twitter

Pages

Sabtu, 26 Mei 2018

Indahnya Berbagi dengan Anak-anak Yatim Piatu dari PA Ulul Albab Surabaya


Kiprah Mahasiswa D3 UPW Akpar Majapahit Isi Ramadan 1439 H 
H
 Kunjungi Panti Asuhan Ulul Albab, Serahkan Bantuan Sembako dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu


PADA Jumat (25/05/2018) sore, mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Semester II dan IV berkolaborasi menghelat acara bertajuk ”Baksos dan Bukber dengan Anak Yatim Piatu” di Panti Asuhan Yatim Piatu (PAYP) Ulul Albab, Jl. Tenggilis Mulyo 30-B Surabaya.

Acara sore itu selain dihadiri Kaprodi UPW Akpar Majapahit Dewi Mariyanah M.Par, juga melibatkan Panitia Baksos dan mahasiswa UPW Akpar Majapahit Semester II dan IV serta 20-an anak yatim piatu dan dua orang pengurus inti PAYP Ulul Albab.

Sejak kepanitiaan terbentuk pertengahan Mei 2018 lalu, maka seluruh anggota panitia yakni Sofyan Efendi (Ketua), Zakaria Latuputty dan Joni (Wakil Ketua), Tasya dan Shella (Sie Bendahara), Nabila dan Hamida (Sie Perlengkapan), Alvin dan Astri (Sie Konsumsi), tampil all out mempersiapkan acara tersebut agar semuanya bisa berjalan lancar sesuai rencana.

Menurut Ketua Panitia Baksos, Sofyan Efendi, tujuan dibentuknya kepanitiaan ini untuk menyalurkan kelebihan rejeki dari orang-orang yang mampu tetapi supersibuk melalui kegiatan amal (bakti sosial) yang digagas mahasiswa. 

Panitia dengan sukarela memposisikan diri sebagai jembatan untuk menghimpun dan menyalurkan dana sumbangan itu kepada 20 anak yatim piatu dan dua orang pengurus inti Panti Asuhan (PAYP) Ulul Albab pada Jumat (25/05/2018) sore.

Setelah bergerak sekitar 10 hari, panitia berhasil menghimpun sumbangan dari segenap mahasiswa D3 UPW Akpar Majapahit Semester II dan IV, sejumlah dosen dan Kaprodi UPW berupa uang tunai sebesar Rp 2,39 jutaan.

Sumbangan dari para donatur itu antara lain dialokasikan untuk pengadaan paket takjil sebanyak 50 rice box (berisi nasi putih, ayam goreng, air kemasan, fruit tea, susu segar dan donat). Selain itu, Panitia juga membawakan sembako berupa beras 25 kg, mie instan dua dus, susu UHT satu dus, minyak goreng satu dus, gula pasir 5 kg dan 40 amplop berisi uang saku. 

”Paket takjil, amplop berisi uang saku dan sembako itu kemudian kami serahkan kepada anak-anak panti dan pengasuh PAYP Ulul Albab pada acara buka puasa bersama (bukber), Jumat (25/05/2018) sore,” kata Sofyan Efendi, melalui WhatsApp (WA)-nya, Minggu (27/05/2018) siang.

Kedatangan Panitia Baksos dan Buka Bersama Anak Yatim Piatu, sore itu, disambut suka cita oleh dua orang pengasuh PAYP Ulul Albab, KH Chamim dan istrinya, Erawati. Suasana gayeng penuh keakraban semakin terasa karena 20 anak yatim piatu penghuni PA tersebut kompak Bershalawat atas Nabi, menyambut kehadiran Panitia Baksos yang nyambangi “istana” mereka.

Ketua Panitia Baksos Sofyan Efendi yang juga dipercaya menjadi Pembawa Acara, sore itu juga bisa menjembatani pertemuan tersebut dengan baik, sehingga terjadi interaksi antara pihak Panitia dengan anak-anak yatim piatu penghuni PAYP Ulul Albab.

Untuk menyegarkan suasana pertemuan sore itu, Sofyan mengajak beberapa anak panti itu untuk unjuk kemampuan di hadapan Panitia dan rekan-rekannya. Tisa Novita (SD Kiai Hasyim), misalnya, tampil kali pertama dengan membaca Surat Ad-Dhuhaa.

Selanjutnya yang tampil adalah M. Al-Frizal. Pelajar SMK PGRI 13 Surabaya Jurusan Pemasaran ini diminta Panitia Baksos untuk menjelaskan lima rukun Islam dengan benar dan berurutan, di hadapan pengasuh PAYP Ulul Albab, mahasiswa Akpar Majapahit dan rekan mereka sendiri.

Penghuni panti yang tampil terakhir adalah M. Nur Firdaus.  Siswa SMK Mahardika Surabaya Kelas XII ini diminta melafalkan Asma’ul Husna dengan cara dilagukan. Ia pun tampil all out saat maju ke depan demi menunjukkan kemampuannya di hadapan pengasuh PAYP Ulul Albab dan tamunya.

Kegiatan mahasiswa ini mendapatkan atensi dari Kaprodi UPW Akpar Majapahit Dewi Mariyanah M.Par yang memberikan apresiasi tinggi kepada mahasiswa D3 Prodi UPW Semester II dan IV yang dipercaya menjadi Panitia Baksos.

”Anak-anak panti itu butuh uluran tangan dari orang-orang mampu tetapi mereka sangat sibuk dengan pekerjaannya. Sumbangan ini sangat berarti bagi mereka. Saya angkat topi dengan kepedulian mahasiswa yang bersedia berbagi dan turun tangan langsung menyalurkan sumbangan itu,” kata Dewi Mariyanah kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, Panitia Baksos juga menyatakan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada siapa pun yang berkenan memberikan sumbangan dana (menjadi donatur), demi suksesnya penyelenggaraan baksos yang dihelat oleh mahasiswa D3 UPW Akpar Mahapahit, selama Ramadan 1439 H.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, Anda ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar