barista dengan dipandu langsung oleh Captain Leader Rama Longue.

Setelah praktik meracik minuman selama 1,5 jam di Rama Longue, acara berikutnya adalah makan bersama yang dikemas ala prasmanan dengan menu mulai Appetizer, Soup, Main Course dan diakhiri dengan sajian menu penutup (Dessert) andalan dari  Grand Dramo Suite Surabaya.

Dalam kesempatan terpisah, Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, secara umum pembelajaran di industri tersebut bertujuan untuk lebih mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja.

Oleh karena itu, dalam demo meracik minuman di Rama Longue Grand Darmo Suite Surabaya tersebut, semuanya mengacu pada standard operational procedure (SOP) di industri perhotelan. Dengan demikian, pembelajaran langsung di sini besar manfaatnya bagi mahasiswa yang ingin berkarier di sebuah hotel berbintang,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar