twitter

Pages

Selasa, 16 Januari 2018

Senat Mahasiswa Akpar Majapahit Sinergi dengan ICOSU Bantu Korban Banjir Pacitan



Kolaborasi antara Senat Mahasiswa Akpar Majapahit dan ICOSU 

 ICOSU Touring Sambil Bakti Sosial, Sasar Korban Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Kabupaten Pacitan

PADA penghujung tahun 2017, tepatnya hari Selasa (26/12/2017) malam hingga Rabu (27/01/2017) sore, rombongan anggota Itasha Community Surabaya (ICOSU) –komunitas pemotor yang berstiker anime—mengadakan touring dari Surabaya-Tulungagung-Pacitan-Ponorogo-Madiun-Surabaya. Agenda touring itu sambil menggelar bakti sosial (baksos) untuk membantu korban banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Pacitan.


Salah satu anggota Itasha Community Surabaya (ICOSU) adalah Kemal Adrian. Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester I ini tersentuh dengan penderitaan warga Pacitan, khususnya korban banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Pacitan, dengan menggelar bakti sosial sebagai bentuk kepedulian sosial sekaligus ingin berbagi kebahagiaan dengan sesama.

Sebelum berangkat ke Pacitan, Kemal Adrian sounding lebih dulu dengan Ketua Senat Mahasiswa Akpar Majapahit Periode 2017/2018, Andre Prakoso dan jajaran pengurus lainnya terkait rencananya menghelat kegiatan bakti sosial ke Pacitan.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Gagasan Kemal Adrian itu direspons positif oleh Ketua Senat Mahasiswa Akpar Majapahit untuk membantu menghimpun sumbangan dana dari anggota Senat sendiri maupun mahasiswa Akpar Majapahit dan Tristar Institute Kaliwaron (Tristar Group), demi meringankan penderitaan korban banjir bandang dan tanah longsor di Pacitan.

Setelah Senat Mahasiswa Akpar Majapahit Periode 2017/2018 sukses menghelat kegiatan bakti sosial dengan mengunjungi PA Bhakti Luhur Cabang Sidoarjo Jl. Kapuas Blok F1-22 Kompleks Perumahan Wisma Tropodo Sidoarjo pada Selasa (14/12/2017) pagi, giliran selanjutnya kegiatan bakti sosial dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-10 Akpar Majapahit itu dipungkasi dengan mengadakan kunjungan bakti sosial ke Pacitan.

Setelah mendapat lampu hijau dari Ketua Senat Mahasiswa Akpar Majapahit dan mendapat amanat dari rekan-rekan sesama mahasiswa Akpar Majapahit dan Tristar Institute Kaliwaron khususnya, Kemal Adrian bersama Ketua BEM Akpar Majapahit 2013, Areinta, langsung action di lapangan.

Selain itu, pihaknya juga berhasil menghimpun sumbangan berupa uang tunai dari pengguna jalan di kawasan Jembatan Nginden Surabaya dan sejumlah akses jalan strategis di Kota Sidoarjo. Kepedulian para pengguna jalan semakin  memotivasi dirinya untuk meneruskan kepercayaan ini kepada para korban banjir bandang dan tanah longsor di Pacitan secepatnya.

Bersama anggota ICOSU yang lain dan YPPI Surabaya yang dimotori Ismoyo Ilham, mereka pun masih urunan lagi untuk membeli sembako berupa beras, gula pasir, mie instan, kecap, minyak goreng, kopi, susu hingga sabun detergen dan membawa uang tunai sekitar Rp 2 jutaan hasil sumbangan mahasiswa untuk disalurkan kepada korban banjir bandang dan tanah longsor di Pacitan. 

Setelah semua persiapan ke Pacitan sudah beres, Panitia Kecil yang mengusung acara bakti sosial itu dengan tema We Share because We Care for Pacitan  menyiagakan dua unit mobil pick up Suzuki Futura dan Ford Ranger Double Cabin  plus sembilan unit motor milik anggota ICOSU.

Rombongan peserta touring itu bertolak dari Surabaya ke Pacitan lewat Tulungagung hari Selasa (26/12/2017) malam sekitar pukul 21.00. Perjalanan darat dari Surabaya ke Tulungagung, sekitar empat jam dan rombongan sampai di Tulungagung Rabu (27/12/2017) dini hari, sekitar pukul  01.00 WIB dan beristirahat di sana.

Rombongan melanjutkan perjalanan dari Tulungagung ke Pacitan pagi harinya, sekitar pukul 07.00 WIB menyusuri Jalur Lintas Selatan (JLS) berkelok-kelok dengan menawarkan keindahan alam perbukitan kapur dan merdunya suara deburan ombak Pantai Selatan Jawa yang spektakuler.

Usai menyusuri JLS sekitar enam jam dari Tulungagung hingga Pacitan, rombongan sampai di Kantor Pengurus Cabang PMII Jl. Veteran No. 20 Pacitan dan disambut oleh Winaryo, Ketua Umum PMII Kabupaten Pacitan dan segenap jajaran pengurusnya, sekitar pukul 13.00 WIB.

Setelah mengikuti acara seremonial mulai sambutan hingga serah terima sembako dan uang tunai sumbangan mahasiswa Akpar Majapahit, Tristar Institute Kaliwaron, anggota ICOSU dan YPPI Surabaya selama dua jam, rombongan pun pamit untuk melanjutkan agenda touring-nya dari Pacitan, Rabu (27/01/2017) pukul 15.00 WIB ke Madiun lewat Ponorogo, sebelum rombongan kembali ke Surabaya pada Kamis (28/12/2017) pagi. 

”Beberapa orang anggota rombongan touring sebetulnya ingin menyerahkan langsung bantuan sembako dan uang tunai itu kepada korban banjir bandang dan tanah longsor di Pacitan, namun karena medannya sebagian besar masih porak poranda dan sejumlah akses jalan desa masih rusak, rombongan akhirnya menitipkan bantuan sembako dan uang tunai ini ke pihak PMII Pacitan,” terang Kemal Adrian kepada kru www.culinarynews.info, di lobi Graha Tristar, Senin (15/01/2018) siang.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang mendukung dan berpartisipasi dalam menyumbangkan dana (menjadi donatur), demi suksesnya penyelenggaraan baksos ini. Semoga amal baik Anda, memperoleh ganjaran berlipat di sisi-Nya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, Anda ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar