twitter

Pages

Rabu, 22 November 2017

Chef Yanuar Ajarkan Mahasiswa Culinary Class Teknik Masak Vietnamese Food di Dapur Culinary 3



Belajar Masak Makanan Vietnam dengan Chef Yanuar Kadaryanto

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Triwulan II Kelas Pagi Praktik Masak Buat Spring Rice Noodle, Vietnamese Roll dan Lemon Chicken

PEMBELAJARAN kuliner pada hari keempat, tepatnya Rabu (22/11/2017) pagi, 14 mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Triwulan II Kelas Pagi yang diasuh chef Yanuar Kadaryanto SSt.Par., MM, praktik masak membuat tiga resep makanan Vietnam (Vietnamese Food), yakni spring rice noodle, vietnamese roll dan lemon chicken di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Praktik masak Vietnam Food tersebut merupakan bagian dari pembelajaran kepada mahasiswa teknik membuat masakan Asia (Asian Cuisine). Mereka praktik masak makanan Vietnam terhitung pada Jumat (17/11/2017)  hingga Jumat (30/11/2017) mendatang.  

14 mahasiswa itu dibagi dalam empat kelompok, masing-masing beranggotakan 3-4 orang per kelompoknya. Kelompok 1 anggotanya Tassya Tessalonika Amelia, Griselda Jane Limeisa, Yonatan Willyanto dan Leonardo Aldy Mahat. Sedangkan anggota Kelompok 2 terdiri dari Alfonso Senomurti Atmoko, Ronaldo Dimas Julianto, Noor Airnun dan Yonas Otniel Prakoso.

Sementara itu, personel Kelompok 3 meliputi Timothy Jesse Setiawan, M. Rizqy Tahrizi dan Qalam Luthfi Qois, sedangkan Kelompok 4 anggotanya adalah Nicholas Anderson, Andi Firmansyah dan Nathannael Tanu Wijaya.

Masing-masing kelompok berupaya tampil all out sejak dari prepare bahan masakan di Store (Toko 9), memasak sesuai arahan dosen pembimbing hingga menyajikan masakan yang sudah di-plating di hadapan dosen pembimbing,.untuk dinilai hasil kreasi masakannya.

Penilaian tersebut meliputi tiga aspek yakni cita rasa, tampilan dan kreativitas, sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Selain itu, mahasiswa Culinary Class juga dibekali pentingnya aspek higienis dan sanitasi. Makanan yang higienis dihasilkan dari lingkungan dapur yang bersih.

Ditemui kru www.culinarynews.info usai berbagi ilmu dengan mahasiswanya, kemarin, chef Yanuar, sapaan Yanuar Kadaryanto, mengatakan, tujuan pembelajaran Asian Cuisine kali ini menekankan pada cara memasak yang baik dan benar sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri pariwisata dan perhotelan.

”Pengenalan bahan dan peralatan sudah harus dikuasai mahasiswa, sebelum mereka praktik masak di dapur. 14 mahasiswa Culinary Class itu dibagi empat kelompok kecil, masing-masing beranggotakan 3-4 orang,” katanya.

Sebelumnya, pada pertemuan hari pertama, Jumat (17/11/2017) pagi, mahasiswa praktik membuat tiga resep masakan Thailand (Thailand Food), yakni noodle with beef & seafood, tom yam (fish stock) dan chicken in pandan leaf.

Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Senin (20/11/2017) pagi, mahasiswa diajarkan membuat tiga resep masakan Jepang (Japanese Food), yakni sushi, miso soup dan tempura.

Sementara itu pada pertemuan hari ketiga, Selasa (21/11/2017) pagi, chef Yanuar berbagi ilmu dengan mahasiswa membuat tiga resep masakan Korea (Korean Food), yakni korean vermicelli, bulgogi (beef), mixed vegetables & chicken lettuce.

Selanjutnya pada tatap muka hari keempat, Rabu (22/11/2017) pagi, mahasiswa kembali diajarkan membuat tiga resep masakan Vietnam (Vietnamese Food), yakni  spring rice noodle, vietnamese roll dan lemon chicken.

Sedangkan pertemuan hari ini, Kamis (23/11/2017) pagi, mahasiswa Culinary Class praktik membuat tiga resep masakan Singapura (Singapore Food), yang terdiri dari stir-fry rice noodle, singaporean chili crab dan laksa di Dapur Culinary 3.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar