twitter

Pages

Jumat, 13 April 2018

Belajar Molecular Mixologist Bersama Donny Kuzuma di Minibar Graha Tristar


Belajar Molecular Mixologist Bersama Donny Kuzuma 

Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Praktik Racik Minuman dengan Sentuhan Molecular Mixologist

SEBANYAK 20 mahasiswa Advanced Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi dan Kelas Siang diajarkan teknik meracik minuman dengan sentuhan Molecular Mxologist oleh Donny Kuzuma, Dosen Luar Biasa Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, selama empat kali tatap muka, mulai Senin (09/04/2018) hingga Kamis (12/04/2018), Praktik meracik minuman melalui pendekatan teknik Molecular Mixologist tersebut dihelat di Lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No, 244 Surabaya.


10 mahasiswa Advanced Culinary Kelas Pagi yang belajar sekaligus praktik meracik minuman tradisional dengan teknik Molecular Mixologist itu adalah Aldy Mahat, Alfonso, Delfries, Iversen, Noor Ainun, Nicholas, Ronaldo, Rivaldy, Vendy dan Yoga. Sedangkan 10 mahasiswa Advanced Culinary Kelas Siang adalah Kevin, Abdullah Umar, M. Lucky, Yoseph, M. Rizky, Syaifullah Yusuf, Eroldo, James, Septian dan Melvin.

Pada tatap muka hari pertama, Senin (09/04/2018) pagi, Donny, sapaan akrab Donny Kuzuma mengenalkan Dasar-dasar Molecular Mixologist kepada mahasiswa. Pasalnya,  teknik Molecular Mixologist berbeda dengan cara meracik minuman (cocktail dan mocktail) secara klasik (konvensional).

Donny juga mengajarkan pengetahuan seputar powder, cream seafon (pakai alat pengocok espuma atau soda seafon), nitrogen (N2), karbondioksida (CO2), dry ice, smoke gun hingga teknik meng-create minuman dengan teknik Molecular Mixologist.

Untuk memahami pengetahuan seputar teknik Molecular Mixologist dalam meracik minuman, Donny mengingatkan kembali pelajaran Ilmu Fisika tentang massa dan berat jenis, juga pengetahuan Ilmu Kimia yang pernah dipelajari semasa di bangku SMA.

Setelah belajar teori seputar sisik melik teknik meracik minuman dengan pendekatan Molecular Mixologist, maka pada tatap muka hari kedua, Selasa (10/04/2018) pagi, mahasiswa  Advanced Culinary Class praktik di mini bar Akpar Majapahit. 

Dalam praktik tersebut, Donny yang dikenal sebagai seorang Mixologist sekaligus pengelola K Bar Jl. Kartini No. 12 Surabaya ini, mengajarkan anak didiknya cara membuat tiga minuman tradisional dengan sentuhan Molecular Mixologist.

Resep minuman pertama yang diajarkan kepada mahasiswa adalah Tea Taluwa dari Sumatera Barat. Bahan untuk meracik minuman ini antara lain susu kental manis, black tea, kuning telur, cinnamon (kayu manis), gula sedangkan garnish-nya lime. ”Pemberian lime sebagai essence (aroma jeruk nipis) untuk menghilangkan bau amis dari adonan kuning telur dan gula pasir,” kata Donny kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.

Selanjutnya, Donny mendemonstrasikan cara membuat Chai Tea, minuman tradisional dari India (resep minuman kedua) dengan teknik Molecular Mixologist di hadapan anak didiknya. Bahan untuk membuat Chai Tea antara lain ginger, fresh milk, black tea, clove (cengkih), staranish (pekak), black pepper dan gula pasir.

Setelah membuat Tea Taluwa dan Chai Tea, resep minuman ketiga yang diajarkan kepada mahasiswa Advanced Culinary Class adalah Beras Kencur, minuman tradisional dari Jatim. Bahan untuk membuat Beras Kecur antara lain beras 150 gram, kencur, jahe, gula merah dan jeruk nipis. 

Untuk hasil yang memuaskan, beras harus direndam 4-5 jam lebih dulu sebelum di-blender sampai halus baru ditambahkan bahan lain seperti kencur, jahe, gula merah dan perasan jerus nipis (lime) secukupnya. Beras kecur cocok kalau disajikan dalam keadaan dingin dengan ditambahkan es cube di dalam gelas.

Sedangkan pada pertemuan hari Rabu (11/04/2018) pagi, mahasiswa Advanced Culinary Class kembali diajarkan membuat tiga resep minuman tradisional dengan sentuhan Molecular Mixologist di Minibar Akpar Majapahit yakni Bir Pletok (Betawi), Wedang Uwuh (Jogja) dan Es Tamring (Bali). Es Tamring ini tampilannya seperti es kelapa muda.

Sementara itu, pada tatap muka hari keempat, Kamis (12/04/2018) pagi, mahasiswa Advanced Culinary Class masih dibekali tiga resep teknik meracik minuman tradisional –Sinom, Fruit Punch dan Ginger Beer-- lagi dengan pendekatan Molecular Mixologist di minibar kampus, sebelum diuji pada pertemuan hari terakhir  yang dijadwalkan pada Senin (23/04/2018) mendatang.

Melalui mata kuliah Molecular Mixologist ini, pihaknya mengajak mahasiswa untuk belajar memadukan ilmu Fisika dan Kimia minuman sehingga terciptalah aneka kreasi minuman dengan tampilan dan citarasa yang berbeda daripada teknik meracik minuman  secara klasik (konvensional).

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan sisik melik program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, BB 2AICE131, 25D164CF, 53B4EFD8, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar