twitter

Pages

Jumat, 20 Oktober 2017

Sheila Donita dan Tasya Novita Iskandar Dilibatkan menjadi Tour Leader Factory Visit 2017



Sheila Donita dan Tasya Novita, Mahasiswi D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Semester III 

Demi Sukseskan Acara Factory Visit Pasuruan dan Malang yang Diikuti 72 Orang, Tampil All Out Jadi Tour Leader
SHEILA Donita dan Tasya Novita Iskandar, dua mahasiswi D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit, tampil all out sebagai tour leader-nya demi menyukseskan acara Factory Visit ke Pabrik Sari Roti di Kawasan Industri Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER) Pasuruan  dan UKM Keripik Buah ”So Kressh” Malang, yang dihelat pada Selasa (17/10/2017) lalu.

Demi kelancaran acara Factory Visit 2017, mahasiswi berparas canrtik yang kini masih duduk di Semester III itu bahu membahu dengan para pihak seperti awak angkutan (empat sopir minibus) yang ditumpangi rombongan ke Pasuruan dan Malang.

Sebagai tour leader, keduanya juga bekerja sama dengan dua tour leader lain, yang diperankan oleh Renny Savitri M.Par (Dosen Pastry Akpar Majapahit) dan Imania Ayu Wulandari (Dosen Studi Observasi Wisata Akpar Majapahit), guna memastikan bahwa 72 mahasiswa yang menjadi peserta acara Factory Visit 2017, sudah berada di kendaraan yang disediakan pihak Panitia.

Untuk memastikan peserta hadir semua, Sheila dan Tasya pun berbagi tugas untuk mendata kehadiran peserta di masing-masing minibus dan membagikan goodybag kepada peserta Factory Visit 2017, sebelum kendaraan rombongan bertolak ke Pabrik Sari Roti di Beji, Kabupaten Pasuruan.

Dalam kesempatan itu, tour leader juga menginformasikan Tour Ittenerary Factory Visit kepada peserta, berupa rincian waktu dan urut-urutan acaranya. (1). Pukul 06.00-07.00 Meeting Point di Kampus Akpar Majapahit. (2). Pukul 07.00-09.00 Perjalanan menuju Pabrik Sari Roti di Pasuruan.

(3). Pukul 09.00-11.00 Kegiatan di Pabrik Sari Roti. (4). Pukul 11.00-11.30 Perjalanan menuju Rumah Makan Karang Jati Sukorejo. (5). Pukul 11.30-12.30 Makan siang di Rumah Makan Karang Jati dan ISHOMA.

(6). Pukul 13.30-15.00 Perjalanan menuju UKM Keripik Buah ”So Kressh” di Malang. (7). Pukul 15.00-17.00 Kegiatan di UKM Keripik Buah So Kressh. (8). Pukul 17.00-selesai Perjalanan menuju Surabaya dan tour berakhir.

Mengacu pada Tour Ittenerary Factory Visit, rombongan mahasiswa dari Akpar Majapahit dan Tristar Institute Kaliwaron memasuki area parkir Pabrik Sari Roti sekitar pukul 09.00, namun baru diterima pihak Sari Roti (PT Nippon Indosari Corpindo Tbk) pukul 09.30-an. Informasi itu diterima dari petugas security yang pertama kali menerima kedatangan rombongan Factory Visit 2017.

Sambil menunggu sekitar 30 menitan, dimanfaatkan oleh Panitia untuk photo session sesuai kelompoknya masing-masing, yakni mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit, mahasiswa Foodpreneur Akpar Majapahit dan mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron dan panitia plus dosen pembimbing.

Usai mengikuti rangkaian acara di Pabrik Sari Roti, tour leader kembali memastikan bahwa peserta tur sudah masuk minibus sesuai nomor urut kendaraannya. Peserta pun didata kembali oleh tour leader, sebelum rombongan melanjutkan perjalanan menuju Rumah Makan Karang Jati Sukorejo.

Sesampai di rumah makan tersebut, tour leader pun memastikan bahwa hidangan makan siang secara prasmanan (buffet) dengan menu Indonesian Authentic Food, sudah tersaji di meja makan. Menu makan siang itu meliputi nasi putih, sayur asem, ayam goreng, tahu bacem, botok tahu tempe, pepes tongkol, rempeyek, lalapan, sambal terasi, es Manado dan air minum dalam kemasan (AMDK).

Usai makan siang bersama, pihak tour leader kembali mendata peserta Factory Visit 2017 telah lengkap, sebelum rombongan melanjutkan perjalanan menuju Malang, tepatnya UKM Keripik Buah ”So Kressh” di Jl. Polowijen II/359 Malang. 

Sesampai di Malang, rombongan disambut Ir Kristiawan, Direktur CV Kajeye Food yang merupakan pemilik UKM Keripik Buah ”So Kressh”.  Sesuai Tour Ittererary Factory Visit, mahasiswa yang menjadi peserta acara tersebut mendapat penjelasan dari Kristiawan seputar sejarah singkat CV Kajeye Food yang sejak berdirinya hingga sekarang ini tetap eksis bahkan pemasarannya merambah ekspor.

Dalam kesempatan itu, peserta juga dipersilakan untuk melihat langsung proses produksi keripik buah ”So Kressh” dan permen ”Kenyil” yang merupakan produk andalan dari usaha skala rumahan (home industry) tersebut. CV Kajeye Food kebanyakan melibatkan ibu-ibu dari tetangga kanan kiri. sebagai pekerjanya. Keberadaan UKM ini mampu membuka lapangan kerja di lingkungannya.

Setelah puas menikmati acara terakhir di UKM Keripik Buah “”So Kressh” Malang dari seluruh rangkaian kegiatan Factory Visit 2017, peserta pun disilakan untuk photo session dengan pemilik UKM Keripik Buah ”So Kressh”,  sebelum rombongan kembali ke Surabaya. 

Rombongan sempat mampir di pusat oleh-oleh Bakpo Telo di Lawang selama satu jam. Dari Bakpo Telo rombongan melanjutkan perjalanan pulang selepas Maghrib (pukul 18.00-an) dan dua jam kemudian (sekitar pukul 20.00) rombongan tiba di Surabaya dengan selamat. God bye and see you tomorrow…!

Kepada kru www.culinarynews.info, Sheila dan Tasya mengaku bersyukur jika dirinya dilibatkan sekaligus diberi kepercayaan oleh pihak Akademik menjadi tour leader acara Factory Visit 2017 yang dihelat pada Selasa (17/0/2017) lalu.

”Kepercayaan ini menjadi cambuk bagi kami untuk tampil all out karena kami pun ingin acara tersebut berjalan sukses dengan bekerja sebaik mungkin. Sesuai mata kuliah tour programming, technics guiding dan observation study yang telah diajarkan di kelas,” kata Tasya Novita di dampingi rekannya, Sheila Donita, disela-sela acara tersebut.

Selain itu, lanjut Shela, selama ditunjuk menjadi tour leader dirinya juga memperoleh pengetahuan baru seputar sisik melik indutri pengolahan makanan skala rumah tangga yang diwakili UKM Keripik Buah ”So Kressh” dan industri skala menengah besar yang memanfaatkan mesin-mesin canggih dan modern seperti di Pabrik Sari Roti 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031)8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar