twitter

Pages

Rabu, 31 Januari 2018

Mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Semester III Diuji Buat Kreasi Masakan Continental dan Oriental Food



Ujian Praktik Masak di Dapur Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar

Mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Semester III Ujian Praktik Masak Continental dan Oriental Food

SELAMA dua hari, tepatnya hari Senin (29/01/2018) dan Selasa (30/01/2018), 13 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester III diuji membuat kreasi masakan Continental dan Oriental Food di Dapur Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya oleh chef Masario Wahyu Saputra AMd.Par., SKG, Dosen Food Production 1.

Ujian praktik masak yang mengusung tema Continental dan Oriental Food. hari pertama (Senin, 29/01/2018) dibagi dua sesi. Sesi pagi, pukul 09.00-10.30 dan sesi siang, pukul 13.00-14.30 WIB. Peserta ujian praktik masak sesi pagi adalah Amanda Citra, Veby Aritasia, Nikko Rikky A., dan John Yesaya J., sedangkan peserta ujian praktik masak sesi siangnya adalah Eva Thania, Dhesy Hanifah L. Fajri dan M. Dicky Hardiawan.

Amanda membuat Beef with Oriental Sauce, Veby masak Chicken Cheese Roll & Chips with Sauce Tartar, Nikko membikin Cap Cay Tofu dan John Yesaya menyiapkan menu andalannya Chicken Lemon Sauce di Dapur Culinary 2 pada ujian masak sesi pagi.

Sedangkan Eva memasak Aglio Ollo Macaroni, Dhesy menyiapkan Teokbokki dan Dicky Hardiawan all out membuat masakan kesukaannya Fettuccine Alfredo with Mushrooms di Dapur Culinary 2 pada saat ujian masak sesi siangnya. 

Sementara itu ujian praktik masak hari kedua (Selasa, 30/01/2018), juga dibagi dua sesi. Peserta ujian praktik masak sesi pertama (09.00-110.30) adalah M. Risfan, Elmy Herdian S., dan Fikky Eka Ernawati. Sementara itu mahasiswa yang maju ujian sesi siang (13.00-14.30) adalah Hanna Sasmitra L., Achmad Agus dan Putu Aditya.

Risfan pada ujian sesi pagi menyiapkan masakannya yang  berjudul Snapper Fillet with Lemon Butter Sauce, sedang Elmy dan Fikky masing-masing all out membuat masakan yang diberi titel Kung Pao Chicken dan Chicken Katsu with Blackpepper Sauce.

Sedangkan Hanna memasak Bacone Wrapped Stuffed Chicken, Agus menyiapkan menu masakan unggulannya yang diberi nama Grill Chicken with Mash Potatoes dan Putu Aditya membikin masakan berjudul Grilled Chicken with French Fried BBQ di Dapur Culinary 2 pada ujian masak sesi siangnya.

Dalam ujian praktik masak kali ini, mahasiswa tampil secara individual (perorangan). Setiap peserta dipersilakan memilih satu resep masakan, bisa Continental Food atau satu resep masakan Oriental Food. Sementara itu semua bahan utama masakan berikut bahan-bahan pendukungnya tidak disediakan pihak store (Toko 9) melainkan ditanggung sendiri oleh masing-masing peserta ujian.

Menurut Masario, pihaknya memberikan patokan besaran uang untuk belanja bahan masakan sedikitnya 60 ribu dan maksimum Rp 90 ribu perorang. Namun jika ada peserta ujian masak saat belanja bahan masakan sampai di atas Rp 100 ribu, juga tidak masalah.

”Yang penting kreasi masakan mahasiswa itu memenuhi tiga kriteria penilaian standar industri yakni cita rasa, tekstur dan penampilan,” kata chef Ario, sapaan akrab Masario Wahyu Saputra kepada kru www.culinarynews.info, Selasa (30/01/2018) siang.

Ujian praktik masak di Dapur Culinary 2 waktunya dibatasi sekitar 1,5 jam, sejak persiapan memilih bahan, proses memasaknya sendiri hingga mem-plating masakan sebelum hasil kreasinya itu disajikan di meja, untuk dinilai oleh dewan juri.

Masing-masing peserta ujian praktik masak itu berupaya keras untuk tampil all out, sejak persiapan memasak hingga mem-plating hasil masakannya, sebelum masakan tersebut disajikan dan dinilai chef Ario.

Setelah semua tahapan dari proses masak selesai, maka masakan hasil kreasi mahasiswa –mengandung unsur karbohidrat, vegetables (sayuran) dan protein-- tersebut selanjutnya di-plating sesuai kreasinya masing-masing. Hasil kreasi masakan itu kemudian dinilai dari aspek citarasa, tekstur dan penampilan. Kriteria penilaian ini mengacu pada standar industri perhotelan.

Ujian praktik masak yang diikuti 13 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester III ini merupakan bagian dari Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil 2017/2018 yang dihelat sejak 22 Januari 2018 lalu.

Sebelum diuji di Dapur Culinary 2, mereka telah dibekali berbagai resep menu masakan Indonesia, Asia termasuk masakan Oriental dan Japanese Food, Timur Tengah hingga Eropa (Continental) oleh chef Ario, sejak awal September hingga  pertengahan Desember 2017 lalu.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar