twitter

Pages

Sabtu, 03 Februari 2018

Mahasiswa Advanced Pastry Class Praktik Masak Buat Commercial Savoury Snacks



Belajar Bersama Chef Ernawati MM.Par di Dapur Pastry 2

Mahasiswa Advanced Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang Diajarkan Cara Buat Commercial Savoury Snacks

PADA pertemuan pekan ketiga, mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit giliran dibekali pengetahuan seputar teknik membuat Commercial Savoury Snacks di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, di bawah bimbingan chef Ernawati MM.Par. Praktik masak tersebut dihelat selama lima kali pertemuan terhitung mulai Senin (29/01/2018) hingga Jumat (02/02/2018).

Dua mahasiswa Advanced Pastry Class, Delvina Sascia Putri dan Abigail Gabriela tampil all out demi mempratikkan cara membuat Commercial Savoury Snacks yang renyah dan gurih, sejak tatap muka hari pertama, Senin (29/01/2018) dengan membuat dua resep kudapan (Snacks) yakni Bakwan Goreng Seaweed dan Bakwan Goreng Udang.

Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Selasa (30/01/2018) siang, chef Erna berbagi ilmu cara membuat dua resep lumpia, yakni Lumpia Semarang dan Lumpia Udang Mayonnaise lengkap dengan Tauco Sauce-nya di Dapur Pastry 2.

Selanjutnya pada pertemuan hari ketiga, Rabu (31/01/2018) siang, mahasiswa Advanced Pastry Class kembali belajar membuat Bakso Cilok dan Tahu Cilok + Chili Peanut Sauce-nya bersama chef Ernawati MM.Par. bersama asistennya, Felicia dan seorang cook helper.

Sementara itu pada tatap muka hari keempat, Kamis (01/02/2018) siang, chef Ernawati dan asistennya membekali dua orang nak didiknya teknik membuat Pangsit Goreng Cilok dan Sambal Cabe (Hot Chili) yang disukai berbagai kalangan mulai anak-anak hingga orang dewasa.

“Sedangkan pada pertemuan hari terakhir, Jumat (02/02/2018) siang, mahasiswa Advanced Pastry Class diuji membuat kreasi masakan berbasis Commercial Savoury Snacks seperti yang telah kami ajarkan sebelumnya,” kata chef Erna, sapaan akrab Ernawati MM.Par.kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, kemarin siang.

Ujian praktik masak di Dapur Pastry 2 waktunya dibatasi sekitar 1,5 jam, sejak persiapan memilih bahan, proses memasaknya sendiri hingga mem-plating masakan sebelum hasil kreasinya itu disajikan di meja, untuk dinilai dosen penguji.

Abigail Gabriela yang akrab disapa Gabby dan Sascia sapaan karib Delvia Sascia Putri, peserta ujian praktik masak itu berupaya keras untuk tampil all out, sejak persiapan memasak hingga mem-plating hasil masakannya, sebelum masakan tersebut disajikan dan dinilai chef Ernawati MM.Par.

Setelah semua tahapan dari proses masak selesai, maka masakan hasil kreasi mahasiswa tersebut selanjutnya di-plating sesuai kreasinya masing-masing. Hasil kreasi masakan itu kemudian dinilai dari aspek citarasa, tekstur dan penampilan. Kriteria penilaian ini mengacu pada standar industri perhotelan.




Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar