twitter

Pages

Selasa, 20 Maret 2018

Mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute Diuji Buat Aneka Kreasi Breads & Cakes



Serunya Ujian Praktik Buat Aneka Kreasi Breads & Cakes

Chef Arwati Uji 15 Mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute Buat Aneka Kreasi ”Breads & Cakes” di Dapur Pastry 2

SETELAH belajar membuat aneka kreasi breads, cakes, petit four dan kue tradisional,  selama Triwulan I Tahun 2018, bersama chef Arwati SE., sekarang giliran 15 mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute diuji membuat aneka kreasi Breads & Cakes dengan sentuhan Food Technology versi mereka sendiri di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


15 mahasiswa S1 Tekpan itu dibagi dalam empat sesi ujian. Masing-masing sesi ujian diikuti 3-4 orang karena pada ujian tersebut mereka tampil secara individual tidak lagi secara berkelompok seperti pada saat praktik masak di hari-hari biasa.

Dalam ujian praktik kali ini, setiap peserta mendapat uang belanja bahan roti dan kue sebesar Rp 100 ribu dari pihak Akademik. Sebelum ujian, sejumlah mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute melakukan uji coba (trial) lebih dulu di Dapur Pastry 2, untuk memastikan bahwa resep membuat Breads & Cakes itu sudah sesuai harapan.

Ujian praktik membuat kreasi Breads & Cakes, sesi pertama dihelat pada hari Senin (19/03/2018) pagi diikuti tiga orang yakni Maria, Nugie dan Ryan. Maria all out membuat kreasi cake yang diberi nama Apple Crumble with Honey Mousse (raih nilai 82,2).

Sedangkan Nugie fokus menyiapkan kreasi cake-nya yang diberi titel Kolak Sumsum Pinata Cake (raih nilai 75,5) dan Ryan antusias membuat kreasi cake unggulannya yang bertajuk Onde-onde Cake (raih nilai 83,3).

Tim juri yang tampil untuk memberikan penilaian pada ujian hari pertama adalah Otje Herman Wibowo SE, M.Par., R. Paulus W. Soetrisno M.Par., dan Elizabeth S.Pd. Ada tiga aspek penilaian terhadap hasil kreasi mahasiswa tersebut yakni Creativity & Plating, Texture dan Taste.

Sementara itu pada ujian sesi kedua, Selasa (20/03/2018) pagi di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar, menghadirkan empat mahasiswa yakni Arinil Haq, Juan Valensia, Rana dan Yola.
Arinil berupaya keras untuk tampil all out demi membuat aneka kreasi Italian Seasoning Cake yang terbaik pada ujian praktik yang dihelat pada Selasa (20/03/2018) pagi. Sedangkan Juan tampak serius saat mempersiapkan kreasi masakannya yang bertajuk Bienenstich Cake (Cake Sarang Lebah)

Hal sama juga ditunjukkan Rana  dan Yola saat ujian praktik membuat kreasi Breads & Cakes. Rana berupaya keras untuk tampil all out ketika membuat kreasi cakes yang diberi nama Teh Tarik Cake, sedangkan Yola antusias menyiapkan Es Teller Cake saat ujian praktik masak di Dapur Pastry 2.

Dalam ujian membuat kreasi Breads & Cakes itu, chef Arwati memberi batas waktu ujian praktik masak di Dapur Pastry 2 bagi mahasiswa peserta sekitar tiga jam, mulai pukul 09.00-12.00 WIB.

Tiga orang juri yang dihadirkan pada ujian praktik hari kedua, Selasa (20/03/2018) siang itu adalah Hedy Wahidin Saleh SH, MBA, MSi.Par., Renny Savitri M.Par dan Elizabeth S.Pd.

Sedikitnya ada tiga kriteria penilaian terhadap hasil kreasi mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute yakni aspek kreativitas & penampilan, tekstur dan citarasa. Kriteria penilaian ini mengacu pada standar industri.

”Dengan mengacu standard operation procedure (SOP), maka mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute semakin terbiasa bekerja di dapur sesuai standar industri perhotelan,” kata chef Arwati di dampingi asistennya, Felicia, kemarin siang.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Institute, silakan datang langsung ke Kampus S1 Tekpan Tristar Institute cq Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar