twitter

Pages

Minggu, 21 Januari 2018

Sinergi dengan Akpar Majapahit, ATPI Buka Pelatihan System Package Tour



Upaya untuk Meningkatkan Kualitas SDM Tour Planner 

15 Travel Agent di Jatim Bersepakat Dirikan ATPI, Buka Pelatihan Sinergi dengan Akademi Pariwisata Majapahit

DEMI meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Biro Perjalanan Wisata (BPW) terutama bidang tour planner, 15 Perusahaan Tour & Travel di Jatim bersepakat mendirikan Asosiasi Tour Planner Indonesia (ATPI). Lembaga baru yang diketuai Mochtar Yusro ini juga berkolaborasi dengan Akademi Pariwisata Majapahit yang berkampus di Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Ketua Umum Asosiasi Tour Planner Indonesia (ATPI) Mochtar Yusro mengemukakan hal itu kepada kru www.culinarynews.info, disela-sela acara Peresmian ATPI sekaligus Rapat Koordinasi Pengurus dan Anggota ATPI di Gedung Graha Tristar, Minggu (21/01/2018) siang. 

Pendirian lembaga baru yang dimotori oleh 15 Perusahaan Tour & Travel di Jatim, selain telah di-akte notaris-kan pada Notaris Robertus Radio Poetra SH., M.Kn dengan No. 2 Tanggal 5 Desember 2017, juga sudah disahkan berdasarkan SK Menkumham No. AHU-0000591.AH.01.07.Tahun 2018 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Asosiasi Tour Planner Indonesia tertanggal 18 Januari 2018.

”SK Pengesahan Pendirian ATPI oleh Menkumham tersebut diterbitkan di Jakarta dan ditandatangani oleh Plt Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kantor Kementerian Hukum dan Ham RI, Dr Freddy Harris SH, LLM., ACCS. Ini berarti aspek legalitasnya sudah clear,” kata Mochtar yang dikenal sebagai Dosen Luar Biasa Akpar Majapahit dan Direktur Trans Java Express.

Dalam kepengurusan ATPI masa bakti 2018-2022, pihaknya juga menggandeng akademisi yakni Asisten Direktur (Asdir) I Bidang Pendidikan Akpar Majapahit Hedy Wahidin Saleh SH, MBA, MSi.Par sebagai Ketua Dewan Penasihat ATPI. 

Menurut Mochtar Yusro, visi dan misi ATPI ini ingin menyiapkan SDM tour planner yang profesional. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, maka pihaknya menggandeng lembaga pendidikan menengah dan tinggi seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Akademi di Surabaya dan daerah lain di Jatim yang punya Prodi Kepariwisataan.

Untuk menjadi SDM tour planner yang andal, lulusan SMK maupun D3 Pariwisata masih harus dibekali pengetahuan seputar sisik melik tentang tour planner. Karena itu, dalam program kerja ATPI yang mendesak saat ini, kami membuka program pelatihan bertajuk System Tour package bagi lulusan SMK Pariwisata dan D3 Pariwisata selama tiga hari dengan biaya terjangkau. 

”Target pesertanya sendiri kami tidak muluk-muluk koq. Bisa menjaring peserta pelatihan System Tour Package sebanyak 15 orang saja sudah bagus. Kelas kecil itu pun sudah bisa langsung running,” tandas Dosen Air Ticketing tersebut.

Kehadiran ATPI ini sebetulnya sebagai jawaban atas keprihatinan 15 Perusahaan Tour & Travel –sebagai founder ATPI—atas rendahnya kualitas SDM tour planner di Jatim. Tanpa dibekali pengetahuan yang cukup dan mumpuni, mereka bondho nekad (bonek) meng-handle tour package (paket wisata) dan membawa wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

”Kondisi ini tentu sangat riskan bagi eksistensi bisnis tour & travel yang mendepankan kepercayaan mengingat usaha ini merupakan bisnis jasa. Jika pelayanannya tidak profesional untuk tidak mengatakan buruk dan memprihatinkan, justru merugikan nama baik Indonesia yang lagi gencar-gencarnya mempromosikan destinasi wisata Tanah Air ke luar negeri,” terang Muchtar Yusro di dampingi M. Rizal Supriadi, Ketua Panitia Peresmian ATPI di Gedung Graha Tristar, kemarin.  

Untuk instruktur pelatihan tour planner sendiri, pihaknya melibatkan akademisi dan asesor pariwisata seperti, Hedy Wahidin Saleh, Dewi Mariyanah dan Gatot Harjoso (Akpar Majapahit), Wiwik Fatmawati, Hj. Rochimah, Heri Mujiono dan Sugiono (Asesor Usaha Perjalanan Wisata) dan sejumlah praktisi bisnis Tour & Travel di Surabaya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar