twitter

Pages

Rabu, 14 Maret 2018

Mahasiswa Advanced Pastry Class Diuji Buat Kreasi Baru Lemper dan Getuk oleh Chef Vivi



Dari Ujian Praktik Buat Kreasi Kue Tradisional Modern 

 Mahasiswa Advanced Pastry Class Persembahkan Balinese Lemper Sushi dan Getuk Chickerboard & Getuk Goreng Krispi


SETELAH dibekali pengetahuan seputar teknik membuat kue Tradisional Modern pekan lalu, tepatnya mulai Selasa (06/03/2018) hingga Jumat (09/03/2018) oleh chef Laurentia Vivi S.Pd., MM.Par., giliran pada hari Senin (12/03/2018) siang, mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit diuji membuat kue kreasi baru menurut versi mereka sendiri di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Dua mahasiswa Advanced Pastry Class, Delvina Sascia Putri dan Abigail Gabriela berupaya tampil all out ketika menyiapkan kreasi kue tradisional dengan sentuhan  modern pada ujian praktik masak di Dapur Pastry 2, sejak persiapan bahan membuat kue, proses memasak hingga mem-plating masakan olahan kue hasil kreasinya sendiri.

Pada ujian praktik tersebut, Gabby, sapaan akrab Abigail Gabriela fokus menyiapkan kreasi kue lemper yang diberi nama Balinese Lemper Sushi, sedangkan Delvina Sascia Putri yang biasa dipanggil Sascia, all out membuat kreasi getuk yang diberi titel Getuk Chickerboard & Getuk Goreng Krispi.

Dengan sentuhan tangan dingin Gabby, kue tradisional lemper (berbahan nasi punel) tampil beda karena mengikuti trend kekinian yang terkesan modern, berkelas dan bercitarasa istimewa. Tampilan modern dari Balinese Lemper Sushi persembahan dari mahasiswi berwajah cantik ini tentunya bakal disuka konsumen.

Hal senada juga ditunjukkan Sascia yang sukses mengkreasi getuk, kue tradisional berbasis singkong, menjadi dua buah tampilan jajanan modern yang kekinian banget dan elegan, yakni Geduk Chickerboard dan Getuk Goreng Krispi pada saat ujian praktik di Dapur Pastry 2, Senin (12/03/2018) siang.

Demi mengkreasi kue tradisional lemper dan getuk tampil beda berkat sentuhan modern pembuatannya, maka ujian praktik yang dilakoni mahasiswa Advanced Pastry Class tersebut membutuhkan waktu sekitar tiga jam.

”Meski ada embel-embel kata tradisional, namun aneka produk kue tradisional modern yang kami buat, boleh diadu dengan produk pastry kekinian yang lagi nge-trend di pasaran,” kata Gabby, usai ujian praktik masak, Senin (12/03/2018) siang.

”Pasalnya dengan sentuhan modern baik dari aspek teknik membuat maupun pemilihan bahan bakunya, maka tampilan Balinese Lemper Sushi dan Getuk Chickerboard & Getuk Goreng Krispi terkesan berkelas, elegan dan bercitarasa tinggi,” tambah Sascia saat mendampingi rekannya di Dapur Pastry 2.

Dalam ujian praktik membuat kreasi kue Tradisional Modern itu, chef Laurentia Vivi yang biasa disapa chef Vivi itu memberi batas waktu ujian praktik masak di Dapur Pastry 2 sekitar tiga jam, mulai pukul 13.00-16.00 WIB.

Sedikitnya ada tiga kriteria penilaian terhadap hasil kreasi mahasiswa Advanced Pastry Class yakni aspek citarasa, tekstur, penampilan dan kebersihan. Kriteria penilaian ini mengacu pada standar industri.

”Dengan mengacu standard operation procedure (SOP), maka mahasiswa Advanced Pastry Class semakin terbiasa bekerja di dapur sesuai standar industri perhotelan,” kata chef Vivi di dampingi asistennya, Felicia, Senin (12/03/2018) siang.

Sekadar informasi, pada pertemuan hari keempat, Jumat (09/03/2018, akhir pekan lalu, mahasiswa Advanced Pastry Class, kembali diajarkan cara membuat Carabikang Mekrok dan Lapis Tenun oleh chef Vivi, sapaan akrab Laurentia Vivi kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya.

Sementara itu pada tatap muka hari pertama (Selasa, 06/03/2018), kedua (Rabu, 07/03/2018) dan ketiga (Kamis, 08/03/2018), mahasiswa Advanced Pastry Class berturut-turut telah dibekali teknik membuat Mini Rainbow Roll, Martabak Mozarella, Klepon Sangrai, Putu Belanda, Es Krim Kukus, Rondo Royal Biscuit dan Martabak Bolu Charcoal.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar