twitter

Pages

Senin, 30 April 2018

Mahasiswa Advanced Pastry Class Praktik Bikin 'Yoghurt & Ice Cream' di Dapur Pastry 2


Belajar Buat Yoghurt & Ice Cream Bersama Chef Anastasia

Mahasiswa Advanced Pastry Class Diajarkan Buat Kreasi ”Yoghurt & Ice Cream” di Dapur Pastry 2

SETELAH sepekan lalu belajar membuat kue Cookies Art, maka pada pekan ketiga ini tujuh mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit giliran diajarkan pengetahuan seputar sisik melik cara membuat aneka kreasi Yoghurt & Ice Cream oleh chef Anastasia Kristien STP di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Tujuh mahasiswa Advanced Pastry Class itu adalah Abigail Gabriela, Delvina Sascia Putri, Steven Irfan Wibisono, Kenneth Tulangow, Ivony Wijaya Limantara, Ratu Isnaeny Surya dan Nouva Swisstania Fasma. Mereka antusias mengikuti praktik membuat aneka kreasi Yoghurt & Ice Cream dengan memanfaatkan susu olahan dan produk turunannya, sejak tatap muka hari pertama Senin (23/04/2018) hingga hari keempat Jumat (27/04/2018) siang di Dapur Pastry 2.

Pada tatap muka hari pertama, Senin (23/04/2018) siang, chef Anastasia dan asistennya, Selvi, membekali anak didiknya teori dan praktik seputar teknik membuat dua resep kreasi Yoghurt, yakni Plain Yoghurt dan Ice Cream Yoghurt dengan sentuhan Food Technology.

Demi memudahkan pekerjaan di Dapur Pastry 2, maka sejak praktik hari pertama (Senin, 23/04/2018) hingga hari keempat (Jumat, 27/04/2018), tujuh mahasiswa Advanced Pastry Class itu dibagi dalam dua kelompok. Masing-masing beranggotakan 3-4 orang.

Kelompok 1 yang terdiri dari Steven, Sascia dan Nouva kebagian tugas membuat Plain Yoghurt, sedangkan Kelompok 2 yang beranggotakan Gabriela, Kenneth, Ivony dan Ratu antusias membuat Ice Cream Yoghurt di Dapur Pastry 2.

Selanjutnya pada pertemuan hari kedua, Selasa (24/04/2018) siang, mahasiswa Advanced Pastry Class diajarkan teknik membuat Mung Bean Ice Cream (Kacang Hijau) dan Soya Ice Cream (Kacang Kedelai).

Sedangkan pada tatap muka hari ketiga, Rabu (25/04/2018) siang, giliran chef Anastasia dan asistennya mengajarkan anak didiknya cara membuat Healthy Ice Cream 1 (bahannya dari Pokcoy) dan Healthy Ice Cream 2 (bahannya dari Roat Bit).

Di sela-sela praktik membuat kreasi Yoghurt & Ice Cream, chef Anastasia memberikan penjelasan seputar penggunaan gula, pectin, CMC dan gelatin pada saat praktik membuat Healthy Ice Cream 1 (memakai Pokcoy) menghasilkan warna hijau dan Healthy Ice Cream 2 (memanfaatkan Roat Bit) menghasilkan warga pink pada praktik hari ketiga. Hal itu sesuai dengan panduan Buku Ajar (Silabus) yang telah diberikan kepada anak didiknya.

Sementara itu pada tatap muka hari terakhir, Jumat (27/04/2018) pagi, mahasiswa Advanced Pastry Class diajarkan membuat Spoonable Yoghurt dan Eggless Ice Cream di Dapur Pastry 2. Semua pekerjaan membuat Ice Cream menggunakan mesin mini untuk proses pengolahan Ice Cream di Dapur Pastry 2.

Setelah mengikuti pembelajaran selama empat kali tatap muka mulai Senin (23/04/2018) hingga Jumat (27/04/2018), maka pada pertemuan hari terakhir, Senin (30/04/2018) siang,  mahasiswa Advanced Pastry Class diuji untuk membuat kreasi Yoghurt & Ice Cream menurut versi mereka sendiri di Dapur Pastry 2, Lantai 2,  Graha Tristar Surabaya.

”Ke depannya, kami juga mengharapkan akan lahir kreasi-kreasi baru dari pengembangan Yoghurt & Ice Cream melalui tangan-tangan trampil dari kreativitas mahasiswa Advanced Pastry Class. Upaya ini sekaligus untuk memperkaya khasanah per-ice cream-an di Indonesia,” cetusnya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar