twitter

Pages

Rabu, 06 Desember 2017

Mahasiswa D3 Perhotelan Semester III Jadi Pilot Project Program Akselerasi OJT di Hotel



Magang Kerja di Hotel Demi Meningkatkan Kompetensi
i
Dua Mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Semester III Jadi Pilot Project Program Percepatan OJT di Hotel

DUA dari 13 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester III (Kelas Reguler), yakni Elmy Herdian Sari dan Eva Titania menjadi pilot project program percepatan On the Job Training (OJT) atau magang kerja selama enam bulan di Hotel Premier Place Hotels Juanda terhitung sejak awal November 2017 lalu. 

Kaprodi Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par menjelaskan hal itu kepada kru www.culinarynews.info, dalam perjalanan kembali ke Kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya dari acara mendampingi 19 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Kelas Malam, belajar Front Office (FO) di Premier Place Hotels Jl. Raya Juanda No. 73 Sidoarjo, Selasa (05/12/2017) malam.

Menurut Kaprodi, terobosan baru tersebut ditempuh karena ada penawaran magang kerja bagi mahasiswa Akpar Majapahit yang disodorkan oleh pihak Premier Place Hotel, dua bulan lalu. Penawaran magang kerja di hotel berbintang tiga itu kemudian disosialisasikan kepada 13 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Semester III, namun yang berminat baru dua orang yakni Elmy Herdian Sari dan Eva Titania. 

Sementara itu, Ekki Eka Ernawati sudah lebih dulu bekerja di Bagian Front Office (FO) Rock Hotel Surabaya. Dengan demikian masih ada 10 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Semester III Kelas Reguler yang masih belum memberikan keputusan untuk mengikuti program percepatan magang kerja di industri perhotelan.

Keputusan untuk merealisasikan program percepatan magang kerja di hotel tersebut merupakan kali kedua ditempuh Paulus W. Soetrisno. Sebelumnya, Kaprodi Perhotelan Akpar Majapahit juga melepas 14 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan yang saat itu masih duduk di Semester IV (sekarang mereka sudah Semester V), untuk melaksanakan program On the Job Training (OJT) atau magang kerja selama enam bulan di sejumlah hotel berbintang di Surabaya dan Sidoarjo.
 
14 orang mahasiswa yang mengikuti OJT ketika itu adalah Valentina Febrica, Levin Sugianto, Klara Regita Kinanti. Glenn Chaniago, M. Ali Monas, Rizky Alfianto, R. Nadhif Febrian Yudhistira, Nur Sakinah Septiani, Dinda Debby Natalia, Chorina Olga Della, Angela Merici Intan, Fikri Haekal,  Kokoh Fitri Hariyanto dan Muhammad Sulthon.

Masih menurut Paulus, langkah cepat mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti program OJT di hotel berbintang itu demi memenuhi kuota OJT di industri perhotelan. Posisinya sebagai asesor housekeeping tingkat nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) memungkinkan dirinya untuk memonitor hotel mana saja yang masih punya kuota magang kerja bagi mahasiswa.

”Kami merespons permintaan pelaku industri perhotelan di Surabaya dan Sidoarjo dengan mengirimkan mahasiswa mengikuti program OJT selama enam bulan di sejumlah hotel berbintang di Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya,” kata Paulus yang juga dipercaya mengajar sisik melik tentang Front Office (FO) kepada mahasiswa D3 Perhotelan Kelas Malam.

Upaya pihak Akademik mengirimkan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Semester III mengikuti program OJT di beberapa hotel berbintang  lebih cepat dari yang dilakukan sebelumnya, guna mengantisipasi padatnya jadwal perkuliahan, penyusunan laporan OJT (sekaligus membuat laporan penulisan pra skripsi), bimbingan pra skripsi, sidang pra skripsi hingga pelaksanaan acara wisuda pada November 2018 mendatang.

”Selain itu, kami juga memberi kesempatan lebih banyak kepada mahasiswa untuk praktik langsung di industri perhotelan daripada hanya sekadar belajar teori di bangku kuliah. Selama OJT, mahasiswa kami antara lain ditempatkan di Front Office (FO), Food & Beverage Service (FBS), Food & Beverage (F&B) Product, Banquet, Purchasing dan lain-lain,” terang Paulus kepada kru www.culinarynews.info.

Kabag Kemahasiswaan Akpar Majapahit Hardhita Kusdharyanto M.Par menambahkan, percepatan pelaksanaan OJT bagi mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Semester III ini juga bertujuan untuk mengenalkan keberadaan Kampus Akpar Majapahit kepada pelaku industri perhotelan di Jatim, Bali maupun destinasi-destinasi wisata lain di seluruh Indonesia.

”Dengan terobosan ini, kami ingin mahasiswa Akpar Majapahit bisa diterima pelaku industri perhotelan yang tersebar di Tanah Air guna mengikuti program OJT di hotel-hotel tersebut. Jika kinerja anak didik kami dinilai baik oleh pihak hotel, silakan direkrut sebagai karyawan baru,” kata Didiet, sapaan akrab Hardhita Kusdharyanto.
 
Contoh riil dari suksesnya kerja sama antara Akpar Majapahit dengan pihak hotel adalah direkrutnya R. Nadhif Febrian Yudhistira sebagai daily worker di Bagian Purchasing (di bawah Accounting Department) Premier Place Hotels Juanda setelah mengikuti program magang kerja selama enam bulan di hotel tersebut.

Selain Nadhif, ada satu lagi rekan satu kelasnya, Angela Merici Intan yang mengikuti program magang kerja di Best Western Papilio Hotel Surabaya, juga telah direkrut jadi daily worker di hotel bintang empat yang beroperasi di Jl. A. Yani Surabaya itu sejak Oktober 2017 lalu.

Sementara itu, Asst. HR Manager Premier Place Hotels Juanda Anita Hariyani memuji kesungguhan R. Nadhif Febrian Yudhistira saat magang kerja di Bagian Purchasing, sehingga pihak manajemen memutuskan untuk merekrut anak didik Paulus W. Soetrisno sebagai daily worker di hotel bintang tiga ini.

”Dari kisah sukses Nadhif dan beberapa teman yang lain seperti Klara Regita Kinanti, Clorina Olda Della, Muhammad Sulthon, kemudian disusul Elmy Herdian Sari dan Eva Titania yang saat ini masih magang di Premier Place Hotels, saya harapkan bisa menginspirasi mahasiswa D3 Perhotelan Kelas Malam yang semalam belajar seputar sisik melik Front Office (FO) di sini untuk mempersiapkan diri bagaimana hebohnya kerja di hotel,” kata Anita, sapaan akrab Asst. HR Manager Premier Place Hotels.

UNTUK informasi lebih lanjut tentang Bursa Kerja Khusus Akpar Majapahit silakan hubungi Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 843 3224-5, 0812 3375 2227. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar