twitter

Pages

Rabu, 04 April 2018

Mahasiswa Perhotelan Akpar Majapahit Ujian Praktik Meracik Minuman Berbasis Kopi


Dari Ujian Praktik Meracik Kopi di Minibar Graha Tristar

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi Diuji Buat Kreasi Minuman Berbasis Kopi

PADA hari Selasa (03/04/2018) pagi, 19 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi diuji membuat aneka kreasi minuman berbasis kopi di Minibar Lantai 4, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Dalam ujian praktik tersebut, mereka dipandu oleh Dosen Mata Kuliah Bar 2, Yoseph Agung Priyo Widodo.


19 mahasiswa tersebut dibagi dalam empat kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 5-6 orang. Setiap kelompok ditantang membuat dua resep minuman berbahan dasar kopi dalam waktu tiga menit saja. Kecakapan masing-masing personel dalam satu kelompok dalam meracik minuman, menentukan penilaian akhir setelah minuman kreasi mahasiswa disajikan di hadapan Dewan Juri.

Kepada kru www.culinarynews.info, kemarin, Dosen Bar 2, Yoseph Agung Priyo Widodo mengatakan, dalam ujian meracik minuman berbasis kopi kali ini pihaknya memutuskan bahwa setiap kelompok wajib membuat dua resep minuman berbahan dasar kopi dengan durasi waktunya hanya tiga menit. 

”Jika satu kelompok sanggup membuat dua resep sekaligus dalam waktu tiga menit, mereka berhak mendapat empat point. Sebaliknya jika setiap kelompok hanya mampu membuat satu racikan minuman berbahan dasar kopi, maka mereka hanya diganjar dua point saja,” terang Yoseph, sapaan akrabnya.

Kelompok 1 yang terdiri dari Yosua, Ronald, Carlos dan Ardy fokus membuat Avocado Coffee dan Green Tea Frappuccino, sedangkan anggota Kelompok 2 yang meliputi Viola, Meily, Monique, Budiarti dan Arya Putra berupaya tampil all out saat meracik minuman bertajuk Chocolate Coffee dan Green Tea Cappuccino.

Sementara itu, yang tampil selanjutnya adalah Kelompok 3. Kelompok ini anggotanya terdiri atas Karina, Eunike Adriana, Imaaculata, Christine dan Raditya sepakat meracik dua minuman berbasis kopi yakni Orange Soda Coffee dan Black Orange Jelly.

Giliran yang maju terakhir adalah Kelompok 4. Personel kelompok ini meliputi Sonya, Nur Kumala, Yuliani, Heryola, Melianus dan Tri Mawarni. Mereka tampil antusias saat meracik minuman berbasis kopi yang mengangkat tema Avocado Coffee Frappe dan Choco Marcello Coffee. 

Delapan kreasi minuman berbahan dasar kopi persembahan mahasiswa itu ditampilkan di hadapan Dewan Juri --terdiri dari R. Paulus W. Soetrisno M.Par (Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit) Agus Sudarsono M.Par (Dosen Housekeeping) dan Nuniek SE (Dosen Cost Control)-- untuk dinilai dari aspek tampilan, citarasa dan teknik meraciknya.

Sebelum maju ujian pada Selasa (03.04/2018) pagi di minibar kampus, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi ini telah dibekali pengetahuan seputar sisik melik cara meracik minuman berbahan dasar kopi (Basic Coffee), teknik meracik Cocktail dan Mocktail selama lima kali tatap muka sejak Senin (26/03/2018) hingga Senin (02/04/2018). 

Sementara itu mereka baru diuji meracik minuman di minibar kampus pada Selasa (03/04/2018) pagi, sedangkan pada Rabu (04/04/2018) malam, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit ini mengikuti praktik meracik minuman berbasis alkohol (Cocktail) di Loveshock Sky Bar di Lantai 7 MaxOne Hotels Tidar Surabaya.

Terkait dengan pembelajaran langsung di bar hotel berbintang, Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, secara umum kegiatan tersebut bertujuan mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja

Oleh karena itu, dalam demo meracik minuman di Loveshock Sky Bar MaxOne Hotels tersebut, semuanya mengacu pada standard operational procedure (SOP) di industri perhotelan. Dengan demikian, pembelajaran langsung di sini besar manfaatnya bagi mahasiswa Akpar Majapahit yang ingin berkarier di bar sebuah hotel berbintang,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar