twitter

Pages

Selasa, 13 Maret 2018

Mahasiswa Culinary Diadu Buat Tiga Kreasi Masakan Chinese oleh Chef Yanuar



Serunya Battle Memasak Chinese Food Bersama Chef Yanuar

Mahasiswa Culinary Diadu Buat Brocolli with Crab Meat Sauce, Chashewnut Chicken dan Shanghai Mie

PADA pertemuan hari ke-16, Selasa (13/03/2018) siang, 11 mahasiswa Culinary (C3) Akpar Majapahit Kelas Siang dibagi dalam tiga kelompok. Setiap kelompok yang beranggotakan 3-4 orang, ditantang untuk memasak tiga resep Chinese Food yakni Brocolli with Crab Meat Sauce, Chashewnut Chicken dan Shanghai Mie. Battle membuat masakan Chinese Food di Dapur Culinary 3, Lantai 3, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 234 Surabaya itu waktunya dibatasi hanya satu jam.


Tanding antarkelompok dalam satu kelas itu dimulai sejak prepare bahan masakan proses memasak hingga mem-plating masakannya, sebelum hasil kreasi masakan mahasiswa tersebut disajikan di hadapan Dosen Culinary Akpar Majapahit chef Yanuar Kadaryanto SSt.Par., MM, siang kemarin.

Kelompok 1 anggotanya Elan Hilmy Pambudi, Muhammad Mirdas Al Aslamy, Ardika Dwi Permana Putra dan Annisa’ Sheilla Novita, sedangkan anggota Kelompok 2 adalah Kiki Aprilya Caisar, Gerry Viranda Suwarno dan Jonathan Wijaya Putro, serta Kelompok 3 terdiri dari Vero Fatma Wijaya, Edwin Santoso, Danu Karta Prayogo dan Widya Rissa Gozali.

Tiga kelompok mahasiswa tersebut diminta memasak Brocolli with Crab Meat Sauce, Chashewnut Chicken dan Shanghai Mie dalam waktu satu jam saja. Di sinilah keseruannya karena kekompakan (team work) menjadi salah satu tolak ukur memenangkan battle tersebut.

Setelah masing-masing personel dari ketiga kelompok itu tampil all out dan bahu membahu memasak tiga resep masak Chinese Food di Dapur Culinary 3, kemarin siang, maka masakan hasil kreasi mahasiswa itu disajikan di meja untuk dinilai oleh chef Yanuar.

Kriteria penilaiannya sendiri meliputi tiga aspek yakni penampilan & kreativitas, citarasa (taste) dan tekstur (texture). Sekitar 15 menit kemudian chef  Yanuar memutuskan bahwa yang menjadi champion-nya adalah Kelompok 3 (sukses mengantongi point 17,5), kemudian disusul Kelompok 2 (memperoleh point 16) dan yang nilainya terendah (hanya meraih point 14) adalah Kelompok 1.

Nah sebagai hukumannya, Kelompok 1 yang nilainya terendah, saya minta untuk membersihkan Dapur Culinary 3, sedangkan yang menang boleh pulang duluan,” kata chef Yanuar kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, kemarin siang.

Sekadar informasi, sejak 21 Februari lalu hingga 19 Maret 2018 mendatang, dibekali pengetahuan teknik masak 60–an resep masakan Chinese Food di Dapur Culinary 3 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

”Setiap kali tatap muka dengan mahasiswa Culinary Class di Dapur Culinary, kami rata-rata membuat tiga resep Chinese Food. Jika pembelajaran masak Chinese Food itu dilakoni 20 kali pertemuan, maka mahasiswa diajarkan membuat 60-an resep masakan Chinese Food,” kata chef Yanuar sapaan akrab Yanuar Kadaryanto.

Praktik masak Chinese Food tersebut merupakan bagian dari pembelajaran kepada mahasiswa seputar teknik memasak aneka makanan khas oriental yang citarasa dan teksturnya punya keunikan tersendiri.

Sebelum diajarkan masak aneka resep Chinese Food, mahasiswa Culinary Akpar Majapahit sudah dibekali cara pengolahan makanan Indonesia (Indonesian Food) selama 19 kali pertemuan dengan membuat 60-an resep, yang diselenggarakan mulai 22 Januari-15 Februari 2018 lalu.

Sesuai jadwal yang disusun pihak Akademik, mahasiswa Culinary Kelas Pagi dan Kelas Siang, masih akan dibekali lagi dengan praktik masak membuat aneka kreasi snack selama lima hari tatap muka yang dihelat pada 20 Maret – 26 Maret 2018 mendatang.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar