twitter

Pages

Kamis, 05 Oktober 2017

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Gelombang IV Diajarkan Bisnis Franchise



Praktik Bisnis Franchise Bersama Andrean L.B, dan Chef Endang S.R.

 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Gelombang IV Diajarkan Buat Bumbu Premix untuk Bisnis Franchise

SETELAH dibekali teori seputar sisik melik tentang foodprenenur termasuk di dalamnya pengetahuan bisnis franchise selama dua hari, tepatnya pada pertemuan hari pertama (Selasa, 03/10/2017) dan hari kedua (Rabu, 04/10/2017) bersama Drs Ec. Andrean L. Bandoro MM, MBA, MM.Par dan chef Endang Sri Rahajoe MM.Par., maka pada pertemuan hari ketiga, 14-an mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Gelombang IV (Kelas Siang) diajarkan membuat bumbu Premix.

Praktik membuat bumbu Premix  untuk bisnis franchise (waralaba) yang dihelat di Lab. Praktik Culinary Tristar Institute Jl. Raya Jemursari No. 234 Surabaya, Kamis (05/10/2017) pagi.dengan dipandu langsung oleh chef Endang Sri Rahajoe dan Andrean L. Bandoro. 

Untuk memudahkan pekerjaan di dapur, 14 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Gelombang IV dibagi dalam tiga kelompok. Masing-masing kelompok kerja beranggotakan 4-5 orang mahasiswa. 

Kelompok 1 anggotanya terdiri dari Felicia Agustin Susanto, Hendriana Wijaya, Kristian Dermawan H., Linda Gunawan dan Leonita Valencia, sedangkan Kelompok 2 personelnya Errina Tamara Dewi, Fransiska Elvira Barut, Liina Afifah, Justine Jaryqa Lioe dan Natasha Zena Alverina. Sementara itu anggota Kelompok 3 adalah Gundo Ari Bismoko, Muhammad Zaini, Patricia Okky Hariyanto dan Resyta Aulia Chyntia.

Masing-masing anggota kelompok bahu membahu membuat empat ragam bumbu Premix untuk memasak Mix Seafood yang layak di-franchise-kan sesuai arahan chef Endang, sapaan akrab Endang Sri Rahajoe dan Andrean L. Bandoro. 

Untuk memasak Mix Seafood bahan yang dibutuhkan antara lain bumbu Premix. Pada praktik membuat bumbu Premix, kemarin, mahasiswa dikenalkan empat jenis bumbu Premix yang punya karakteristik berbeda. Bumbu Premix yang dibuat mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Gelombang IV Kelas Siang adalah Curry Sauce (Saus Kare), Black Pepper Sauce (Saus Lada Hitam), Extra Ordinary (XO) Sauce dan Salted Egg Sauce (Saus Telur Asin).

”Mengingat bumbu premix dan resep masakan ini bisa di-franchise-kan, maka bahan-bahan untuk membuatnya harus tepat ukurannya karena ini terkait dengan costing. Untuk itulah demi memudahkan pekerjaan di dapur, timbangan digital juga harus tersedia,” jelas chef Endang kepada anak didiknya.

Sementara itu, pada tatap muka hari keempat, Senin (09/10/2017) pagi, mahasiswa kembali diajarkan membuat satu bumbu Premix lagi yang memang belum rampung dibuat mahasiswa pada praktik Kamis (05/10/2017), yakni Salted Egg Sauce (Saus Telur Asin). Sedangkan Curry Sauce, Black Pepper Sauce dan XO Sauce sudah selesai dibuat mahasiswa.

Pada hari itu juga, mahasiswa langsung diuji untuk membuat satu resep franchise yakni Mix Seafood di Lab Praktik Culinary Tristar Institute Jemursari. ”Resep masakan sari laut ini juga layak untuk diwaralabakan seperti halnya Fried Chicken dan Bakso Komplit,” tambah Andrean L. Bandoro saat mendampingi chef Endang di Lab. Praktik Culinary, kemarin.

Demi membuat kreasi makanan Mix Seafood yang ditugaskan dosen pembimbing, setiap kelompok diberi modal @ Rp 100 ribu. Uang belanja tersebut untuk membeli bumbu dan bahan baku masakan termasuk kerang, cumi-cumi, udang dan kepiting.

Kemudian hasil kreasi masakan Mix Seafood tersebut dipresentasikan di depan kelas pada Selasa (10/10/2017) pagi.  Sebelum presentasi, maka setiap kelompok diminta menyusun business plan-nya lebih dulu. Di dalam business plan itu antara lain menyebutkan nama produk, susunan organisasi, mencantumkan cost control (HPP), kemasan produk hingga cara memasarkannya. 

Untuk informasi lebih lanjut seputar perkuliahan bisnis franchise dan segala sisik meliknya, Anda bisa menghubungi Tim Marketing Tristar Institute cq Akademi Pariwisata Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar