twitter

Pages

Minggu, 18 Februari 2018

Mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute Buat Aneka Kreasi Pastry Art



Belajar Pastry Art Bersama Chef Arwati di Graha Tristar

Mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute Praktik Buat Aneka Kreasi Pastry Art dengan Sentuhan Food Technology

SELAMA lima hari pertemuan, tepatnya mulai Kamis (08/02/2018) pagi sampai Kamis (15/02/2018) pagi, 16 mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute praktik membuat aneka kreasi Pastry Art dengan sentuhan food technology desain kekinian di Dapur Pastry 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya dengan arahan chef Arwati SE.


Pembelajaran Pastry Art ini merupakan pengembangan produk dari produk pastry yang lebih detail dengan penambahan aneka kreasi (arts) seperti motif batik, garmbar kartun, lukisan bunga, satwa dan sebagainya.

”Aplikasi di Dapur Pastry sebetulnya tidak sesulit yang dibayangkan karena ini merupakan kreasi dari pengembangan produk pastry yang telah diajarkan kepada mahasiswa,” kata chef Arwati di Dapur Pastry 2 Graha Tristar.

Sedikitnya ada 13 kreasi Pastry Art yang dipelajari mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute selama lima kali tatap muka tersebut. Pada pertemuan hari pertama, Kamis (08/02/2018) kemarin, mereka diajarkan membuat tiga resep Doughnut Art, yakni Berliner Character, Doughnut Cartoon dan Doughnut Character.

Aneka kreasi Pastry Art yang diajarkan kepada mahasiswa itu menggunakan pendekatan food technology karena mereka fokus mendalami materi perkuliahan S1-nya Teknologi Pangan.

”Namun demi memperkaya pengetahuan mereka, maka setiap praktik masak di Dapur Pastry maupun Dapur Culinary ini acuannya adalah Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” kata chef Arwati kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Senin (12/02/2018).

Sementara itu, pada pertemuan kedua, Senin (12/02/2018) pagi ini, chef Arwati, berbagi ilmu cara membuat Roll Batrik Creations yang meliputi tiga item yakni Roll Cake Motif Batik, Roll Cake Cartoon dan Roll Cake Basah Gendong, bersama mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute.

”Untuk filling-nya sendiri terdiri dari Chocolate, Strawberry dan Whipped Cream. Namun jika ingin filling-nya lain dari yang ditampilkan di Buku Ajar (Silabus) juga tidak masalah. Mahasiswa bisa mengkreasi filling Roll Cake dari Blueberry, Kismis dan sebagainya,” terang chef senior ini.

Kalau melihat filling-nya, lanjut chef Arwati, Roll Cake yang dibuat mahasiswa S1 Tekpan ini harganya bisa mencapai Rp 50 ribuan per roll dengan panjang 30 cm dan diameter 10 cm, karena filling-nya termasuk bahan kelas premium (rasa enak dan motifnya lebih kaya), jadi wajarlah jika harganya lebih mahal.

Sedangkan di bakery shop kawasan pinggiran, Roll Cake dengan filling pasaran seperti aroma pandan dan kismis, karena itu harga Roll Cake hanya dibandrol Rp 15 ribu hingga 25 ribuan per roll-nya.

Sementara itu pada tatap muka hari ketiga, Selasa (13/02/2018) pagi, mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute diajarkan teknik membuat Pro Character Animal, Pro Character Cartoon dan Pro Character Fruit.

Selanjutnya pada pertemuan hari keempat, Rabu (14/02/2018) pagi, chef Arwati kembali berbagi ilmu dengan anak didiknya di Dapur Pastry 2 Graha Tristar membuat tiga kreasi Pastry Art yakni Choco Steam Cake Character, Cheese Steam Cake Character dan Strawberry Steam Cake Character.

Pada tatap muka hari terakhir, Kamis (15/02/2018) pagi, giliran chef Arwati yang tampil all out ketika mendemontrasikan cara membuat Occasion Special Cake di hadapan mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute di Dapur Pastry 2 Graha Tristar.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus S1 Tekpan Tristar Institute cq Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar