twitter

Pages

Rabu, 17 Januari 2018

Buku Kedua Berjudul Small Enterprise Management Persembahan Trsitar Group Siap Dirilis Awal 2018



Demi Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Budaya Literasi 

Awal 2018, Tiga Dosen Tristar Group Kembali Siapkan Buku Kedua Berjudul ”Small Enterprise Management” 

DEMI meningkatkan kualitas pendidikan di Politeknik Surabaya Dharma Bakti dan Akpar Majapahit, maka tiga orang Dosen Politeknik Surabaya (Tristar Group), yakni Ir Juwono Saroso MM, MM.Par dan Drs Ec. Andrean Leonardus Bandoro, MM, MBA, MM.Par., kembali bersinergi untuk menyusun buku baru yang diberi judul Small Enterprise Management (SEM) dengan melibatkan Agus Sudarsono M.Par.

Buku edisi kedua dari tiga penulis yang berbeda itu disiapkan sekitar tiga bulan lalu. Buku kedua karya dosen Tristar Group ini menitikberatkan tentang perjuangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) ketika mengawali bisnisnya hingga menggurita menjadi sebuah perusahaan global berkelas dunia.

Beberapa kisah sukses dari sebuah perusahaan berkelas dunia diungkapkan oleh tim penulisnya. Misalnya, Soichiro Honda dan Henry Ford yang merupakan pendiri raksasa otomotif Honda Motor Co Ltd (Jepang) dan Ford Motors (Amerika Serikat) adalah salah satu contoh bagaimana kedua pendiri perusahaan otomotif dari Jepang dan Amerika Serikat dengan latar belakang pendidikan engineering sukses mengembangkan industri manufaktur.

”Salah satu kuncinya adalah melibatkan kalangan profesional –expert di bidangnya masing-masing— kemudian dimasukkan dalam jajaran eksekutif perusahaan raksasa otomotif tersebut, sehingga karyanya diminati konsumen dan produknya banyak bersliweran di jalan raya,” kata Drs Ec. Andrean Leonardus Bandoro, MM, MBA, MM.Par., di ruang kerjanya, Rabu (16/01/2018) siang. 


Di skala nasional, lanjut Andrean, Anda masih ingat dengan taipan Soedono Salim alias Liem Sioe Liong, tokoh pendiri Bank Central Asia (BCA). Sebelum masuk jajaran Bank Swasta Nasional yang diperhitungkan di Indonesia, BCA tak lebih dari sebuah bank kecil yang kastemernya kebanyakan toko-toko kelontong, pracangan dan pebisnis skala rumahan lainnya.

Namun seiring dengan trend bisnis di Indonesia yang terus menggeliat, terang Dosen Tristar Group ini, BCA tumbuh kembang sebagai bank swasta yang diperhitungkan di kancah perekonomian nasional, sebagai agent development.

"Sejak masuknya Dr Mochtar Riadybankir papan atas pendiri Lippo Group—di jajaran top eksekutif BCA dan upayanya membenahi manajemen BCA yang dilakoninya selama setahun, BCA sekarang berhasil masuk jajaran Bank Swasta Nasional terkemuka di Indonesia dengan nasabah jutaan orang dari kota-kota besar hingga pelosok negeri,” terang Andrean L. Bandoro kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.

Untuk lebih dekat tentang kiprah keseharian dari tiga penulis buku Small Enterprise Management (SEM) tersebut, berikut ini disajikan profil singkat penulisnya.

Ir JUWONO SAROSO MM., MM.Par., meraih gelar S1 dari Fakultas Teknik Kimia Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) 1989 silam. Pria kelahiran Tulungagung 1966 silam itu sejak SMA dengan bermodalkan bonek mengajar kursusan organ/electone kepada anak-anak SD. Setelah masuk ITS 1985 silam, tidak hanya melayani kursusan organ/electone tetapi juga jemput bola memberi bimbingan belajar Matematika dan IPA (Biologi, Fisika dan Kimia). 

Setelah lulus kuliah, bapak tiga anak ini bergabung dengan beberapa perusahaan dan pada akhirnya ia memutuskan untuk membuka usaha sendiri, di antaranya membuka kursusan (pelatihan) teknologi tepat guna seperti membuat sabun mandi (bentuk cair maupun padat), shampoo, pengharum cucian hingga pelatihan masak.

Penyandang gelar Magister Manajemen (MM) dari STIE Mahardhika Surabaya dan Magister Manajemen Pariwisata (MM.Par) dari STIEPARI Semarang itu sekarang mengelola tiga lembaga pendidikan tinggi yakni Tristar Institute, Akpar Majapahit dan Politeknik Surabaya Dharma Bakti. 

Komitmen Juwono Saroso --yang akrab dipanggil Professor oleh teman-temannya semasa SMA dulu--  terhadap kemajuan dunia pendidikan tidak diragukan lagi demi meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia sekarang dan di masa mendatang.

Drs Ec. Andrean Leonardus Bandoro MM, MBA, MM.Par., menyelesaikan pendidikan sekolah dasar sampai sekolah pertama di Bhinneka Bakti Surabaya. Menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas di SMA Katolik St. Louis I Surabaya. Lulus pendidikan S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Ekonomi Manajemen di Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya di tahun 1999.

Lulus pendidikan program pasca sarjana Magister Manajemen Internasional di IEU Surabaya pada tahun 1997. Pada pertengahan 1997, mengikuti Sandwich Program di European University Antwerp, Belgia. Lulus pendidikan program pasca sarjana Magister Manajemen Kepariwisataan STIEPARI Semarang di tahun 2017.

Memiliki pengalaman kerja di beberapa perusahaan sebagai Factory Manager, General Manager dan Direktur. Sejak 2009 sampai sekarang sebagai konsultan ekspor impor perusahaan di Indonesia, Malaysia, Vietnam, RRC, India, Pakistan, Turki dan Mesir dalam bidang textile waste dan serat alam seperti kapuk dan coir fiber.

Di lembaga pendidikan tinggi Tristar Group, Andrean mengajar beberapa mata kuliah seperti Dasar-dasar Manajemen, Leadership, Entrepreneurship, Food Costing, Marketing (untuk Prodi D3 Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata), Metodologi Penelitian, Statistika Perhotelan.

Agus Sudarsono M.Par., adalah salah satu dosen di lingkungan lembaga pendidikan Tristar Group yang telah mengantongi Nomer Induk Dosen Nasional (NIDN) sejak 2015. Bapak satu anak kelahiran Probolinggo 1977 silam ini bergabung dengan Akpar Majapahit sejak 2013 lalu dan mendapat job mengajar Dasar-Dasar Manajemen, Cost Control, Housekeeping dan Pengantar Perhotelan.

Oleh Ir Juwono Saroso MM, MM.Par., owner Akpar Majapahit (Tristar Group), Agus Sudarsono dan sejumlah dosen Akpar Majapahit dikirim ke STP Trisakti Jakarta, untuk mengambil Program Pascasarjana (S2) dan lulus pada 2016 lalu dengan menyandang gelar Magister Pariwisata (M.Par).

Lulus  SDN Ngepoh 1 Probolinggo 1989, menyelesaikan pendidikan di SMP Negeri 2 Dringu Probolinggo 1992 dan melanjutkan studinya di SMA Taman Siswa lulus 1995 silam. Melanjutkan jenjang pendidikan tinggi D3 Perhotelan Akpar Indonesia Jogja dan lulus tahun 1999. Selanjutnya meneruskan kuliah D4 (setara S1) di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Satya Widya Surabaya Jl. Bendul Merisi dan lulus tahun 2011.

Pengalaman mengajarnya dimulai di almamaternya yang dilakoni kali pertama pada 2011 silam setelah lulus D4 dari STP Satya Widya Surabaya. Oleh pihak Akademik, Agus Sudarsono saat itu ditugasi mengajar Housekeeping, Dasar-Dasar Manajemen dan Food Service selama dua tahun sebelum pindah ke Akpar Majapahit.

Selain mengajar, juga pernah merangkap kerja di Hotel Crystal Tunjungan Surabaya sejak 2000-2010 dengan jabatan terakhir Supervisor Housekeeping. Kemudian mencari tantangan baru sebagai Marketing BRI Tower dengan tugas mencari tenant. Pekerjaan itu dilakoni antara 2011-2012. Saat ini fokus menjadi Dosen Tetap di Kampus Akpar Majapahit.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan dosen dan mahasiswa di Graha Tristar dan ingin bergabung dengan civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Tim Marketing Terpadu Tristar Group cq Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar