twitter

Pages

Senin, 05 Maret 2018

Mahasiswa Advanced Pastry Class Diuji Buat Kreasi The Present Cakes oleh Chef Vivi



Ujian Praktik Buat Kreasi The Present Dessert Bersama Chef Vivi

Mahasiswa Advanced Pastry Class Persembahkan ”Rainbow Klepon Cake dan Éclair Chicken Salted Egg”

SETELAH belajar membuat aneka kreasi The Present Dessert selama empat kali pertemuan mulai Selasa (27/02/2018) hingga Jumat (02/03/2018) siang bersama chef Laurentia Vivi S.Pd., M.MPar., mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit giliran diuji membuat aneka kreasi The Present Dessert versi mereka sendiri di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Dua mahasiswa Advanced Pastry Class, Delvina Sascia Putri dan Abigail Gabriela berupaya keras untuk tampil all out demi membuat aneka kreasi The Present Dessert yang terbaik pada ujian praktik yang dihelat pada Senin (05/03/2018) siang.

Cia, sapaan akrab Delvina Sascia Putri tampak serius saat mempersiapkan bahan baku masakan yang diambil dari store (Toko 9), proses pengerjaannya di Dapur Pastry 2 hingga mem-plating kreasi masakannya yang bertajuk Éclair Chicken Salted Egg.

Hal sama juga ditunjukkan Abigail Gabriela yang akrab disapa Gaby. Mahasiswi berwajah cantik ini all out membuat kreasi The Present Dessert yang diberi nama Rainbow Klepon Cake di Dapur Pastry 2.

Dalam ujian praktik membuat kreasi The Present Dessert itu, chef Laurentia Vivi yang biasa disapa chef Vivi itu memberi batas waktu ujian praktik masak di Dapur Pastry 2 sekitar 3-4 jam, mulai pukul 13.00-17.00 WIB.

Sedikitnya ada tiga kriteria penilaian terhadap hasil kreasi mahasiswa Advanced Pastry Class yakni aspek citarasa, tekstur, penampilan dan kebersihan. Kriteria penilaian ini mengacu pada standar industri.

”Dengan mengacu standard operation procedure (SOP), maka mahasiswa Advanced Pastry Class semakin terbiasa bekerja di dapur sesuai standar industri perhotelan,” kata chef Vivi di dampingi asistennya, Felicia, Jumat (05/03/2018) siang.

Sekadar informasi, pada tatap muka hari pertama,  Selasa (27/02/2018) siang dengan materi antara lain teori dan praktik seputar sisik melik aneka kreasi produk The Present Dessert desain kekinian yang sangat disuka konsumen.

Pada praktik hari pertama itu, mahasiswa Advanced Pastry Class diajarkan membuat dua kreasi menu The Present Cakes yakni Roll Lapis Legit dan Roll Lapis Surabaya di Dapur Pastry 2 oleh chef Vivi di dampingi asistennya, Shelvi.

Giliran pada pertemuan hari kedua, Rabu (28/02/2018) siang, chef Vivi berbagi ilmu dengan anak didiknya cara membuat dua kreasi The Present Dessert yakni Pizza Risolle dan Pandan Choux Sobek di Dapur Pastry 2.

Selanjutnya pada tatap muka hari ketiga, Kamis (01/03/2018) siang, chef Vivi dan asistennya membekali anak didiknya teknik membuat Alphabet Cake dan Numeric Cake. Dua resep ini merupakan bagian dari pengembangan kreasi The Present Dessert.

”Sedangkan pada pertemuan hari keempat, Jumat (02/03/2018) siang, mahasiswa Advanced Pastry Class, kami ajarkan cara membuat Rainbow Polkadot Pudding dan Exotic Polkadot Pudding,” terang chef Vivi kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya.

Sementara itu, setelah membekali anak didiknya cara membuat berbagai kreasi The Present Dessert masih ada dua materi yang siap diajarkan chef Vivi kepada mahasiswa Advanced Pastry Class di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya. Dua materi tersebut adalah Traditional Modern dan Easter Dessert Corner.

Sebelumnya, mahasiswa Advanced Pastry Class ini sudah diajarkan pengetahuan dan praktik membuat aneka kreasi Butter Cream Decoration (Chef Fitri), Entrepreneur (Chef Anastasia), Commercial Savoury Snacks (Chef Ernawati), Jam & Candy (Chef Rachma), Commercial Custom Breads (Chef Jeffry dari Elmer Chocolate) dan Hot & Cold Pudding (Chef Fitri).

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar