twitter

Pages

Kamis, 26 April 2018

Mahasiswa Akpar Majapahit Praktik Front Office di Kokoon Hotels Surabaya


Belajar Front Office sesuai Standar Industri Perhotelan

24 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Praktik Front Office di Kokoon Hotels Surabaya 


SEBANYAK 24 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary dan Pastry dikenalkan cara kerja Front Office (FO) sesuai Standar Industri Perhotelan di Kokoon Hotels Surabaya Surabaya, Selasa (17/04/2018) pagi oleh Agus Sudarsono M.Par., Dosen Front Office. Tujuannya untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar FO di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan.


Rombongan mahasiswa bersama dosen pembimbingnya itu menumpang dua mobil Multipurpose Vehicle (MPV) berangkat dari Kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya menuju hotel yang beroperasi di Jl Slompretan No. 26 (Kawasan Kembang Jepun, Surabaya Utara) tersebut sekitar pukul 08.30. Perjalanan sejauh 30-an kilometer ditempuh 60 menitan dan rombongan sampai di tujuan sekitar pukul 09.30 WIB.

Dosen yang mendampingi mahasiswa adalah Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par., dan Dosen Front Office (FO) Akpar Majapahit Agus Sudarsono M.Par. 

Kedatangan rombongan 24 mahasiswa Akpar Majapahit Kelas Malam bersama dosen pembimbingnya itu disambut oleh General Manager  (GM) Kokoon Hotels Surabaya Hassanudin, Senior Sales & Marketing Manager Budi Setiono, Asst. Front Office Manager (AFOM) M. Taufik di lobi hotel. Mereka kemudian dipersilakan menuju Meeting Room di Lantai 2 hotel bintang tiga yang berdiri sejak 1920 tersebut.

Setelah break sekitar 15 menitan, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit dikenalkan oleh Kaprodi D3 Perhotelan R. Paulus W. Soetrisno kepada Asst. Front Office Manager (AFOM) Kokoon Hotels Surabaya M Taufik yang menjadi nara sumber seputar sisik melik Front Office (FO).

Dalam pengantarnya sebelum memasuki acara inti, Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, pembelajaran Front Office (FO) sesuai standar industri perhotelan bagi mahasiswa ini merupakan tindak lanjut dari penjelasan dosen selama belajar di kelas.

“Dengan demikian anak didiknya punya pemahaman sama dalam menyikapi mata kuliah Dasar-dasar Front Office dan sisik meliknya, setelah nantinya mereka bekerja di industri perhotelan,” kata Paulus di hadapan mahasiswa.

Selanjutnya, dalam pemaparannya di hadapan mahasiswa Akpar Majapahit, Asst. FO Manager Kokoon Hotels Surabaya M. Taufik mengatakan, di sebuah hotel berbintang, Anda akan menemukan front desk (meja depan). Front desk adalah bagian depan front office (counter), tempat dilakukan proses tamu masuk (check in) dan tamu keluar untuk meninggalkan hotel (check out) serta pelayanan-pelayanan lainnya seperti pembayaran rekening atau informasi lainnya.

Di ruang depan lobi Kokoon Hotels Surabaya, Anda juga menemukan meja utama, tempat pendaftaran para tamu hotel –Kokoon Hotels Surabaya mengusung Konsep Heritage Hotel-- di mana terdapat kotak-kotak penyimpanan kunci kamar dan titipan surat-surat. 

Di front desk, Anda akan disambut beberapa karyawan hotel yang bekerja pada bagian administrasi (pendaftaran) tamu, informasi dan kasir. Sedangkan front desk officer adalah penanggung jawab seluruh tugas front desk dengan bantuan receptionist, bell boy, bell captain dan doorman.

Sedangkan front office (kantor depan) adalah bagian kantor hotel yang melaksanakan semua urusan pendaftaran dan penempatan kamar untuk tamu, pemesanan kamar, pembayaran rekening, dan bertindak sebagai sumber informasi kepada para tamu.

Di kantor depan tersebut, Anda akan bertemu front office cashier (kasir kantor depan). Kasir yang ditempatkan di kantor depan hotel untuk menerima pembayaran rekening tamu. Penanggung jawab di kantor depan hotel dipercayakan kepada seorang front office manager atau kepala kantor depan.

Di area depan sebuah hotel, Anda juga bisa menjumpai fasilitas yang disebut front of the house, yakni bagian dari suatu hotel tempat tamu secara langsung dilayani, seperti  front office, restaurant dan bar.

Mengingat begitu tertatanya sistem kerja di Front Office (FO) suatu hotel, maka kemampuan berkomunikasi antarpersonal menjadi salah satu tolak ukur bagaimana kinerja sebuah hotel dalam menyambut tamu yang akan check in maupun check out.

”Keramahtamahan petugas front office sebuah hotel menjadi suatu keniscayaan karena bisnis hotel adalah bisnis jasa yang lebih mengedepankan pelayanan. Makanya, kecakapan berkomunikasi dalam bahasa Inggris sebagai bahasa utama pergaulan internasional, wajib hukumnya bagi petugas front office,” terang M. Taufik, Asst. FO Manager Kokoon Hotels Surabaya, Selasa (17/04/2018) siang.

Sebelum dikenalkan cara kerja Front Office (FO) di industri perhotelan, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit sebetulnya juga sudah pernah diajarkan simulasi seputar cara kerja front office, di mana kelompok mahasiswa yang satu yang bertindak sebagai karyawan hotel yang ditempatkan di bagian front office, sedangkan kelompok mahasiswa lainnya dipercaya sebagai tamunya.

”Modul pembelajaran dalam bentuk fotokopian sudah dipegang oleh masing-masing mahasiswa. Sehingga, saat dosen membimbing anak didik selama proses simulasi, semuanya bisa menjadi lebih mudah,” kata Agus Sudarsono M.Par., Dosen Front Office (FO) kepada kru www.culinarynews.info.

Usia presentasi dan dilanjut sesi tanya jawab sekitar 1,5 jam, rombongan mahasiswa kemudian diajak ke ruang tour hotel untuk melihat langsung fasilitas kamar hotel di lantai 3, 4 dan 5 dengan diantar Asst. Front Office Manager (AFOM) M. Taufik, Senior Sales & Marketing Manager Budi Setiono dan Marketing Communication Kokoon Hotels Surabaya Hapsah Christiani. 

Untuk memudahkan koordinasi, 24 mahasiswa itu dibagi dua kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 12 orang. Kelompok 1 tour hotel selama 30 menitan dengan dipandu Budi Setiono dan Hapsah Christiani, sedangkan Kelompok 2 tour hotel dengan diantar AFOM M. Taufik. Mereka melihat fasilitas Room Hotel. Restaurant, Outdoor Swimming Pool, Kitchen dan Front Office (FO).

Dalam kesempatan itu, mahasiswa juga diajarkan bagaimana mengisi aplikasi room reservation yang benar sesuai dengan standar industri di Front Desk oleh Hapsah Christiani dan M. Taufik, usai presentasi materi pembelajaran FO dan menikmati sajian makan siang bersama ala buffet (prasmanan) di Restaurant Kokoon Hotels Surabaya.

”Jadi aplikasi yang tersaji di dalam formulir itu juga menggunakan bahasa Inggris. Ini semua untuk membiasakan mahasiswa saat mereka nanti terjun di dunia kerja nyata, yakni di industri perhotelan,” tandas M. Taufik.

Selama simulasi praktik Front Office di Front Desk Kokoon Hotels Surabaya, kemarin siang, mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary dan Pastry antusias mendengarkan penjelasan dari Asst. FO Manager M. Taufik. Praktik langsung FO tersebut juga disaksikan Kaprodi D3 Perhotelan R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Front Office Agus Sudarsono M.Par.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar