twitter

Pages

Minggu, 28 Januari 2018

Mahasiswa Advanced Pastry Class Belajar Buat Butter Cream Decoration



Mahasiswa Dibimbing Dosen Pastry & Bakery, Chef Fitri SE

 Mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit, Diajarkan Cara Membuat Butter Cream Decoration

PASCA libur panjang akhir tahun 2017, mahasiswa Advanced Pastry Class kuliah perdana dengan diajarkan cara membuat Butter Cream Decoration selama empat kali tatap muka, tepatnya mulai Senin (15/01/2018) siang hingga Kamis (18/01/2018) siang. Mereka diajarkan oleh chef Fitri Syntiadewi SE, Dosen Pastry & Bakery di Dapur Pastry 2, Lantai 2, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Dua mahasiswa Advanced Pastry Class itu yakni Delvina Sascia Putri dan Abigail Gabriela, saat memulai kuliah perdana mereka dibekali secara teori pengetahuan umum tentang teknik membuat Butter Cream Decoration tingkat lanjutan dengan segala sisik meliknya..Selama praktik di Dapur Pastry 2, chef Fitri di dampingi asistennya, Felicia dan seorang cook helper.

Pada pertemuan hari pertama, Senin (15/01/2018) siang, chef Fitri menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan tentang teknik membuat Flower Box Butter Cream Decoration. Butter Cream sendiri terdiri dari beberapa jenis, yakni (1). American Butter Cream (Simple Butter Cream), (2). Italian Meringue Butter Cream (Meringue Type Butter Cream), (3). Swiss Meringue Butter Cream (Meringue Type Butter Cream), (4). French Butter Cream, (5). German Butter Cream (Pastry Cream Type Buter Cream) dan (6). Ermine Butter Cream (Pudding Style Butter Cream atau Flour Butter Cream).

Sementara itu bahan dan perlengkapan yang digunakan membuat Flower Box Butter Cream Decoration yakni styrofoam berdiameter 20 cm dengan tinggi 12 cm dan styrofoam berdiameter 20 cm dengan tinggi 3 cm, bamboo skewer dan food coloring (green, red, pink, yellow, purple dan blue). 

”Sedangkan untuk membuat cover-nya sendiri terdiri dari American Butter Cream dan Floral & Ornament: Italian Meringue Butter Cream (Glossy),” kata chef Fitri kepada anak didiknya di Dapur Pastry 2, pertengahan Januari 2018 lalu. 

Pekerjaan menyiapkan Flower Box Butter Cream Decoration dan cover-nya ternyata tidak cukup satu kali tatap muka, melainkan dua kali pertemuan, yakni pada hari Senin (15/01/2018) dan Selasa (16/01/2018) siang sampai petang, sekitar pukul 17.00 WIB.

Sementara itu, pada hari ketiga, Rabu (17/01/2018) siang, diajarkan membuat Butter Cream Transfer Decoration. Bahan dan perlengkapannya terdiri dari styrofoam yang berdiameter 20 cm dengan tinggi 7 cm, flower atau satwa (character pattern), mika plastic, bamboo skewer dan food coloring (green, red, pink, yellow, purple dan blue).

Selanjutnya, mahasiswa Advanced Pastry diajarkan membuat cover-nya yakni Ermine Butter Cream dan membuat Butter Cream Transfer yakni American Butter Cream yang bahannya terdiri dari Butter, White Margarine dan Icing Sugar.

Pekerjaan membuat Flower Box Butter Cream Decoration dengan pernak-perniknya baru rampung pada hari keempat, Kamis (18/01/2018). Setelah praktik itu selesai, kreasi mahasiswa Advanced Pastry Class itu di-display untuk didokumentasikan.

Sebelum meninggalkan tempat praktik, mahasiswa Advanced Pastry Class prepare untuk persiapan bahan ujian praktik membuat aneka kreasi Butter Cream Decoration versi mahasiswa. Ujian praktik tersebut diselenggarakan di Dapur Pastry 2 pada Jumat (19/01/2018) siang.

Pada ujian praktik tersebut, Delvina Sascia Putri membuat kreasi andalannya yang diberi titel Vintage Bird Cage, sedangkan Abigail Gabriela fokus menyiapkan kreasi kesukaannya yang diberi judul Parfume Bottle. Dalam ujian praktik membuat kreasi Butter Cream Decoration tersebut, disediakan waktu antara 4-5 jam, mulai pukul 12.00-17.00 WIB.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar