twitter

Pages

Selasa, 09 Januari 2018

Akpar Majapahit Tingkatkan Sinergitas dengan Produsen ChefMate Chocolate PT Ares Kusuma Jaya



Aksi Korporasi Tristar Group Menapaki Tahun Baru 2018

Giliran Akpar Majapahit Tingkatkan Sinergitas dengan Produsen ChefMate Chocolate PT Ares Kusuma Jaya

MENAPAKI tahun baru 2018, Tristar Group yang membawahi Akpar Majapahit, Tristar Institute dan Politeknik Surabaya, kembali melakukan aksi korporasi demi memperkuat kemitraannya dengan sejumlah mitra bisnisnya. Setelah memperkuat sinergi dengan PT Smart Corporation Tbk, giliran sekarang meningkatkan sinergitas dengan produsen ChefMate Chocolate PT Ares Kusuma Jaya.


”Produk bahan kue dan roti dengan merek dagang ChefMate Chocolate produksi PT Ares Kusuma Jaya ini juga sudah demikian akrab di kalangan civitas akademika Akpar Majapahit yang sehari-hari praktik membuat aneka kreasi roti, pudding, cake dan cookies (pastry) di Dapur Pastry Lantai 2 Gedung Graha Tristar Surabaya,” kata Direktur Akpar Majapahit Ir Juwono Saroso MM, MM.Par di ruang kerjanya, Senin (08/01/2018) siang.

Sejumlah produk unggulan dari PT Ares Kusuma Jaya seperti ChefMate Cocoa Powder, ChefMate Green Tea Chocolate Compound, White Chocolate, Dark Chocolate dan yang lainnya sudah akrab di kalangan dosen dan mahasiswa yang mengambil Prodi D3 Perhotelan Konsentrasi Pastry. Produk-produk unggulan PT Ares Kusuma Jaya itu juga tersedia di Toko 9 (Store), unit usaha di bawah Tristar Group.

Sementara itu Asdir II Bidang Umum dan Keuangan Akpar Majapahit Otje H. Wibowo, SE., M.Par menambahkan, kemitraan usaha antara Akpar Majapahit dengan PT Ares Kusuma Jaya –produsen ChefMate Chocolate—sudah berjalan lebih dari lima tahun dan sinergi ini akan terus berlanjut hingga sekarang. 

Pihak Akpar Majapahit juga memberi kesempatan kepada tim dari ChefMate Chocolate menjadi dosen tamu (guest lecture) berbagi ilmu dengan mahasiswa melalui aksi demo masak guna mengenalkan aneka kreasi cake kekinian yang sedang nge-trend di pasaran. 

Tujuan dari kerjasama semacam ini untuk memberikan tambahan pengetahuan baru sekaligus pencerahan mahasiswa saat mengaplikasikan teori dan praktik pastry yang telah diajarkan di kelas dan membandingkannya dengan perkembangan bisnis pastry terkini yang dilakukan kalangan pabrikan (skala industri). 

”Sehingga mahasiswa bisa memetik pelajaran dari model pembelajaran seperti ini demi menunjang karier mereka di masa mendatang pasca lulus kuliah,” tandas chef Otje, di sela-sela mendampingi tamunya, chef Giat dari ChefMate Chocolate demo membuat Mango Matcha Cake di Dapur Pastry 1, Lantai 2 Gedung Graha Tristar, belum lama ini.

Dalam suatu kesempatan, pihak Akademik juga mengundang chef Topan Irianto, juga dari ChefMate Chocolate menjadi dosen tamu (guest lecture) untuk berbagi ilmu seputar perkembangan dunia pastry era kekinian dengan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry.

Ketika itu chef Topan Irianto mendemontrasikan teknik membuat Mirror Glazing Cake Decoration ala Rusia (cake berkilau bak cermin desain kekinian) di hadapan mahasiswa jurusan Pastry Akpar Majapahit. Secara umum, cara membuat cake dengan hiasan aneka topping cantik seperti ini sudah diajarkan dosen di kelas. 

Karena itu, kehadirannya untuk berbagi sekaligus mengingatkan kembali bagaimana cara membuat cake berkilau bak cermin dengan dekorasi bulu ayam, mahkota bunga dan sarang lebah –dari bahan white chocolate produksi ChefMate Chocolate-- desain kekinian, yang saat ini masih disuka konsumen. 

Diakuinya, jika saat ini lagi booming cake yang berkilau bak cermin. Tampilannya yang unik dengan lapisan cokelat, biru, pink, kuning atau merah yang mengkilap memang menampilkan hal baru di dunia baking. Awal populernya mirror cake itu terjadi karena kiprah wanita cantik dari Rusia yakni Olga Noskova, yang memamerkan hasil kreasinya.

Mirror cake sebenarnya dibuat dari sponge cake atau pound cake dan tart ulang tahun biasa. Hanya saja yang membuat beda cake tersebut adalah icing yang berkilau sehingga membuat tampilannya semakin glamour dan mengagumkan. Nah, ketika melihat kue itu terdapat bayangan, maka cake ini pun terkenal dengan sebutan mirror cake ala Rusia.

Tidak hanya itu, panitia Cooking Mania 2017 di Grand City Convex Surabaya yang diketuai Hendriana Wijaya, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, juga mengundang chef Mickey Gunawan dari PT Smart Corporation Tbk dan chef Topan Irianto dari ChefMate Chocolate menjadi dewan juri untuk kategori Pastry

Acara Cooking Mania 2017 tersebut dihelat pada Minggu (16/04/2017) lalu. Cooking Mania 2017 diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian Akpar Majapahit demi menyemarakkan gelaran tahunan Majapahit Travel Fair (MTF) 2017 di Grand City Convex Surabaya 13-16 April 2017.

Panitia Cooking Mania 2017 ketika itu menghadirkan dua orang juri yakni chef Topan Irianto dari ChefMate Chocolate (PT Ares Kusuma Jaya) dan chef Mickey Gunawan dari PT Smart Corporation Tbk., untuk menjaga objektivitas penilaian selama lomba masak kategori Pastry yang diikuti 15 tim (setiap tim beranggotakan tiga orang) dari kalangan pelajar SMA, SMK dan mahasiswa dari lembaga pendidikan tinggi di Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Kediri.

Secara umum, masakan hasil kreasi para peserta Cooking Mania mendapat apresiasi tinggi dari chef Topan Irianto dan chef Mickey Gunawan, dua orang juri yang didatangkan Panitia Cooking Mania 2017 berasal dari PT Ares Kusuma Jaya dan PT Smart Corporation Tbk. Dalam penjurian tersebut, ada lima kriteria penilaian yakni aspek kerapian dan kebersihan, tingkat kesulitan, warna, kreativitas dan penampilan, sesuai standar Industri Perhotelan.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari Civitas Akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar