twitter

Pages

Minggu, 28 Januari 2018

Mahasiswa Advanced Pastry Class Praktik Entrepreneurship Bersama Chef Anastasia



Praktik Entrepreneurship Bersama Chef Anastasia Kristien S.TP.

Mahasiswa Advanced Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang Jualan Risoles Mayonnaise dan Slurpy Puding

PADA pertemuan pekan kedua, mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit dibekali dengan mata kuliah Entrepreneurship (Kewirausahaan) di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, di bawah bimbingan chef Anastasia Kristien S.TP. Materi kuliah Entrepreneurship berikut praktik membuat aneka kreasi produk pastry yang layak jual dihelat mulai Senin (22/01/2018) hingga Kamis (25/01/2018) lalu.


Dua mahasiswa Advanced Pastry Class, Delvina Sascia Putri dan Abigail Gabriela tampil all out demi mengaplikasikan mata kuliah Entrepreneurship, sejak tatap muka hari pertama, Senin (22/01/2018) siang dengan materi antara lain teori seputar sisik melik Entrepreneurship hingga belajar Cost Control. Mahasiswa juga diajarkan cara menghitung Harga Pokok Produksi (HPP) sesuai prinsip Akuntansi Sederhana.

”Pada pertemuan hari kedua, Selasa (23/01/2018) siang, mahasiswa Advanced Pastry Class praktik membuat Donat Guling dan Frozen Cone Pizza di Dapur dengan sentuhan Teknologi Pangan,” kata chef Anas, sapaan akrab Anastasia Kristien di dampingi asistennya, chef Felicia, Jumat (26/01/2018) siang.

Selanjutnya pada tatap muka hari ketiga, Rabu (24/01/2018) siang, chef Anas dan asistennya membekali anak didiknya cara membuat Donat Tape dan Donat Pisang, sedangkan pada pertemuan hari keempat, Kamis (25/01/2018) siang, mahasiswa Advanced Pastry Class uji coba membuat Risoles Mayonnaise dan Slurpy Puding di bawah bimbingan chef Anastasia.

Sementara itu pada pertemuan hari terakhir, Jumat (26/01/2018) siang, Delvina Sascia Putri dan Abigail Gabriela diminta untuk mempresentasikan proposal laporan business plan-nya di hadapan dosen pembimbing. Dalam hal ini, mahasiswa Advanced Pasrtry Class itu menyiapkan dua kreasi produk pastry yakni Risoles Mayonnaise dan Slurpy Puding.

Usai presentasi, Risoles Mayonnaise yang dibuat Delvina Sascia Putri supaya tampilannya cantik maka dikemas dalam wadah mika berkapasitas 5 pieces, bukan 4 pieces per paket seperti yang dicontohkan sebelumnya. Harga jual setiap paketnya dibandrol Rp 25 ribuan atau dihargai Rp 5.000,00 per bijinya.

Sedangkan Abigail Gabriela antusias menyiapkan Slurpy Puding (puding sedot) yang dikemas dalam kemasan plastik transparan. Kreasi Abigail ini rencananya dijual dengan harga eceran Rp 7.000 per pack.

”Rencananya saya mau membuat lima variasi rasa Slurpy Puding yakni green tea, choco cookies, taro, strawberry dan bubble gum, namun yang sudah ready baru Slurpy Puding rasa green tea dan choco cookies ,” kata Gabby, sapaan akrab Abigail Gabriela kepada kru www.culinarynews.info, akhir pekan lalu.

Untuk memudahkan pemesanan, Anda bisa pre order (PO) Risoles Mayonnaise dan Slurpy Puding, dengan memanfaatkan layanan media sosial (online system) yakni Instagram: @delvinasasciaputri atau @abigailgabriela.

Sementara itu, selain membidik pasar di lingkungan kampus Akpar Majapahit, Tristar Institute Kaliwaron dan Tristar Institute Batu, mereka juga siap head to head dengan pedagang di Taman Bungkul yang sama-sama menjajakan barang dagangannya pada gelaran Car Free Day (CFD), yang dihelat setiap Minggu pagi.

”Saya dan Gabby sudah siap 100 persen untuk mencoba tantangan sekaligus mencari peruntungan saat jualan Risoles mayonnaise dan Slurpy Puding di kawasan Taman Bungkul bersamaan dengan gelaran CFD setiap hari Minggu pagi selama sebulan,” kata Sascia, sapaan karib Delvina Sascia Putri, optimistis.

Untuk memuluskan praktik entrepreneurship ini, Delvina Sascia Putri dan Abigail Gabriela disupervisi oleh chef Felicia, seperti arahan chef Anastasia Kristien ketika presentrasi proposal business plan di kelas, akhir pekan lalu.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar