twitter

Pages

Jumat, 29 Desember 2017

Belajar Bartending Bersama Nur Halim dari Sky Bar MaxOne Hotels Tidar



Belajar Bartending Bersama Nur Halim dari Sky Bar MaxOne Hotels Tidar

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Malam II Belajar Bartending di Loveshock Sky Bar MaxOne Hotels

PADA hari Selasa (19/12/2017) malam, giliran 18 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Malam II, belajar sisik melik tentang teknik meracik minuman (bartending) di Loveshock Sky Bar MaxOne Hotels Tidar Surabaya. Rombongan mahasiswa itu di dampingi Kabag Kemahasiswaan Hardhita Kusdharyanto M.Par., Yoseph Agung Priyo Widodo, Dosen Bar I dan Dosen Food & Beverage Service (FBS) Akpar Majapahit Peter ST.

Rombongan mahasiswa Akpar Majapahit dan dosen pembimbing itu berangkat dari Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya menuju MaxOne Hotels sekitar pukul 15.30. Setelah satu jam perjalanan, dua unit kendaraan operasional berjenis Minibus (Isuzu Elf) dan Multi Purpose Vehicle (MPV) yang ditumpangi mahasiswa dan dosen merapat di area parkir hotel bintang tiga milik Mailstone Pacific Hotel Group (MPHG) tersebut.

Kedatangan rombongan mahasiswa dan dosen pembimbing disambut Sales Manager MaxOne Hotels Andra dan Kasiadik, Asst. Food & Beverage Manager (FBM) MaxOne Hotels Jl. Tidar No. 3 Surabaya di lobi hotel. 

Setelah berbincang sejenak dengan Hardhita Kusdharyanto, Yoseph Agung Priyo Widodo dan Peter, rombongan tamu istimewa MaxOne Hotels itu diajak naik lift menuju ke Lantai 7. 

Di sanalah Loveshock Sky Bar sehari-hari melayani tamu dan pelanggan setianya. Pada hari kerja, Loveshock Sky Bar MaxOne Hotels buka pelayanan mulai pukul 17.00 hingga pukul 01.00 (dini hari), sedangkan pada akhir pekan (long week end), Loveshock Sky Bar melayani tamu mulai pukul 17.00 sampai pukul 02.00 (dini hari).

Sebelum rombongan mahasiswa Akpar Majapahit sampai di Lantai 7 MaxOne Hotels, mereka lebih dulu diajak tour hotel antara lain melihat dari dekat sejumlah fasilitas hotel berikut aktivitasnya seperti Front Office (Lantai 1), Kitchen (Lantai 2), Resto Open Oven Bistro di Lantai 2 dan Room Hotel oleh Front Office Supervisor MaxOne Hotels Ragil. 

Antusiasme mahasiswa tampak saat mereka berdialog langsung dengan Chef De Pantry (CDP) MaxOne Hotels, chef Wahyu di dapur hotel berbintang tersebut. Begitu juga saat mahasiswa diajak ke Resto Open Oven Bistro (OOB) di Lantai 2, mahasiswa mendapat penjelasan langsung dari Asst. Food & Beverage Manager (FBM) MaxOne Hotels Kasiadik yang akrab disapa Adi. Acara tour hotel itu sendiri berlangsung sekitar 30 menitan.

Setelah puas mengikuti agenda tour hotel, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit diajak ke Lantai 7 MaxOne Hotels. Di sana sudah menunggu Nur Halim, Supervisor Loveshock Sky Bar. 

Sebelum diajarkan seputar sisik melik teknik meracik minuman (bartending) oleh Nur Halim, rombongan mahasiswa itu diberi pengarahan singkat oleh Kasiadik seputar keberadaan Loveshock Sky Bar yang baru beroperasi setahun ini. 

”Pasalnya, grand opening Loveshock Sky Bar ini dilakukan pada tanggal 6 November 2016 lalu berbarengan dengan peresmian MaxOne Hotels oleh Wagub Jatim Drs H Saifullah Yusuf,” kata Adi, sapaan akrab Kasiadik, Asst. FBM MaxOne Hotels Tidar kepada kru www.culinarynews.info, Selasa (19/12/2017) malam.

Selanjutnya giliran Supervisor Loveshock Sky Bar MaxOne Hotels, Nur Halim yang dipercaya pihak manajemen hortel untuk berbagi ilmu seputar sisik melik bartending dengan 18 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Malam II.

Halim, sapaan karibnya, pertama-tama mengenalkan seputar profil singkat dirinya yang mantap berprofesi sebagai bartender di hotel berbintang dan bagaimana mengawali perjalanan kariernya dari seorang waiters (penyaji minuman di bar) sekitar enam tahun silam, hingga merangkak naik kelas menjadi seorang peracik minuman yang andal (bartender).

”Salah satu kunci suksesnya adalah kemauan untuk belajar terus menerus karena saya setiap hari menekuni pekerjaan tersebut, maka saya pun semakin piawai dalam meracik berbagai jenis minuman di bar,” terang Nur Halim di hadapan mahasiswa. 

Sebelum diajarkan praktik meracik minuman di Loveshock Sky Bar, Nur Halim antara lain memperkenalkan jenis minuman non alkohol (mocktail seperti aneka juice) dan minuman beralkohol (cocktail). Khusus untuk minuman beralkohol termasuk jenis-jenis spirit,  Nur Halim pun menunjukkan beberapa botol minuman jenis spirit yang telah tersedia di bar tersebut seperti gin, vodka, whisky.

Untuk kelompok minuman beralkohol misalnya rum, vodka, gin, tequila, triple sec, bourbon, whisky, scoth, dry vermouth, sweet vermouth, lime juice dan grenadine. Sedangkan jenis-jenis spirit (termasuk juga minuman beralkohol) adalah whisky, vodka, cognac (brandy), gin, rum, tequila, absinthe, akvarct, liqueur dan bitter.

Selain itu, mahasiswa juga ditunjukkan aneka juice antara lain orange juice, pineapple juice, cranberry juice, sweet & sour dan grape fruit juice. Juga beberapa jenis wine (anggur). Di bar tersebut juga tersedia air mineral dan ice cube.

Halim juga menunjukkan peralatan yang wajib tersedia di bar mulai aneka jenis gelas (glassware), meja, ice maker, tools bar seperti shacker, blender, bottle opener, wine opener, stainer, bar spoon. Selain itu ada rak gelas, stow, deterjen, korek api, alat tulis kantor (stationaries) seperti captain order, kertas, drink list, ball point.

Dalam kesempatan itu, Nur Halim juga mengambil contoh minuman beralkohol yang dituang dalam gelas piala untuk dicium aromanya oleh mahasiswa. Dari aroma alkoholnya diharapkan mahasiswa tahu jenis-jenis (nama) minuman termasuk merek dagangnya. Sehingga saat meracik minuman yang dipesan kastemer, mereka tidak keliru saat menyajikan minuman itu kepada tamu atau pengunjung bar.

Dalam demo meracik minuman tersebut, Nur Halim kali pertama membuat minuman beralkohol (cocktail) berjudul freezing morgan (campuran captain morgan dan cransberry juice). Demo selanjutnya adalah meracik tiga minuman beralkohol yang lain yakni poisson blue (dry gins, vodka dan lychee liquer + pepsi cola), capirosca (kombinasi vodka dan lime wedges) dan terakhir demo meracik green army (buah kiwi + 5-6 lembar daun mint, lime wedgeds dan soda).

”Empat minuman beralkohol yang kami racik di hadapan mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit itu disuka kaum wanita saat merek berkunjung di Loveshock Sky Bar. Cocktail itu karena kadar alkoholnya tidak terlalu kuat,” terang bartender MaxOne Hotels tersebut.

Seusai mendemonstrasikan keahliannya meracik empat resep minuman beralkohol (cocktail) dan berbagi ilmu seputar sisik melik dunia bartending sekitar dua jam, Halim mempersilakan mahasiswa untuk mencicipi sajian menu makan malam (dinner) di Sky Box –ruang makan VIP bagi tamu Loveshock Sky Bar—sambil menikmati indahnya pemandangan kota Surabaya di malam hari dari Lantai 7 MaxOne Hotels.

Hidangan makan malam di VIP Room Loveshock Sky Bar hasil olahan chef Wahyu dan timnya itu meliputi kue kroket bulat (appetizer) chicken soup (soup), nasi putih, nasi goreng ikan asin, mie goreng, ayam mongolia, buncis masak daging, dori sauce mayonnaise dan krupuk (main course), sedangkan dessert-nya adalah chocolate pudding, soft drink, es cao + belewah dan air putih.

Sementara itu, Kabad Kemahasiswaan Akpar Majapahit Hardhita Kusdharyanto M.Par mengatakan, secara umum kegiatan tersebut bertujuan mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja

Oleh karena itu, dalam demo meracik minuman di Loveshock Sky Bar MaxOne Hotels tersebut, semuanya mengacu pada standard operational procedure (SOP) di industri perhotelan. Dengan demikian, pembelajaran langsung di sini besar manfaatnya bagi mahasiswa Akpar Majapahit yang ingin berkarier di bar sebuah hotel berbintang,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar