twitter

Pages

Senin, 18 Desember 2017

Mahasiswa Culinary Triwulan III Kelas Siang Praktik Buat Dim Sum Bersama Chef Yanuar



Praktik Masak Dim Sum Bersama Chef Yanuar Kadaryanto

Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Triwulan III Kelas Siang Praktik Masak Dim Sum di Lab Praktik Tekpan J-5

PADA  hari Jumat (08/12/2017) siang, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Triwulan III Kelas Siang, diajarkan masak membuat Dim Sum (Chinese Food) --termasuk dalam kelompok Asian Cuisine-- di Laboratorium Praktik Teknologi Pangan (Tekpan) Jl. Prapen Indah J-5 Surabaya, bersama chef Yanuar Kadaryanto SSt.Par., MM.


Dalam praktik masak di Laboratorium Praktik Tekpan tersebut, melibatkan tujuh (dari 20) orang mahasiswa Culinary Triwulan III Kelas Tujuh mahasiswa itu adalah Immaculata Michaela Utomo, Heryola Sarah Salsabila, Ronald Tenrijaya, Yuliani, Nur Kumala Sari, Yefta Ardinevada Sumali dan Nisrina Xaviera Dewi.

Meski jumlah mahasiswa yang hadir hadir 1/3-nya, namun mereka tetap antusias mengikuti praktik masak Dim Sum yang diasuh chef Yanuar dan berupaya keras untuk tetap tampil all out sejak persiapan bahan masakan, proses memasak hingga mem-plating-nya, demi menghasilkan kreasi masakan yang terbaik.

Dalam praktik masak Dim Sum tersebut, mahasiswa diajarkan membuat tiga resep masakan yakni Chicken Feet, Spring Roll dan Hakau, seperti yang tersaji dalam Buku Ajar (Silabus) Kumpulan Resep Kuliner yang sudah dibagikan kepada mahasiswa.

Sementara itu, pada pertemuan hari Senin (04/12/2017) siang, mahasiswa diajarkan membuat tiga resep makanan dari Vietnam, yakni Spicy Rice Noodle, Vietnamese Rolls dan Lemon Chicken.

Selanjutnya pada tatap muka hari Selasa (05/12/2017) siang, giliran mahasiswa Culinary Class itu praktik masak membuat tiga resep makanan dari Singapura yakni Stir-Fry Rice Noodle, Singaporean Chili Crabs dan Laksa.

Sedangkan pada pertemuan hari Rabu (06/12/2017) siang, chef Yanuar mengajarkan teknik masak tiga resep makanan dari Filipina, yakni Vegetarian Fried Rice, Adobo dan Fresh Lumpia.

Pada tatap muka hari Kamis (07/12/2017) siang, chef Yanuar kembali berbagi ilmu dengan mahasiswa Culinary Class cara membuat tiga resep makanan dari negeri Jiran (Malaysia), yang meliputi Pillaf Rice, Chinese Green Beans with Peanut dan Hot & Sour Fish di Laboratorium Praktik Tekpan.

Praktik masak Dim Sum (Chinese Food) yang dilakukan mahasiswa Culinary Triwulan III Kelas Siang itu selain memperhatikan aspek higienis dan sanitasi sesuai Standard Operation Procedure (SOP), juga memenuhi tiga aspek penilaian yakni tampilan, tekstur dan citarasa, seperti yang diaplikasikan di industri perhotelan.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar