twitter

Pages

Jumat, 12 Januari 2018

Mahasiswa Akpar Majapahit Belajar Basic Pastry & Bakery Bersama Chef Otje H. Wibowo



Diasuh oleh Dosen Pastry & Bakery, Otje H. Wibowo, SE., M.Par

 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Belajar Basic Pastry & Bakery di Dapur Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar

SELAMA empat hari tatap muka, tepatnya mulai Senin (08/01/2018) pagi hingga Kamis (11/01/2018) pagi, sembilan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry, belajar Basic Pastry & Bakery yang dibimbing langsung oleh chef Otje H. Wibowo, SE., M.Par., Dosen mata kuliah Basic Pastry & Bakery di Dapur Pastry 1, Lantai 2, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Sembilan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan itu adalah Muhammad Raga Fahmi, Ronald Tenrijaya, Patrisius Fransiskus Nirin, Richard Andrianto Wonowijoyo, Ghina Aulia, Yefta Ardinevada Sumali, Barka Wikaputra, Risman Sumantri dan Theresia Prostalia.

Mahasiswa pastry ini dibekali pengetahuan tentang Basic Pastry & Bakery dari chef Otje, sapaan akrab Otje H. Wibowo, Dosen Basic Pastry & Bakery Akpar Majapahit selama empat kali tatap muka, terhitung mulai Senin (08/01/2018) hingga Kamis  (11/01/2018) di Dapur Pastry 1 Kampus Akpar Majapahit. 

Pada pertemuan hari pertama, Senin (08/01/2018) pagi, chef Otje menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang pastry dan bakery serta metode-metode yang ada. Pada hari pertama, mahasiswa diajarkan membuat adonan roti untuk membuat tiga resep Bread yakni French Bread, Burger Buna dan Salami Beef Bread.

Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Selasa (09/01/2018) pagi, mahasiswa kembali belajar membuat adonan kue berikut metode pembuatannya untuk membuat tiga resep Cake yakni Chocolate Swiss Cake, Harlequin Roll Cake dan Marble Pound Cake

Selanjutnya dalam pertemuan hari ketiga, Rabu (10/01/2018) pagi, giliran mahasiswa diajarkan membuat adonan kue kering & pie berikut metode-metode pembuatannya. Dalam praktik masak kali ini mahasiswa belajar membuat tiga resep Cookies yakni Butter Cookies, Cathetounge dan Fruit Tartlet.

Sementara itu, pada tatap muka hari keempat, Kamis (11/01/2018) pagi, chef Otje bersama asistennya, chef Ita, mendampingi sembilan anak didiknya belajar membuat adonan batters sekaligus praktik membuat tiga resep kue yakni Choux (kue Sus), Crepes dan Fruit Fritter

Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh masing-masing kelompok saat mereka praktik membuat Choux, Crepes dan Fruit Fritter sesuai job desk-nya masing-masing. Setiap kelompok berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan.

Dalam hal ini, pasangan Yefta dan Ronald kebagian tugas membuat Fruit Fritter, sedangkan pasangan Ghina dan Patrisius memdapat job membuat Crepes. Sementara itu, pasangan Richard dan Raga ditugasi dosen pembimbingnya membuat Choux.

Selain dituntut paham dengan nama-nama bahan pembuatan roti (sesuai resep), mahasiswa juga mau tak mau, suka tidak suka, harus tahu nama-nama alat dan perlengkapan yang tersedia di dapur pastry termasuk bagaimana mengoperasikan mixer, proven dan oven listrik.

”Sedangkan pada pertemuan hari terakhir, Jumat (12/01/2018) pagi, mahasiswa ditantang membuat adonan Croissant dan Danish & Puff yakni Croissant, Danish Pinwheel dan Chicken Curry Puff berikut landasan teorinya dalam ujian praktik masak di Dapur Pastry 1,” kata chef Otje di hadapan anak didiknya, Kamis (11/01/2018) siang.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar