twitter

Pages

Rabu, 07 Maret 2018

Tiga Dosen Ditunjuk Jadi Juri Petit Four Hasil Kreasi Mahasiswa Pastry P3 Kelas Siang



Ujian Praktik Pastry di Dapur Pastry 3 Graha Tristar

 Tiga Dosen Akpar Majapahit Ditunjuk menjadi Juri ”Petit Four” Hasil Kreasi Mahasiswa Pastry (P3) Kelas Siang
TIGA Dosen Akpar Majapahit yakni Chef Otje H. Wibowo SE., M.Par., Dewi Mariyanah M.Par dan Peter ST ditunjuk menjadi juri pada ujian praktik masak membuat aneka kreasi Petit Four yang diikuti enam mahasiswi Pastry (P3) Kelas Siang di Dapur Pastry 3 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (06/03/2018) siang.

Ketiga anggota Dewan Juri itu dengan cermat melihat satu persatu produk Petit Four hasil kreasi mahasiswa Pastry (P3) Kelas Siang yang sehari-hari diasuh oleh Chef Renny Savitri M.Par bersama asistennya, Chef Fitri Syntiadewi SE di Dapur Pastry 3. 

Tidak hanya melihat tampilannya saja, ketiga orang juri itu juga dipersilakan mencicipi satu persatu dari enam produk hasil kreasi mahasiswa Pastry (P3) Kelas Siang dengan disaksikan Chef Fitri, Chef Ita dan Chef Kristian Faskahariyanto.

Dalam ujian kali ini, ada tiga kriteria penilaian oleh Dewan Juri yang mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan, yakni creativity & plating (penampilan), texture (tekstur) dan taste (citarasa). 

Hampir semua produk Petit Four hasil kreasi mahasiswa Pastry (P3) Kelas Siang yang disajikan di meja, mulai Mushroom Cream Soup Choux, Churro Banana Mousse,  Crème Boulee Tarttlet, Red Velvet Cake with Oreo Cheese Frosting, Frozen Lime Pie dan Mac & Meat Sherpard’s Pie, tak luput dari perhatian dan dikritisi oleh tiga orang juri berdasarkan tiga aspek yakni penampilan, tekstur dan citarasanya. 

”Hal ini demi mendapatkan obyektivitas selama penilaian dan yang nilainya tertinggi memang produk pastry tersebut betul-betul cantik, menarik dan enak ditinjau dari aspek penampilan, tekstur dan citarasanya,” kata Chef Fitri Syntiadewi, usai penjurian, Selasa (06/03/2018) siang.

Sementara itu, enam mahasiswa yang maju ujian praktik membuat aneka kreasi Petit Four pada hari terakhir, Selasa (06/03/2018) siang, adalah Vebie Rahmadhani, Anastasya Chiquita, Emanuela Beatrica, Aurelia Meddy D., Dyanatun Mufidah dan Tifanny Angelina Sofaner.

Dalam ujian praktik siang itu, Vebie antusias menyiapkan Mushroom Cream Soup Choux, Anastasya membuat Churro Banana Mousse, Emanuela all out membikin Crème Boulee Tarttlet, Aurelia fokus menyiapkan Red Velvet Cake with Oreo Cheese Frosting, Dyanatun membikin produk Frozen Lime Pie dan Tifanny membuat kreasi Mac & Meat Sherpard’s Pie.

Sebelum praktik masak di Dapur Pastry 3, 30 mahasiswa Pastry (P3) Kelas Pagi dan Kelas Siang yang sehari-hari dibimbing Chef Renny Savitri dan asistennya Chef Fitri, memperoleh jatah uang belanja @ Rp 50 ribu perorang dari pihak Kampus.

Uang tersebut untuk dibelanjakan aneka bahan kue dan roti sesuai kebutuhan peserta ujian.  Kalau dananya dirasa masih kurang saat mereka berbelanja, maka peserta ujian tersebut wajib nomboki dari uang sakunya sendiri.

Selain itu setiap peserta ujian juga diminta menyerahkan resep cara membuat kreasi produk Petit Four yang akan dibuat mahasiswa Pastry Akpar Majapahit kepada dosen atau asistennya, sebelum ujian berlangsung.

Durasi ujian praktik membuat aneka kreasi Petit Four di Dapur Pastry 3 siang itu dimulai pukul 13.00 hingga pukul 16.00 WIB. Dengan waktu sekitar tiga jam, diharapkan setiap peserta ujian sudah bisa menampilkan hasil kreasinya –sudah di-plating atau di-garnish—semenarik mungkin di hadapan dewan juri.

Tiga orang juri tersebut adalah Asdir II Bidang Keuangan dan Umum Akpar Majapahit Chef Otje H. Wibowo SE., M.Par., Kaprodi D3 Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Dewi Mariyanah M.Par dan Dosen Food Service Akpar Majapahit Peter ST.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar