twitter

Pages

Senin, 30 April 2018

Mahasiswa Culinary Class Praktik Buat 'Fruit & Vegetables Carving' di Graha Tristar


Belajar Fruit & Vegetables Carving Bersama Chef Sukamto

Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Siang Praktik Buat Kreasi ”Fruit & Vegetables Carving” di Graha Tristar
SEKITAR 13 mahasiswa Culinary Akpar Majapahit (C1) Kelas Siang belajar seni memahat sayur dan buah-buahan (Fruit & Vegetables Carving) selama dua hari, Selasa (24/04/2018) dan Rabu (25/04/2018) siang bersama chef Sukamto. Pelajaran ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa yang mengambil studi Culinary di lembaga pendidikan tersebut.

Mereka antusias mengikuti teori dan praktik seni menghias sayur dan buah-buahan yang disampaikan chef Sukamto, Dosen Luar Biasa Akpar Majapahit, di Dapur Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (25/04/2018) siang.
Sebelum praktik menghias sayur dan buah-buahan dimulai, mahasiswa lebih dulu dikenalkan teori menghias sayur dan buah-buahan di kelas. Setelah itu mereka langsung diajak praktik. Bahannya antara lain Pepaya, Melon, Semangka, Mentimun, Wortel, Lobak, Roat Bit, Waluh (Pumpkin) dan lain-lain.

Peralatan yang disediakan untuk  praktik menghias sayur dan buah-buahan antara lain aneka jenis pisau untuk menghias sayur dan buah-buahan yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Pasalnya, untuk membeli pisau jenis ini memang tersedia di toko swalayan dalam wadah satu set dan tidak dijual per item.

Setelah chef Sukamto menjelaskan dasar teorinya dan mempraktikkan langsung bagaimana tata cara menghias sayur dan buah-buahan di hadapan mahasiswa, selanjutnya dosen mempersilakan masing-masing mahasiswa mempraktikkan apa yang sudah diajarkan sebelumnya. 

”Kalian tidak perlu takut kalau salah atau hasil pahatan kaliah kurang bagus, yang penting bisa memeragakan bagaimana menghias sayur dan buah-buahan secara baik dan benar dengan hasil yang memuaskan," terang Sukamto yang cukup telaten mengajari dan membagi ilmunya kepada mahasiswa ketika memeragakan cara menghias buah dan sayuran. 

Selain seni menghias sayur dan buah-buahan, mahasiswa Akpar Majapahit juga diajari seni memahat es. Boleh dikata seni memahat es dan menghias bahan makanan ini hasilnya amat mengagumkan.Tak salah jika hampir di semua perayaan besar yang ada di dunia, hampir pasti ditemukan 'seni dari makanan' apakah itu berbentuk patung cokelat, naga dari buah semangka dan lainnya. 

Hasil kreasi tangan-tangan trampil inilah yang membuat penampilan pesta pernikahan, misalnya, jadi sangat berbeda dari biasanya. Pada gilirannya membuat tamu undangan pun senang berkat penampilan eksotik dari sebuah karya seni memahat es (ice carving) serta menghias sayur dan buah-buahan.(fruit & vegetables carving). 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar