twitter

Pages

Rabu, 27 September 2017

Mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron Triwulan I dan II Diuji Bikin Aneka Produk Pastry



Ujian Praktik Pastry di Dapur Pastry Tristar Institute Kaliwaron

Usung Tema Sweet Corner, Mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Triwulan I dan II Diuji Bikin Aneka Produk Pastry

PADA hari Senin (25/09/2017) pagi, 12 mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron Triwulan I dan II Kelas Pagi ujian praktik membuat aneka produk pastry –quick bread, pie tartlet dan petit four-- di Dapur Pastry Tristar Institute Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, karena ujian kali ini mengusung tema Sweet Corner.

12 mahasiswa yang mengikuti ujian praktik membuat aneka produk pastry itu dibagi empat kelompok, masing-masing beranggotakan tiga orang. Kelompok 1 anggotanya adalah Novita Maharani, Hartatik dan Grassiela Agustin Memak, sedangkan mahasiswa yang masuk Kelompok 2 meliputi Olivia Geovanni, Claudia Adeline Yonatan dan Devi Andriani Putri.

Sementara itu, anggota Kelompok 3 terdiri dari Andre Setiono, Hulinda Putra dan Dicky Ardian Wibowo, sedangkan personel Kelompok 4 terdiri atas Abigail Gabriela, Addinul Fiqri dan Sofia Rahma Pramudita.

Dalam ujian kali ini, setiap kelompok mahasiswa Pastry Class Triwulan I dan II Kelas Pagi, diwajibkan membuat enam macam produk pastry, dengan rincian quick bread dua macam produk, pie tartlet dua macam produk dan petit fout juga dua macam produk.

Bahan untuk membuat aneka produk pastry itu tidak disediakan oleh pihak Akademik, melainkan setiap mahasiswa diberi modal untuk belanja bahan membuat aneka produk pastry @ Rp 80 ribu, maka uang yang terkumpul untuk belanja bahan-bahan sebesar Rp 240 ribu per kelompok.

Kelompok 1 membuat enam macam produk pastry yakni jackfruit muffin, taro muffin, oreo cheese chocolate cake, durian cake, shrimp & corn pie dan tuna pie. Sedangkan Kelompok 2 menyiapkan bahan untuk membuat  green tea cupcake, smores cupcake, taro cake, pineapple cake, lemon & blueberry pop pie dan bolognese pie.

Selanjutnya anggota Kelompok 3 membuat choco pie, quiche lorraine with béchamel sauce (termasuk jenis pie), african gateux, strawberry short cake, banana muffin dan lemon cupcake. Sementara itu, anggota Kelompok 4 all out membuat orange cake, red velvet cake, chicken quiche pie, leaf & cheese macaroni pie, tiramisu cupcakes dan salted caramel cupcakes.

Kepada kru www.culinarynews.info chef Novi Kumalasari STP., anggota tim penguji sekaligus Dosen Pastry Tristar Institute Kaliwaron mengatakan, ujian praktik membuat aneka produk pastry bagi mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron Triwulan I dan II Kelas Pagi waktunya sekitar tiga jam, mulai pukul 09.00-12.00.

Sedangkan penilaian ujian praktik mahasiswa Pastry Class ini terdiri dari empat aspek yakni tampilan, kreativitas, tekstur dan citarasa. Kriteria penilaian ini mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang berlaku di industri perhotelan.

Ujian praktik ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pemahaman mahasiswa setelah tiga bulan belajar sekaligus praktik membuat aneka produk pastry di Dapur Pastry yang telah diajarkan dosen, terutama pada pelajaran membuat quick bread, pie tartlet dan petit four.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Institute, silakan datang langsung ke Kampus Tristar Institute Jl Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, Telp. (031) 5999593, sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar