twitter

Pages

Senin, 08 Januari 2018

Akpar Majapahit Perkuat Sinergitas dengan PT Smart Corporation Tbk



Aksi Korporasi Tristar Group Memasuki Awal Tahun Baru 2018

2018, Akademi Pariwisata Majapahit Perkuat Sinergi dengan Produsen Margarine PT Smart Corporation Tbk

MEMASUKI awal tahun baru 2018, Tristar Group yang membawahi Akpar Majapahit, Tristar Institute dan Politeknik Surabaya, melakukan aksi korporasi demi memperkuat kemitraannya dengan sejumlah mitra usaha. Salah satunya bersinergi dengan PT Smart Corporation Tbk yang selama ini sudah terjalin baik.


”Produk-produk PT Smart Corporation Tbk sudah demikian akrab di kalangan civitas akademika Akpar Majapahit yang sehari-hari praktik masak berbagai resep menu makanan (culinary) dan membuat aneka kreasi roti, pudding, cake dan cookies (pastry) di Graha Tristar,” kata Direktur Akpar Majapahit Ir Juwono Saroso MM, MM.Par di ruang kerjanya, Senin (08/01/2018) siang.

Sejumlah produk unggulan dari PT Smart Corporation Tbk., seperti Palmboom Cake Margarine, Filma BCF (Pusaka), Filma Margarine, Filma BOS, Palmvita BOS, Filma Baker’s Cream Fat, Filma Puff Pastry Shortening, Filma Prestige Margarine sudah akrab di kalangan dosen dan mahasiswa.

Komitmen ini tidak bisa dilepaskan dari sosok Mickey Gunawan sebagai salah satu tenaga ahli bidang pastry dari PT Smart Corporation Tbk ini, belakangan mulai dikenal luas oleh pelaku bisnis tata boga khususnya yang bergerak di industri pastry (patisserie) yang buka usaha di Surabaya dan kota-kota besar di Jatim. 

Sepak terjang pria berkacamata kelahiran Surabaya, 17 Januari 1989 itu telah diakui oleh sejumlah kalangan terutama mereka yang bergerak di bisnis tata boga, termasuk di antaranya dengan owner Akademik Pariwisata (Akpar) Majapahit Ir Juwono Saroso MM, MM.Par.

Keakraban Juwono Saroso dengan anak didiknya itu memang cukup beralasan karena Mickey Gunawan merupakan salah satu alumni D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Tahun Akademik (TA) 2012/2013 silam, yang digadang-gadang bakal ikut mewarnai kesuksesan perjalanan kampus Akpar Majapahit di masa mendatang.

Mickey, sapaan akrabnya, saat diwisuda lima atau enam tahun silam tercatat masih satu angkatan dengan chef Yuda Agustian AMd.Par., STP., yang kini dipercaya mengelola Tristar Institute Batu di Kota Wisata Batu sekaligus dosen Prodi S1 Teknologi Pangan, hasil kerjasama antara Tristar Institute dengan Unitomo Surabaya.

Sebelum kuliah di Akpar Majapahit, anak bungsu dari dua bersaudara ini telah lulus kuliah S1 Teknik Elektronika dari salah satu perguruan tinggi terkemuka di Surabaya. Namun karena hasratnya menyalurkan hobi di bidang kuliner tidak terbendung, maka Mickey pun memutuskan untuk melanjutkan kuliah di D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary dan Pastry.

Mungkin dari sinilah hokky-nya berawal. Sepak terjangnya di bidang tata boga khususnya Culinary dan Pastry mengantarkan Mickey Gunawan menjadi asisten dosen dan dosen muda di kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, usai diwisuda pada November 2013 silam.

Bahkan dalam suatu kesempatan, Mickey Gunawan dan Yuda Agustian, teman satu angkatan di Akpar Majapahit, ketika itu dipercaya oleh owner Akpar Majapahit Ir Juwono Saroso MM, MM.Par membuka Hizteria Café & Resto di kawasan Rungkut Mapan, pertengahan 2014 silam.

Meski Mickey Gunawan sekarang telah berkarier sebagai tenaga ahli di PT Smart Corporation Tbk., namun dia tetap menjalin hubungan baik dengan almamaternya. Terbukti owner Akpar Majapahit Juwono Saroso, sejak 2015 lalu, menjalin kerjasama dengan pihak PT Smart Corporation Tbk, sebagai salah satu pemasok bahan masakan ke kampus Akpar Majapahit. Ini semua demi menunjang kelancaran kegiatan praktik masak mahasiswa.

Dalam suatu kesempatan, pihak Akademik juga mengundang chef Mickey Gunawan dan koleganya dari PT Smart Corporation Tbk., menjadi dosen tamu (guest lecture) di untuk berbagi ilmu seputar perkembangan dunia pastry era kekinian dengan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry dan mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit di Dapur Pastry 1.

Tidak hanya itu, panitia Cooking Mania 2017 di Grand City Convex Surabaya yang diketuai Hendriana Wijaya, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, juga mengundang chef Mickey Gunawan dari PT Smart Corporation Tbk dan chef Topan Irianto dari ChefMate Chocolate menjadi dewan juri untuk kategori Pastry

Acara Cooking Mania 2017 tersebut dihelat pada Minggu (16/04/2017) lalu. Cooking Mania 2017 diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian Akpar Majapahit demi menyemarakkan gelaran tahunan Majapahit Travel Fair (MTF) 2017 di Grand City Convex Surabaya 13-16 April 2017.

Panitia Cooking Mania 2017 ketika itu menghadirkan dua orang juri yakni chef Topan Irianto dari ChefMate Chocolate dan chef Mickey Gunawan dari PT Smart Corporation Tbk., untuk menjaga objektivitas penilaian selama lomba masak kategori Pastry yang diikuti 15 tim (setiap tim beranggotakan tiga orang) dari kalangan pelajar SMA, SMK dan mahasiswa dari lembaga pendidikan tinggi di Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Kediri.

Secara umum, masakan hasil kreasi para peserta Cooking Mania mendapat apresiasi tinggi dari chef Topan Irianto dan chef Mickey Gunawan, dua orang juri yang didatangkan Panitia Cooking Mania 2017 berasal dari Chefmate Chocolate dan PT Smart Corporation Tbk. Dalam penjurian tersebut, ada lima kriteria penilaian yakni aspek kerapian dan kebersihan, tingkat kesulitan, warna, kreativitas dan penampilan, sesuai standar Industri Perhotelan.

Sementara itu pada pekan kedua November 2017, tepatnya mulai Senin (06/11/2017) hingga Kamis (09/11//2017), 12 mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit Triwulan III praktik membuat 12 macam kreasi Commercial Cake Shop bersama Dosen Tamu dari PT Smart Corporation Tbk., di Dapur Pastry 2, Lantai 2, Gedung Graha Tristar, Jl  Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Dosen Tamu dari PT Smart Corporation Tbk itu adalah chef Kim Gerry bersama dua asistennya, chef  Mickey Gunawan dan chef Kevin Candy Boy. Mereka tampil all out selama empat kali tatap muka demi berbagi ilmu seputar sisik melik Commercial Cake Shop dengan mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit di Dapur Pastry 2.

Ketika itu, mahasiswa Advanced Pastry Class diajarkan oleh chef Kim Gerry dan asistennya cara membuat Green Tea Klappertaart, Kopyor Cake,  Pineapple Crumble Cake (Nastar Cake), Pisthacio Raspberry Mousse Cake, Chocolate Hazelnut Pave, Mixed Fruits & Chocolate Cheese Cake, Japanese Cheese Cake, Opera Roll Cake, Watermelon Cake, Cake Martabak Manis, Nougat Roll Tart dan Srikaya Brick Cake.

Praktik membuat 12 resep Commercial Cake bersama Dosen Tamu dari PT Smart Corporation Tbk itu dilakoni mahasiswa Advanced Pastry Class dalam empat kali tatap muka, mulai Senin (06/11/2017) hingga Kamis (09/11//2017) lalu.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari Civitas Akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar