twitter

Pages

Selasa, 24 April 2018

Chef Jiurike Demo Buat Roti Manis dengan Metode Tang Zhong di Dapur Pastry 3


Didukung oleh PT Bogasari dan PT Smart Corporation Tbk 

 Chef Jiurike Demo Buat Roti Manis dengan Metode Tang Zhong di Dapur Pastry 3, Lantai 2, Graha Tristar

PADA hari Senin (16/04/2018) siang, Chef Jiurike AMd.Par., STP, Asisten Dosen mata kuliah Basic Pastry & Bakery Akpar Majapahit mendemonstrasikan cara membuat Roti Manis dengan metode Tang Zhong (Water Roux) di Dapur Pastry 3, Lantai 2, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Untuk membuat Roti Manis dengan metode Tang Zhong (Water Roux) ini, bahan yang dibutuhkan adalah 50 gr tepung terigu protein tinggi merek Cakra Kembar produksi PT Bogasari Flour Mills dan 250 ml air.

Cara membuatnya: (1). Dalam panci, campur air dan tepung terigu protein tinggi merek Cakra Kembar, (2). Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil, (3). Masak dengan api sedang sampai kental.  Tandanya apabila diaduk dengan sendok, maka akan terbentuk jejak sendoknya di dasar panci. Jangan sampai mendidih dan (4). Selanjutnya sisihkan hingga dingin. Untuk keperluan membuat roti, maka bahan itu Anda timbang 200 gr.

Sementara itu, pekerjaan kedua adalah menyiapkan bahan-bahan untuk membuat adonan roti, yakni 600 gr tepung terigu merek Cakra Kembar dari PT Bogasari, 110 gr gula pasir, 1 butir telur + 1 kuning telur, 10 gr ragi instan dan bahan pendukung lainnya.

Bahan adonan tersebut kemudian di-mixer selama10-15 menitan sampai kalis. Lalu didiamkan beberapa saat supaya hasil adonannya mengembang, sebelum dibentuk kotak-kotak dengan dua ukuran, yakni 30 gr dan 50 gr.  

Roti Manis setengah jadi itu kemudian diisi keju susu + parutan keju untuk topping-nya dan tampilan Roti Manis berikutnya hanya diisi coklat tanpa topping parutan keju tapi hanya diolesi Filma Margarine produksi PT Smart Corporation Tbk (Sinar Mas Group) yang telah dipanaskan sebelumnya.

Roti Manis setelah jadi yang ditaruh di dalam wadah berbentuk persegi selanjutnya di-proven selama 30-60 menitan hingga mengembang sempurna. Seusai di-proven kemudian roti tesebut di-oven selama 20 menitan pada suhu (atas) 180 *C dan suhu (bawah) 190 *C hingga masak.

Setelah proses pengovenan selesai, Roti Manis persembahan chef Jiurike didinginkan sebentar sebelum di-plating (garnish) agar penampilannya menarik. Roti Manis yang dibuat dengan metode Tang Zhong (Water Roux) siap dihidangkan di atas meja.

Kepada kru www.culinarynews.info, Senin (16/04/2018), chef Jiurike mengatakan, demo membuat Roti Manis dengan metode Tang Zhong (Water Roux) tersebut didukung penuh oleh PT Bogasari Flour Mills yang memproduksi tepung terigu protein tinggi merek Cakra Kembar, tepung terigu protein sedang merek Segitiga Biru dan tepung terigu rendah protein merek Kunci.

”Sedangkan PT Smart Corporation Tbk (Sinar Mas Group) menyediakan Filma Margarine dan Filma Minyak Goreng. Kedua produk tersebut merupakan produk andalan dari Sinar Mas Group,” kata chef Jiu, sapaan akrabnya, setengah berpromosi.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan Dosen dan Mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar