twitter

Pages

Jumat, 13 April 2018

Praktik Buat Kreasi Kue Street Food Bersama Chef Vivi di Dapur Pastry 2


Praktik Buat Kreasi Kue Street Food Bersama Chef Vivi

Mahasiswa Advanced Pastry Class Diajarkan Buat Kreasi Jajanan ”Street Food” dengan Tampilan Kekinian

SETELAH liburan dua pekan, tujuh mahasiswa Advanced Pastry Class kembali masuk kuliah mulai Senin (09/04/2018) siang. Selama lima hari tatap muka, tepatnya mulai Senin (09/04/2018) hingga Jumat (13/04/2018) siang, mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit diajarkan pengetahuan seputar sisik melik teknik membuat aneka kreasi kue Street Food oleh chef Laurentia Vivi S.Pd., MM.Par di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Tujuh mahasiswa Advanced Pastry Class itu adalah Abigail Gabriela, Delvina Sascia Putri, Steven Irfan Wibisono, Kenneth Tulangow, Ivony Wijaya Limantara, Ratu Isnaeny Surya dan Nouva Swisstania Fasma,  antusias mengikuti praktik membuat aneka kreasi kue Street Food sejak tatap muka hari pertama Senin (09/04/2018) hingga hari keempat Kamis (12/04/2018) siang di Dapur Pastry 2.

Pada tatap muka hari pertama, Selasa (06/03/2018) siang dengan materi antara lain teori dan praktik seputar teknik membuat Cold Klappertart, Durian Klappertart dan Cheese Klappertart dengan desain kekinian dan citarasa istimewa yang tentunya sangat disuka konsumen.

Pada praktik hari pertama itu, mahasiswa Advanced Pastry Class diajarkan membuat dua kreasi menu Street Food tersebut di Dapur Pastry 2 oleh chef Vivi di dampingi asistennya, Selvi. Meski kreasi kue yang diajarkan diberi titel Street Food, namun aneka produk Street Food yang diajarkan kepada mahasiswa ini bukan kue pasaran karena tampilannya tidak kalah dengan produk pastry kekinian yang lagi nge-trend di pasaran.

”Pasalnya, dengan sentuhan modern baik dari aspek teknik membuat maupun pemilihan bahan bakunya, maka tampilan tiga resep Klappertart ini terkesan berkelas, elegan dan bercitarasa tinggi,” terang chef Vivi di hadapan anak didiknya.

Giliran pada pertemuan hari kedua, Selasa (10/04/2018) siang, chef Vivi berbagi ilmu dengan anak didiknya cara membuat tiga kreasi Street Food yakni Bubble Milo Ice, Churro Basket Ice Cream dan Brownie Ice Cream Bomb di Dapur Pastry 2.

Selanjutnya pada tatap muka hari ketiga, Rabu (11/04/2018) siang, chef Vivi dan asistennya Selvi, membekali anak didiknya teknik membuat Korean Egg Bread, Thai Bread dan Chicken Pao Sandwich. Dua resep ini merupakan bagian dari pengembangan kreasi Street Food juga.

”Sedangkan pada pertemuan hari keempat, Kamis (12/04/2018) siang, mahasiswa Advanced Pastry Class, kami ajarkan cara membuat Kue Ijo, Lumpang Thai dan Lumpang Gulmer,” terang chef Vivi, sapaan akrab Laurentia Vivi kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Selasa (10/04/2018) siang.

Setelah mengikuti pembelajaran selama empat kali tatap muka mulai Senin (09/04/2018) hingga Kamis (12/04/2018), maka pada pertemuan hari terakhir, Jumat (13/04/2018), siang hari ini,  mahasiswa Advanced Pastry Class akan diuji untuk membuat kreasi Street Food menurut versi mereka sendiri di Dapur Pastry 2, Lantai 2,  Graha Tristar Surabaya.

”Ke depannya, kami harapkan akan lahir kreasi-kreasi baru dari pengembangan Street Food melalui tangan-tangan trampil dari kreatif mahasiswa Advanced Pastry Class. Upaya ini sekaligus untuk memperkaya khasanah jajanan Indonesia,” cetusnya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar