twitter

Pages

Jumat, 13 Oktober 2017

Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Praktik Buat Aneka Saus



Belajar Food Technology Part I di Lab. Praktik Culinary

Chef Anas dan Chef Rachma Ajarkan Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Buat Aneka Saus

PADA tatap muka pekan kedua bulan Oktober 2017, tepatnya mulai Senin (09/10/2017) hingga Kamis (12/10/2017) siang, lima mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit memperoleh pembelajaran teknik membuat Aneka Saus dari chef Anastasia Kristien STP., dan chef Rachma Nur Devianti STP., keduanya adalah Dosen Food Technology Akpar Majapahit.

Lima mahasiswa Advanced Culinary Class tersebut adalah Steven Yumanto, Yosef Yakup Ester Wijaya, Ryan Rifanny Sukma, Rionaldy Rizal Widyantono dan Timotius Rinaldo Sanusi. Untuk pembelajarannya sendiri bertempat di Lab. Praktik Culinary 3 Lantai 2 Tristar Institute Jl. Raya Jemursari No. 234 Surabaya.

Sebelum mahasiswa praktik membuat Crispy Mushroom dan Crispy Chicken pada tatap muka hari pertama, Senin (09/10/2017) pagi, chef Anastasia lebih dulu menjelaskan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat kedua makanan tersebut berikut teknik membuatnya.

Dosen mata kuliah Food Technology Akpar Majapahit ini juga menyinggung tentang penggunaan bahan pengawet makanan (benzoate) dan essence (pewarna makanan) agar tampilan saus tomat lebih menarik.

Sedangkan materi pembelajaran teknik membuat saus tomat itu sendiri dijadwalkan pada hari keempat, Kamis (12/10/2017) pagi oleh chef Rachma, sapaan akrab Rachma Nur Devianti STP.

Selanjutnya pada pertemuan hari kedua, Selasa (10/10//2017), mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit, kembali diajarkan oleh chef Anastasia teknik membuat Patty Beef Burger Economic, Mayonaise dan Thousand Island.

Sementara itu pada tatap muka hari ketiga, Rabu (011/10/2017), giliran chef Rachma berbagi ilmu dengan mahasiswa Advanced Culinary Class, teknik membuat Barbeque Sauce dan Mushroom Sauce (tanpa pengawet) di Lab. Praktik Culinary Lantai 2. 

Sedangkan pada pertemuan hari keempat, Kamis (11/10/2017) pagi, chef Rachma kembali berbagi ilmu dengan mahasiswa Advanced Culinary Class seputar cara membuat Tomato Sauce (Original).

Selain itu, mahasiswa juga diajarkan membuat saus tomat versi ekonomis, yakni Economical Tomato Sauce. Bahannya antara lain 200 gram buah pepaya dan 175 gram ketela rambat warna putih sebagai pengganti buah tomat.

”Dalam tatap muka hari keempat ini, kami juga mendampingi mahasiswa praktik membuat Chili Sauce. Bahannya antara lain tomat, cabai merah besar dan cabai rawit. Tak salah jika Chili Sauce hasil kreasi mahasiswa ini rasanya pedas,” terang chef Rachma Nur Devianti STP., Kamis (12/10/2017) siang.

”Sementara itu pada pertemuan hari Jumat (11/08/2017) pagi, mahasiswa diuji untuk membuat kreasi makanan (food creation) dengan memadukan materi pembelajaran yang telah diajarkan di kelas,” tambah chef Anas sapaan akrab Dosen Food Technology Akpar Majapahit itu kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25,  sekarang juga. (ahn)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar