twitter

Pages

Senin, 12 Maret 2018

Mahasiswa Culinary Class Praktik Masak Chinese Food Bersama Chef Ari Purwantoro



Hebohnya Belajar Memasak Chinese Food Bersama Chef Ari

Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Praktik Masak Buat Angsio Tahu, Cantonese Vermicelli dan Siokee

MAHASISWA Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi (C1) yang diasuh oleh chef Ari Purwantoro SSt.Par., MM, sejak 21 Februari lalu hingga 19 Maret 2018 mendatang, dibekali pengetahuan teknik masak 60–an resep masakan Chinese Food di Dapur Culinary 1, Lantai 3, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


”Setiap kali tatap muka dengan mahasiswa Culinary Class di Dapur Culinary, kami rata-rata membuat tiga resep Chinese Food. Jika pembelajaran masak makanan Chinese Food itu dilakoni 20 kali pertemuan, maka mahasiswa diajarkan membuat 60-an resep masakan Chinese Food,” kata chef Ari  kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Jumat (09/03/2018) pagi.

Praktik masak Chinese Food tersebut merupakan bagian dari pembelajaran kepada 13 mahasiswa Culinary Kelas Pagi (C1) seputar teknik memasak aneka makanan khas oriental yang citarasa dan teksturnya punya keunikan tersendiri.

Sebelum diajarkan masak aneka resep Chinese Food, mahasiswa Culinary Akpar Majapahit sudah dibekali cara pengolahan makanan Indonesia (Indonesia Food) selama 19 kali pertemuan dengan membuat 60-an resep, yang diselenggarakan mulai 22 Januari-15 Februari 2018 lalu.

Sesuai jadwal yang disusun pihak Akademik, mahasiswa Culinary Kelas Pagi dan Kelas Siang, masih akan dibekali lagi dengan praktik masak membuat aneka kreasi snack selama lima hari tatap muka yang dihelat pada 20 Maret – 26 Maret 2018 mendatang.

Pada pertemuan hari ke-13, Kamis (08/03/2018), pekan lalu, chef Ari mengajarkan anak didiknya memasak tiga resep Chinese Food yakni Cantonese Rice, Saute Kaylan with Oyster Sauce & Chicken with Longan di Dapur Pastry 3.

”Sedangkan pada tatap muka hari ke-14, Jumat (09/03/2018) pagi, kami berbagi ilmu cara memasak Angsio Tahu, Cantonese Vermicelli dan Siokee dari ayam utuh,” kata chef Ari sapaan akrab Dosen Culinary Akpar Majapahit di Dapur Culinary 3.

13 mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi yang hadir pagi itu dibagi dua kelompok. Setiap kelompok anggotanya terdiri dari 6-7 orang. Kelompok 1 yang beranggotakan enam orang, dibagi tiga sub kelompok masing-masing beranggotakan dua orang.  Mereka kebagian tugas membuat Angsio Tofu, Cantonese Vermicelli dan Siokee.

Begitu juga dengan Kelompok 2 yang terdiri dari tujuh mahasiswa, juga dibagi tiga sub kelompok, masing-masing beranggotakan 2-3 orang. Mereka pun kebagian tugas memasak menu yang sama yakni Angsio Tofu, Cantonese Vermicelli dan Siokee.

Untuk mengetahui siapa yang terbaik masakannya dari aspek tekstur, rasa dan penampilan plating-nya maka kedua kelompok itu tampil all out. Hal itu terlihat jelas sejak dari prepare bahan masakan di Store (Toko 9), memasak sesuai arahan dosen pembimbing hingga menyajikan masakan yang sudah di-plating di hadapan dosen pembimbing untuk dikritisi hasil kreasi masakannya.

Masih menurut chef Ari Purwantoro, penilaian tersebut meliputi tiga aspek yakni cita rasa, tampilan dan kreativitas, sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

”Selain itu, mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit juga kami bekali pengetahuan tentang pentingnya aspek higienis dan sanitasi. Makanan yang higienis dihasilkan dari lingkungan dapur yang bersih seperti yang diaplikasikan pada industri perhotelan,” pungkasnya.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar