twitter

Pages

Sabtu, 19 Mei 2018

Mahasiswa Advanced Culinary Class Belajar Buat Aneka Kreasi 'Indonesian Healthy Food'


Praktik Masak Healthy Food Bersama Chef Nadya Ratri Aryani

Mahasiswa Advanced Culinary Class Praktik Masak Membuat Aneka Kreasi ”Indonesian Healthy Food”

USAI belajar Food Technology bersama Chef Anastasia Kristien STP, maka pada pekan ini 10 mahasiswa Advanced Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi giliran diajarkan membuat aneka kreasi makanan Indonesian Healthy Food oleh Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (15/05/2018) pagi.


Menurut chef Nadya Ratri, praktik masak yang diajarkan kepada mahasiswa Advanced Culinary Class kali ini menitikberatkan pada pentingnya aspek kesehatan bagi orang yang mengonsumsinya terutama penderita Diabetes Mellitus (penyakit kencing manis). Oleh karena itu, penggunaan bumbu terutama gula pasir (sugar) dan garam (salt) dikontrol ketat (diminimalisir) dan diatur sesuai kebutuhan konsumen demi mengurangi risiko terkena diabetes.

”Selama empat hari tatap muka dengan mahasiswa, sedikitnya ada 14-20 resep masakan yang siap dibuat mahasiswa saat praktik masak di Dapur Culinary 2, Lantai 3,  Graha Tristar,” kata chef Nadya kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Rabu (15/05/2018) pagi.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menekankan kepada mahasiswa bahwa makanan sehat (Indonesian Healthy Food) per porsi yang dipraktikkan tersebut harus mengandung cukup energy (sekitar 200 kkal), 80-100 gram karbohidrat, 50 gram protein dan 30-45 gram lemak.  Angka yang disajikan ini bisa fluktuasi tergantung berat badan, usia dan kondisi kesehatan (riwayat kesehatan) penderita diabetes.

Pada tatap muka hari pertama, Rabu (16/05/2018), misalnya, mahasiswa Advanced Culinary Class diajarkan membuat tiga resep masakan Indonesian Healthy Food yakni Bubur Manado (Beras, Ketela dan Jagung), Laksa Pengantin (Bihun dan Kuah Udang) dan Papeda Kuah Kuning (Ikan Tongkol).

Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Kamis (17/05/2018), chef Nadya Ratri mengajarkan teknik membuat tiga menu masakan Indonesian Healthy Food yang meliputi Soto  Semarang, Soto Bandung dan Soto Banjar + Perkedel.

Sementara itu pada tatap muka hari ketiga, Jumat (18/05/2018), mahasiswa belajar membuat dua set menu masakan Indonesian Healthy Food. Set menu pertama yakni Nasi Merah, Udang Cabai Hijau, Sayur Terong Pedas dan Pepes Tahu, sedangkan set menu kedua meliputi Nasi Putih, Kakap Bumbu Woku, Kacang Panjang Cabai Bawang dan Bola-bola Tempe (Mendhol).

Pada pertemuan terakhir hari keempat, Senin (21/05/2018), mahasiswa kembali diajarkan membuat dua set menu masakan Indonesian Healthy Food. Set menu pertama yakni Nasi Putih, Sambal Goreng Telur Wangi, Oseng Labu Siam dan Bola-bola Tahu, sedangkan set menu kedua meliputi Nasi Merah, Ayam Bumbu Sereh, Tumis Paria Udang dan Sate Tempe.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar