twitter

Pages

Kamis, 22 Maret 2018

Mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute Persembahkan Aneka Kreasi Breads & Cakes


Hari Terakhir Ujian Praktik Buat Aneka Kreasi Breads & Cakes

Empat Mahasiswa S1 Tekpan Persembahkan Brownies Nutella, Galaxy Mirror Cake, Mini Pumpkin Cake dan Swedish Princess Cake

PADA ujian praktik hari terakhir, Kamis (22/03/2018) pagi di Dapur Pastry 2, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, empat mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute –Mafaza, Andre Prakoso, Risman Sumantri dan Ira Nur Khumairah-- yang diasuh chef Arwati SE giliran yang tampil membuat aneka kreasi Breeads & Cakes versi mereka sendiri.


Dalam ujian praktik membuat aneka kreasi Breads & Cakes dengan sentuhan Food Technology tersebut, Faza sapaan akrab Mafaza tampil all out membuat Brownies Nutella, kemudian Andre Prakoso fokus menyiapkan kreasinya yang diberi nama Galaxy Mirror Cake. Sedangkan Ira Nur Khumairah antusias membuat kreasinya yang berjudul Swedish Princess Cake dan Risman Sumanti tampil percaya diri ketika membuat Mini Pumpkin Cake with Toasted Lemon Meringue Frosting.

Dalam ujian praktik membuat aneka kreasi Breads & Cakes dengan sentuhan Food Technology yang dihelat selama empat hari itu, setiap peserta mendapat uang belanja bahan roti dan kue sebesar Rp 100 ribu dari pihak Akademik.

Sebelum ujian, sejumlah mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute melakukan uji coba (trial) lebih dulu di Dapur Pastry 2, untuk memastikan bahwa resep membuat Breads & Cakes itu sudah sesuai harapan.

Dalam ujian membuat aneka kreasi Breads & Cakes itu, chef Arwati memberi batas waktu ujian praktik masak di Dapur Pastry 2 kepada peserta ujian sekitar tiga jam, mulai pukul 09.00-12.00 WIB. Ada 15 mahasiswa S1 Tekpan yang maju ujian. Mereka dibagi dalam empat sesi ujian. Masing-masing sesi ujian diikuti 3-4 orang karena pada ujian tersebut mereka tampil secara individual, tidak lagi secara berkelompok seperti pada saat praktik masak di hari-hari biasa.

Sementara itu, tiga orang juri yang dihadirkan pada ujian praktik hari terakhir, Kamis (22/03/2018) siang itu adalah Otje Herman Wibowo SE., M.Par., Renny Savitri M.Par dan R. Paulus W. Soetrisno M.Par.

Ada tiga kriteria penilaian terhadap hasil kreasi mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute yakni aspek Creativity & Plating, Texture dan Taste. Kriteria penilaian itu mengacu pada standar industri perhotelan. ”Dengan mengacu standard operation procedure (SOP), maka S1 Tekpan Tristar Institute semakin terbiasa bekerja di dapur sesuai standar industri perhotelan,” kata chef Arwati di dampingi asistennya, Felicia, kemarin siang.

Dalam kesempatan itu, masing-masing peserta ujian diminta untuk mempresentasikan cara membuat cake di hadapan tiga juri di Dapur Pastry 2. Para juri itu juga mengkritisi setiap produk cake hasil kreasi mahasiswa S1 tekpan Tristar Institute dari aspek Creativity & Plating, Texture dan Taste-nya.

Selain kritik, pujian pun diberikan oleh chef Otje, sapaan Otje Herman Wibowo SE., M.Par kepada dua produk cake hasil kreasi Risman Sumantri dan Ira Nur Khumairah, yakni Mini Pumpkin Cake with Toasted Lemon Meringue Frosting dan Swedish Princess Cake, karena tampilannya di atas rata-rata.

Sementara itu pada ujian praktik membuat kreasi Breads & Cakes, pada sesi ketiga yang dihelat Rabu (21/03/2018) pagi, diikuti empat orang yakni Johanes Baptista, Wirawan Tantono, Tri Safira Febriyanti dan Theresia Prostalia Wirani.

Bang Jo, sapaan akrab Johanes tampil all out membuat kreasi bread yang diberi nama Ubi Bread (raih nilai 78,0), sedangkan Wirawan fokus menyiapkan kreasi cake-nya yang diberi titel Banana Mousse Cake (raih nilai 78,7). Selanjutnya, Tri Safira antusias membuat kreasi cake yang diberi nama Beng-beng Cake (raih nilai 77,7) dan Rani membuat kreasi cake yang berjudul Orange Cake (raih nilai 78,2).

”Tim juri yang tampil untuk memberikan penilaian pada ujian hari ketiga adalah Otje Herman Wibowo SE, M.Par., Renny Savitri M.Par dan Imania Ayu Wulandari MM.Par,” pungkas chef Arwati kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Institute, silakan datang langsung ke Kampus S1 Tekpan Tristar Institute cq Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar