twitter

Pages

Jumat, 13 Oktober 2017

Mahasiswa Pastry Class Triwulan III Praktik Buat Kreasi Cake Decoration



Belajar Pastry Bersama Chef Arwati di Lab. Praktik Pastry

Chef Arwati Ajarkan Mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit Triwulan III Teknik Dasar Pengolahan Kue

PADA tatap muka pekan kedua bulan Oktober 2017, tepatnya mulai Senin (09/10/2017) hingga Jumat (13/10/2017) siang, 14 mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit Triwulan III Kelas Pagi memperoleh pembelajaran intensif seputar Teknik Dasar Pengolahan Kue dari chef Arwati, Dosen Pastry Akpar Majapahit.

Untuk memudahkan pelaksanaan kerja di dapur, 14 mahasiswa yang mengikuti materi pembelajaran Teknik Dasar Pengolahan Kue tersebut dibagi tujuh kelompok, masing-masing beranggotakan dua orang.

Kelompok 1 Cherry Mas Aldev Avian dan Shela Prenatania, Kelompok 2 Muhammad Zaini dan Steven Leonardo Santoso, Kelompok 3 Harry Gilbert Harvery dan Raditya Rahman Fadillah E.P., dan Kelompok 4 Eric Tasyana Setiawan dan Excel Bayu Samudra,

Sedangkan Kelompok 5 Astrid Veronica dan Christi Malelak, Kelompok 6 Sophia Sela Maitreya, dan Kelompok 7 Rona Putri Addelya dan Galuh Rizky Pratama. Untuk pembelajarannya sendiri bertempat di Lab. Praktik Pastry Jl. Raya Jemursari No. 234 Surabaya.

Pada pertemuan hari pertama, Senin (09/10/2017) pagi, chef Arwati lebih dulu menjelaskan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat aneka kreasi cake decoration berikut teknik membuatnya.

Sesuai Buju Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan kepada mahasiswa Pastry Class Triwulan III, pada pembelajaran hari pertama, mereka praktik membuat empat resep cake yakni Chocolate Butter Cake, Rum Chocolate Cake, Pandan Vla Roll Cake dan English Cake.

Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Selasa (10/10/2017), mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit Triwulan III Kelas Pagi, kembali diajarkan oleh chef Arwati teknik membuat empat kreasi cake yakni Pandan Chocolate Pound Cake, Vanilla Chocolate Butter Cake, Blueberry Cake dan Cappuccino Cream Cake.

Sementara itu pada pertemuan hari ketiga, Rabu (11/10/2017) pagi, giliran chef Arwati dibantu chef Ita demo membuat Cake Decoration with Butter Cream di hadapan anak didiknya di Dapur Pastry 1 Lantai 2 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Selama mendemonstrasikan kepiawaiannya membuat kreasi cake decoration tersebut,  seluruh mahasiswa Pastry Class dari Kelas P-1 (Triwulan I), P-3 (Triwulan II) dan J-234 (Triwulan III) sebanyak 53-an pun diwajibkan hadir pada acara tersebut, demi menambah ilmu dan meningkatkan ketrampilannya masing-masing.

Selanjutnya pada tatap muka hari keempat, Kamis (12/10/2017) pagi, chef Arwati kembali berbagi ilmu dengan mahasiswa Pastry Class Triwulan III untuk membuat empat resep cake seperti yang tersaji dalam Buku Ajar, yakni Cheese Bwownies, Fruit Chocolate Gateaux, Mandarin Cake dan Fudge Cake.

”Sementara itu pada pertemuan hari Jumat (13/10/2017) pagi, mahasiswa Pastry Class Triwulan III diajarkan membuat Green Tea Cake, Peach Gateau Genevieve, Pandan Chiffon dan Moscovis,” terang chef Arwati ikepada kru www.culinarynews.info di sela-sela kesibukannya praktik membuat aneka kreasi cake bersama anak didiknya, Kamis (12/10/2017) siang.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25,  sekarang juga. (ahn)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar