twitter

Pages

Kamis, 28 September 2017

Mahasiswa Pastry Class Triwulan III Ujian Praktik Buat Aneka Kreasi Croissant



Ujian Praktik Pastry di Dapur Pastry Tristar Institute Kaliwaron

Usung Tema Adonan Berlapis, Mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Triwulan III Buat Aneka Kreasi Croissant

UJIAN praktik pastry pada hari kedua, Selasa (26/09/2017) pagi, diikuti lima mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron Triwulan III. Ujian praktik praktik pastry kali ini mengusung tema Adonan Berlapis, Berdasarkan tema itu maka setiap peserta ujian diminta membuat aneka kreasi Croissant yang bercitarasa tinggi di Dapur Pastry Tristar Institute Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya.

Lima mahasiswa yang mengikuti ujian praktik membuat aneka produk pastry itu adalah Daisy May Zaguirre Misajon, Wenny Oktavia, Chrrysilla Natalia, Irma Safitri dan Kezia Devinna Kristianto. Setiap peserta ujian tampil secara individual, tidak lagi kelompokan seperti pada ujian praktik pastry mahasiswa Pastry Class Triwulan I dan II.

Dalam ujian kali ini, setiap mahasiswa Pastry Class Triwulan III Kelas Pagi, hanya membuat satu kreasi produk Croissant. Sekalipun hanya satu macam produk pastry, namun waktu ujian tetap dipatok tiga jam, mulai pukul 09.00-12.00.

Selain itu, bahan untuk membuat aneka produk pastry itu tidak disediakan oleh pihak Akademik, melainkan setiap mahasiswa diberi modal untuk belanja bahan membuat aneka produk pastry @ Rp 80 ribu, maka uang yang terkumpul dari lima peserta ujian sebesar Rp 400 ribu. Total uang tersebut dibelanjakan untuk membeli aneka bahan membuat kue dan roti.

”Untuk  berhemat, maka usai belanja bareng bahan-bahan itu di-share kepada setiap peserta ujian yang akan membuat kreasi Croissant di Dapur Pastry Tristar Institute Kaliwaron. Kalau kita nggak cerdas saat belanja, bisa tekor karena harga bahan membuat kue dan roti tidak murah,” ungkap Kezia Devinna Kristianto kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.

Peserta 1, Daisy membuat produk pastry andalannya yakni Ham & Cheese Croissant with Honey Mustard Glaze, sedangkan Peserta 2, Wenny berupaya tampil all out saat menyiapkan bahan untuk membuat  Green Tea Croissant.

Selanjutnya Peserta 3, Chrrysilla tidak mau kalah dengan temannya, karena ia berusaha keras membuat produk pastry kebanggaannya yakni Chocolate Almond Croissant.

Sementara itu, Peserta 4, Irma Safitri juga tampil all out membuat Croissant Rohde Beef Cheese with Mushroom Sauce dan Peserta terakhir, yakni Kezia menyiapkan produk pastry unggulannya yang diberi nama Strawberry Croissant di Dapur Pastry Tristar Institute Kaliwaron.

Kepada kru www.culinarynews.info chef Novi Kumalasari STP., Dosen Pastry Tristar Institute Kaliwaron mengatakan, ujian praktik membuat aneka produk pastry bagi mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron Triwulan III waktunya sama dengan mahasiswa Pastry Class Triwulan I dan II Kelas Pagi, yakni sekitar tiga jam, mulai pukul 09.00-12.00.

Sedangkan penilaian ujian praktik mahasiswa Pastry Class ini terdiri dari empat aspek yakni tampilan, kreativitas, tekstur dan citarasa. Kriteria penilaian ini mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang berlaku di industri perhotelan.

Ujian praktik ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pemahaman mahasiswa setelah tiga bulan belajar sekaligus praktik membuat aneka produk pastry di Dapur Pastry yang telah diajarkan dosen, terutama pada pelajaran teknik Adonan Berlapis untuk membuat Croissant.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Institute, silakan datang langsung ke Kampus Tristar Institute Jl Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, Telp. (031) 5999593, sekarang juga. (ahn)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar