twitter

Pages

Senin, 11 Desember 2017

Mahasiswa Advanced Pastry Class Praktik Buat Aneka Olahan Food Technology



Belajar Food Technology Bersama Chef Rachma Nur Devianti
A
12 Mahasiswa Advanced Pastry Class Akademi Pariwisata Majapahit Praktik Buat Aneka Kreasi Food Technology


MEMASUKI  pekan pertama Desember 2017, tepatnya mulai Senin (04/12/2017) hingga Kamis (07/12//2017) pagi, 12 mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit Triwulan III praktik membuat sembilan macam kreasi makanan dengan sentuhan Food Technology bersama chef Rachma Nur Devianti STP., di Dapur Pastry 2, Lantai 2, Gedung Graha Tristar, Jl  Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

12 mahasiswa Advanced Pastry Class tersebut dibagi dalam tiga kelompok kerja. Kelompok 1 anggotanya adalah Liina Afifah, Eunike Adriana Prasetyo, Tri Mawarni dan Karina Puspa Damayanti, Kelompok 2 terdiri dari Herdiana Wijaya,  Sherry G.S., Christina F dan Melissa dan Kelompok 3 personelnya terdiri dari Yeda Yetta, Justine, Christine A dan Delvina.

Pada tatap muka hari pertama, Senin (04/12/2017) pagi, mahasiswa Advanced Pastry Class diajarkan oleh chef Rachma dan asistennya, Jiurike, cara membuat Yoghurt Drink dengan tiga rasa yakni Original, Blueberry dan Strawberry.

Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Selasa (05/12//2017) pagi, chef Rachma dan asistennya, berbagi ilmu seputar teknik membuat Patty Beef Burger, Thousand Island Sauce dan Teriyaki Sauce.

Tatap muka selanjutnya dihelat pada Rabu (06/12/2017) pagi. Pada pertemuan hari ketiga, mahasiswa Advanced Pastry Class praktik membuat Barbeque Sauce, Jamur Tiram Crispy dan Kekian.

Sementara itu pada pertemuan Kamis (07/12/2017) pagi, mahasiswa Advanced Pastry Class kembali diajarkan oleh chef Rachma dan asistennya membuat menu Dim Sum yakni Ekado (isi telur puyuh dan udang) dan Hakau. 

”Pembekalan materi Food Fechnology seperti teknik membuat Yoghurt Drink, Patty Beef Burger, Jamur Tiram Crispy, Kekian kepada mahasiswa Advanced Pastry Class ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa agar senantiasa mengikuti trend kekinian,” tandas chef Rachma, sapaan akrab Rachma Nur Devianti STP kepada kru www.culinarynews.info, pekan lalu.

Selanjutnya pada tatap muka hari terakhir, Jumat (08/12/2017) pagi, 12 mahasiswa Advanced Pastry Class yang dibagi dalam enam kelompok --masing-masing beranggotakan dua orang-- diuji membuat kreasi olahan makanan dengan sentuhan Food Technology.

Dalam ujian praktik masak membuat kreasi makanan tersebut, pihaknya juga membatasi waktunya hanya 1,5 jam. Dengan demikian setiap kelompok harus benar-benar all out sejak mempersiapkan bahan-bahan masakan, memproses kreasi olahan makanannya hingga mem-plating hasil masakan itu sebelum ditunjukkan kepada dosen penguji.

Usai menampilkan hasil kreasi makanannya di hadapan dosen penguji, setiap kelompok juga diminta untuk mempresentasikan kreasi makanannya mulai bahan apa saja yang dibutuhkan, cara membuat olahan masakan itu ingga cara mem-plating-nya.

Penilaiannya sendiri meliputi tiga aspek yakni creativity & plating, texture dan taste. Penilaian ini biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Oleh karena itu, mahasiswa Advanced Pastry Class juga dibiasakan dengan kriteria penilaian yang mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) di industri.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar