twitter

Pages

Jumat, 12 Januari 2018

Profil Angel Merici Intan, Mahasiswi D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit



Lebih Dekat dengan Angel Merici Intan, Mahasiswi Akpar Majapahit 

Demi Meningkatkan Kompetensi Kerja di Industri, Percaya Diri Jadi Tenaga Casual di Best Western Papilio Hotel 

UNTUK meningkatkan kompetensi kerja di industri perhotelan, Angel Merici Intan, Mahasiswi D3 Perhotelan Akpar Majapahit Semester V yang berkampus di Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, tampil percaya diri ketika diterima menjadi tenaga casual reguler di Best Western Papilio Hotel, setelah masa on the job training (OJT) berakhir pada pertengahan Oktober 2017 lalu.

Angel Merici Intan, yang akrab disapa Angel itu mengungkapkan, pasca OJT (magang kerja) di Best Western Papilio Hotel Jl A. Yani, pertengahan Oktober  2017 lalu, dirinya langsung ditawari pihak manajemen menjadi tenaga casual reguler dan ditempatkan sebagai  waitress di Restoran Mariposa Best Western Papilio Hotel.

Pekerjaan yang dilakoni sebagai tenaga casual regular (tiap hari masuk kerja) antara lain melayani tamu hotel –baik tamu asing maupun lokal-- yang datang dan ingin menikmati sejumlah menu spesial –baik menu untuk breakfast, lunch maupun dinner-- di Restoran Mariposa tersebut.

Restoran Mariposa Best Western Papilio Hotel buka layanan mulai pagi hingga malam. Oleh karena itu, demi memudahkan pembagian pekerjaan di Restoran Mariposa, maka jam kerja dibagi dalam dua shift, yakni shift pagi pukul 06.00-15.00 dan shift siang pukul 14.00-22.00 WIB.

Selain dipercaya menjadi waitress, dirinya juga harus bisa meng-handle kasir (cashier) jika rekan yang jaga kasir dipanggil atasan. Jika saat itu ada tamu yang ingin memesan roti di outlet Swallow Tail Cake Shop, tempatnya masih satu area dengan Restoran Mariposa, maka pihaknya pun mesti sigap melayani pembeli.

”Jika pengunjung restoran pas lagi sepi, saya pun diperbantukan untuk memperkuat tenaga pelayanan di Bantimurung Café di Sky Poll Lantai 8 Best Western Papilio Hotel. Pasalnya, café di Sky Poll hotel bintang empat tersebut ramai pengunjung dan tamu pada malam hari,” tutur gadis fotogenik ini kepada kru www.culinarynews.info di Matoa Garden, Kamis (10/01/2018) siang. 

Di Restoran Mariposa ada dua tenaga casual reguler yang ditempatkan di sana sesuai shift kerja pagi atau siang. Begitu juga di Swallow Tail Cake Shop juga ada dua orang waitress yang jaga baik yang kebagian job pagi maupun siang dan malam hari.

Selama menjadi waitress di Restoran Mariposa Best Western Papilio Hotel, ada pengalaman berharga yang bisa dipetik yakni keberanian untuk berkomunikasi dengan tamu bule dalam bahasa Inggris. 

”Pada awalnya saya nervous kalau tamunya bule. Pasalnya saya gelagapan kalau diajak ngomong bahasa Inggris, namun secara bertahap mulai lancar bahkan sekarang boleh dibilang cas cis cus kalau ketemu tamu asing,” katanya bangga karena berhasil mengasah kemampuan berbahasa asing setelah kerja di hotel.

Walaupun aktivitasnya sebagai tenaga casual reguler di Best Western Papilio Hotel cukup padat, namun hal itu tak menyurutkan tekadnya untuk menyelesaikan kuliah D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit dengan hasil memuaskan.

Oleh karena itu, Angel Merici Intan bersama rekannya yang kini masih duduk di Semester V seperti Dinda Debby Natalia, Nur Sakinah Septiani (Icha), Glenn Chaniago, Muhammad Suthon, Klara Regita Kinanthi, Levin Sugianto, R. Nadhif Febrian Yudhistira, Chorina Olga Della, Valentina Febrica, Kokoh Fitri Hariyanto, Fikri Haekal, Rizky Alfianto, M. Ali Monas dan M. Rochim Firman, antusias datang ke kampus.

Bahkan Angel dan rekan-rekannya juga proaktif konsultasi dengan Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan sejumlah dosen D3 Prodi Perhotelan seperti Hardhita Kusdharyanto M.Par., Agus Sudarsono M.Par., Bambang Sutrisno M.Par. dan Peter ST mulai menyelesaikan tugas akademik hingga menyiapkan laporan proposal pra skripsi.

”Saya juga prepare menyelesaikan beberapa tugas dosen dan mempersiapkan diri dengan belajar keras agar Ujian Akhir Semester (UAS) yang akan dihelat mulai 22 Januari 2018 sampai 01 Februari 2018 memperoleh hasil memuaskan,” .kata Angel Merici Intan. 

Sementara itu, usai UAS nanti, dirinya juga ingin tancap gas untuk menyusun proposal dan menyelesaikan tugas akhir laporan pra skripsi agar bisa ikut gerbong acara Wisuda Mahasiswa Akpar Majapahit pada November 2018 mendatang. 

”Untuk judul tulisan pra skripsinya nanti, saya berangan-angan mengangkat tema peranan waitress di Restoran Mariposa Best Western Papilio Hotel untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan tamu dengan pembimbing Maftucha Dipl.Hot., SE, M.Par dan Bambang Soetrisno MM.Par,” katanya penuh harap. Selamat dan sukses. Good Bless You….!  (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar