twitter

Pages

Rabu, 18 Oktober 2017

Mahasiswa Tristar Group Sukseskan Acara Factory Visit 2017 di Pasuruan dan Malang



Mahasiswa Tristar Group Sukseskan Acara Factory Visit 2017

Mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit, Foodpreneur dan Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron Kunjungi Pabrik Sari Roti (Naskah ke-1, dari 2 Tulisan)

PADA pertengahan Oktober 2017 ini atau tepatnya hari Selasa (17/10/2017), sekitar 72-an mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit, Foodpreneur dan Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron Kelas Pagi, mengikuti acara Factory Visit di Pabrik Roti Beji dan UKM Keripik Buah ”So Kressh” Malang, untuk mengenal lebih dekat tentang sisik melik Foodpreneur.

Keberangkatan mereka ke Beji dan Malang di dampingi chef Otje Herman Wibowo, Renny Savitri, Laurentia Vivi dan Jiurike (Dosen Pastry Akpar Majapahit), sedangkan Dosen Foodpreneur diwakili Ernawati, Endang Sri Rahajoe. Sementara itu Dosen Pastry Tristar Institute Kaliwaron yang bergabung dalam rombongan Factory Visit adalah Anastasia Kristien dan Kristian Faskahariyanto.

Namun ada yang beda dari acara Factory Visit sebelumnya, karena dalam kegiatan kali ini pihak Akademik juga melibatkan dua mahasiswa dari Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit yakni Tasya Novita Iskandar dan Sheila Donita yang ditunjuk sebagai tour leader-nya

”Kami melibatkan mahasiswa Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit sebagai tour leader, karena kami ingin mereka juga mengenal lebih dekat dengan industri,” kata Renny Savitri M.Par., kepada kru www.culinarynews.info, di  sela-sela acara Factory Visit bersama anak didiknya.

Maksud dan tujuan program Factory Visit bagi mahasiswa Foodpreneur dan Pastry Class ini untuk melihat dari dekat industri pengolahan hasil pertanian (PHP) dari skala rumah tangga (home industry) hingga skala pabrikan besar dan canggih dengan memanfaatkan mesin-mesn modern.

Kunjungan mahasiswa Akpar Majapahit dan Tristar Institute Kaliwaron ke Pabrik Sari Roti di Beji, Kabupaten Pasuruan, mewakili pabrik besar dan canggih, sedangkan kunjungan ke UKM Keripik ”So Kressh” di Malang, mewakili usaha skala rumahan (home industry).

Rombongan berangkat dari Kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa pagi sekitar pukul 07.30 dengan menumpang empat unit minibus masing-masing berkapasitas 17-20 tempat duduk. Sementara itu, satu unit mobil yang dikendarai chef Otje Herman Wibowo bersama tiga awak media menjadi pengawal rombongan.

Sekitar pukul 09.00 rombongan sudah merapat di halaman parkir Pabrik Sari Roti PT Nippon Indosari Corpindo Tbk., Kawasan Industri Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER). Setengah jam kemudian rombongan mahasiswa Akpar Majapahit dan Tristar Institute Kaliwaron (Tristar Group) dipersilakan masuk ruang pertemuan.

Rombongan disambut oleh Goesta Dienanto (Marketing) dan Puji Astutik (Quality Management) PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. Dalam kesempatan itu, Goesta berkenan menjelaskan seputar Profil Company dan Marketing Strategic Sari Roti hingga menjadi market leader, setelah beroperasi sejak 1995 (20 tahun lebih) dan kini memiliki 10 pabrik yang tersebar di Sumatera, Jawa dan Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Puji Astutik dari Quality Management mendapat porsi untuk menjelaskan singkat tentang aspek produksi mulai pemilihan bahan baku hingga teknik pengemasannya. Ia juga menyinggungi tentang Halal, Hygiene & Healthy (3H), Good Manufacture Practice (GMP), Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), ISO 22000:2005, ISO 9001:2008, ISO 22002-1:2009, Sanitation Standard Operation Procedure (SSOP) hingga Sertifikasi Halal dari LPPOM-MUI.

Selain itu, Puji Astutik juga menerangkan upaya pihak PT Nippon Indosari Corpindo Tbk gencar mengedukasi masyarakat lewat acara pameran (Jatim Fair) dan bekerja sama dengan lembaga pendidikan (SD, SMP, SMA) hingga perguruan tinggi demi merebut hati konsumen.

”Salah satu program unggulan kami adalah Factory Visit. Program ini merupakan sarana untuk menyakinkan konsumen dengan mengajaknya melihat dari dekat proses produksi Sari Roti yang dibuat sesuai ketentuan Good Manufacture Practice (GMP) dan dijamin kehalalannya,” tandas Puji Astutik di hadapan mahasiswa Tristar Group. 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Tim Marketing Terpadu Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar